Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Anda Pertama Kali Mulai Bekerja!

Maya Martha

Jan 16, 2019 • 4 min read

sukses kerja


Pasti menyenangkan rasanya bila Anda akhirnya diterima bekerja setelah lama melamar di tempat yang Anda inginkan.  Bekerja di tempat baru artinya Anda akan berhadapan dengan lingkungan, rutinitas, dan orang-orang baru yang belum mengenal Anda sebelumnya. Namun, apakah Anda tahu terdapat 7 hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan pada saat masuk kantor untuk pertama kalinya?

 1. Datang terlambat

bekerja

Memperhatikan jam masuk kantor (Sumber: privateschoolreview.com)

Keterlambatan di hari pertama dapat memberikan kesan bahwa Anda belum siap untuk bekerja. Sebaiknya Anda bangun dan berangkat lebih pagi agar Anda merasa lebih tenang karena Anda memiliki waktu lebih panjang untuk mempersiapkan diri.

Baca juga: Pentingnya Berpikir Kritis di Tempat Kerja dan 5 Manfaatnya

2. Tidak mandi pagi dan berpakaian tidak sopan

bekerja

Memilih pakaian yang profesional dan sopan (Sumber: niche.com)

Penilaian pertama kali dilihat dari penampilan. Untuk itu, memasuki kantor pada hari pertama sebaiknya Anda berpakaian yang sopan dan profesional bukan mengenakan pakaian selayaknya Anda ingin pergi ke pantai. Mengenakan kemeja, celana panjang bahan, dan sepatu tertutup terlihat cocok dan gagah. Jangan lupa untuk mandi pagi, Rekan Kerja!

3. Tidak menunjukan inisiatif Anda

bekerja

Jangan terlihat malas saat hari pertama masuk kantor (Sumber: yourstory.com)

Mendapatkan suatu pekerjaan yang belum Anda ketahui sebelumnya mungkin saja akan terjadi. Untuk itu, sebaiknya Anda mencari referensi dari internet atau bisa juga tanya ke teman yang Anda tahu ahli di bidang tersebut agar performa Anda terlihat tinggi. Sebaliknya, apabila karena Anda tidak menguasai tugas yang diberikan dan Anda hanya bengong tidak mengerjakan tugas tersebut maka kehadiran Anda terlihat tidak berguna.

4. Terlalu mengekspos cerita hidup Anda

bekerja

Terlalu banyak menceritakan hidup diri sendiri (Sumber: positiveprescription.com)

Berkenalan dengan kolega-kolega baru dapat memunculkan pertanyaan-pertanyaan seputar data diri atau pengalaman Anda. Terlalu mengekspos cerita hidup atau pengalaman kerja Anda sebelumnya dapat membuat Anda terkesan sombong. Hal ini dapat memunculkan rasa risih dan kolega Anda tidak ingin berteman dengan Anda, padahal mungkin Anda tidak bermaksud untuk sombong.

5. Menghabiskan waktu untuk mengurusi hal personal di kantor

bekerja

Terlalu sering mengangkat telepon pribadi (Sumber: bitescience.com)

Sebelum Anda masuk kantor di hari pertama, sebaiknya Anda memberitahu keluarga, pasangan, dan teman sekitar Anda. Hal ini dapat mengantisipasi adanya telepon personal yang berdering dari handphone Anda. Terlalu banyak menjawab telepon karena urusan personal sangatlah tidak baik karena perusahaan membayar Anda untuk bekerja bukan untuk bercengkrama dengan kerabat yang sebenarnya bisa ditunda.

Baca juga: 5 Tips Jaga Fokus Saat Bekerja

6. Berusaha merubah kebijakan kantor yang Anda tidak sukai

bekerja

Menyampaikan opini diri untuk merubah kebijakan (Sumber: youthmanual.com)

Memasuki sebuah lingkungan baru, Anda akan dihadapkan kepada hal-hal yang baru juga. Mungkin ada satu dua hal yang Anda rasa kurang tepat perihal kebijakan atau strategi di dalam perusahaan itu. Namun sebaiknya Anda memahami dan mempelajari terlebih dahulu mengenai pekerjaan atau kebijakan tersebut. Saran dan kritikan dapat Anda lontarkan dengan adanya proses atau strategi.

7. Berkata bohong walaupun sebenarnya Anda “tidak tahu”

bekerja

Berbohong di kantor dengan atasan atau kolega (Sumber: salesforcesearch.com)

Jangan takut untuk berkata “tidak tahu” bila atasan Anda bertanya mengenai sesuatu yang belum Anda ketahui sebelumnya. Jangan berbohong bahwa Anda pernah berpengalaman di bidang tersebut karena dapat memunculkan dampak berkepanjangan.


Masuk kantor baru di hari pertama cukup menegangkan karena Anda akan berada di dalam situasi yang belum Anda kenal sebelumnya. Adanya perasaan gugup bahwa Anda akan diterima atau tidak merupakan sesuatu hal yang wajar. Untuk itu, artikel ini dapat membantu Anda untuk memberikan kesan baik dan diterima oleh atasan atau kolega baru Anda. Jadilah diri Anda sendiri dan bersikaplah sopan.

Di dalam pekerjaan, Anda membutuhkan kemampuan-kemampuan yang harus Anda tingkatkan agar karier Anda berjalan meningkat. Anda dapat membaca artikel-artikel yang berguna untuk perkembangan karier Anda di aplikasi ruangguru. Unduh sekarang! Gratis!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts