Hari Hak Asasi Hewan: Jangan Lakukan 8 Hal Ini di Kebun Binatang

Bulan Tamara Horo Okt 15, 2018 • 6 min read


Hai, Squad, tidak hanya manusia yang punya hak asasi, hewan juga rupanya punya hak asasi. Hak asasi hewan ini dikenal juga dengan Hak Kebebasan Satwa. Memangnya, hewan punya Hak Kebebasan apa ya? Berikut ini adalah 5 Kebebasan Satwa yang perlu dipahami: (1) bebas rasa lapar dan haus; (2) bebas rasa tidak nyaman; (3) bebas dari sakit dan luka; (4) bebas berperilaku liar alami, dan; (5) bebas rasa takut dan stres. Hewan punya banyak manfaat bagi kehidupan sehingga perlu untuk kita jaga.

Nah, terus siapa di sini yang suka pergi ke kebun binatang? Pernah dengar berita tentang pengunjung kebun binatang yang memberikan rokok ke satwa? Atau memberikan miras ke rusa? Itu perilaku yang benar-benar nggak bertanggung jawab. So, biar kamu menjadi pengunjung bertanggung jawab disimak yuk 8 hal yang penting untuk tidak kamu lakukan di kebun binatang!

1. Jangan masuk ke dalam kandang

Kebun Binatang

Harambe, gorila di kebun binatang AS yang ditembak mati setelah bocah empat tahun jatuh ke kandangnya. (Sumber: tenor.com)

Kejadian Harambe ini merupakan bukti nyata pentingnya pengawasan orang tua pada anak-anak saat di kebun binatang. Untuk anak-anak, entah kamu penasaran ingin lihat belalai gajah lebih dekat atau sekadar ingin meluk panda karena gemas, pokoknya jangan sampai masuk ke dalam kandangnya dan tetaplah jaga jarak aman dengan satwa. Selain hal itu akan membuat satwa kaget, hal itu juga berbahaya bagi keselamatanmu.

2. Jangan memberi makan/minum pada satwa

Kebun Binatang

Salah satu pengunjung Taman Safari Bogor yang memberi miras pada satwa. (Sumber: hipwee.com)

Sangatlah berbahaya memberi makan/minum pada satwa kebun binatang. Mereka mempunyai diet khusus, mereka juga bisa tertular penyakit manusia yang berasal dari makanan yang kamu berikan, bisa juga menyebabkan mereka mengalami obesitas, yang dapat menyebabkan kematian bagi satwa.

3. Jangan mengganggu satwa

Kebun Binatang

Mengganggu satwa akan menyebabkan satwa menjadi stres. (Sumber: giphy.com)

Kebun binatang dan tempat konservasi hewan itu bertujuan sebagai tempat kamu belajar mengenai binatang, dan bukan agar kamu bisa mengganggu dan menjahili hewan-hewan tersebut. Jadi jangan melemparkan barang, mengetuk-ngetuk kaca kandang, atau teriak-teriak memanggil satwa kebun binatang.

4. Jangan buang sampah sembarangan

Kebun Binatang

Membuang sampah sembarangan, satwa bisa menganggapnya sebagai makanan lalu ditelan. (Sumber: detik.com)

Membuang sampah sembarangan di kebun binatang akan membuat lingkungan kotor dan membahayakan, apalagi jika membuangnya ke dalam kandang satwa. Pengunjung yang jahil pun bahkan ada yang memberi makanan berkemasan pada hewan, hal ini sangatlah berbahaya. Pada tahun 2012, ditemukan gumpalan plastik seberat 20 kilogram dalam perut jerapah jantan yang mati di Kebun Binatang Surabaya.

 5. Ribut atau memutar musik

Kebun Binatang

Menganggu satwa akan menybebakan satwa menjadi stres. (Sumber: giphy.com)

Saat kunjungan di kebun binatang ramai, ketenangan mungkin sulit diredam, padahal itu sesuatu yang penting bagi sebagian besar hewan. Beberapa hewan sangat mudah stres jika dikagetkan dengan suara yang keras atau ribut. Stres yang berkepanjangan akan membuat perilaku hewan berubah bahkan bisa menyebabkan kematian.

 6. Jangan makan di dalam

Kebun Binatang

Sampah berserakan saat libur Lebaran di Kebun Binatang Bandung. (Sumber: travel.detik.com)

Ingat ya, Squad, kebun binatang itu bukan tempat piknik. Jadi jangan sampai kamu ke kebun binatang dan malah gelar tikar bersama keluarga ya! Makanlah di area yang memang disediakan untuk makan dan jangan mengotori area tersebut. Bersihkan area tempat kamu makan hingga bersih dan jangan menyisakan sampah. 

7. Jangan merokok

Kebun Binatang

Orang utan di Kebun Binatang Bandung terlihat mengisap rokok yang sebelumnya dilempar seorang pengunjung. (Sumber: jabar.tribunnews.com)

Beberapa waktu yang lalu sempat viral video Orang utan merokok di Kebun Binatang Bandung, rupanya rokok tersebut diberikan oleh salah seorang pengunjung dan saat ini sudah ditetapkan pihak kepolisian sebagai tersangka. Padahal jelas-jelas dikatakan bahwa dilarang merokok di dalam kebun binatang.

Asap rokok juga memiliki dampak buruk bagi hewan, seperti gangguan kesehatan, termasuk kanker hewan, kerusakan sel, dan kenaikan berat badan. So, selama masih belum ada smoking area di kebun binatang, jangan merokok di dalam kebun binatang ya!

 8. Patuhi peraturan yang ada

Kebun Binatang

Patuhi aturannya, demi keamanan dirimu dan satwa. (Sumber: giphy.com)

Patuhi peraturan yang berlaku di kebun binatang. Peraturan tersebut tentu dibuat agar satwa dan pengunjung kebun binatang sama-sama merasa aman dan nyaman. Jadi perlakukanlah hewan dengan baik,  jangan diganggu, atau disakiti. Cukup dilihat, dikagumi, dipelajari.

Nah, itulah 8 hal yang jangan kamu lakukan di kebun binatang ya, Squad! Sebagai makhluk hidup yang berakal budi dan hati nurani, sudah menjadi tugas kita untuk menjaga kelestarian hewan. Hewan perlu kita jaga agar bisa hidup berdampingan dengan manusia secara aman dan tentram, jadi bukan untuk dijadikan mainan dan hiburan. Ohya, kamu tahu nggak bahwa binatang itu punya Hak Kebebasan, lho? So, hargai juga kebebasan dan ketenang mereka ya.

Pengen jalan-jalan ke kebun binatang? Kalau belajar di kebun binatang gimana? Dengan Ruangguru On-The-Go kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja tanpa kuota internet melalui video beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis yang tentunya tidak akan membuat anak bosan. Yuk, coba sekarang!

ruangguru on the go

Beri Komentar