Jangan Takut Beda, karena Beda Itu Keren!

Shabrina Alfari Okt 19, 2018 • 4 min read


Squad, seringkali menjadi beda membuat kita takut untuk dicap aneh oleh orang lain. Padahal menjadi beda bisa membuat kamu terlihat unik dan dapat lebih menonjolkan keunggulan kamu dibandingkan orang lain. Nah, untuk itu Ruangguru bekerjasama dengan Yayasan Peace-Generation serta SabangMerauke membuat fitur Beda Itu Keren! di ruangbelajar pada aplikasi Ruangguru. Beda Itu Keren! bertujuan untuk menyebarkan nilai-nilai keberagaman dan perdamaian melalui media audio visual. Fitur ini dapat kamu akses GRATIS di jenjang kelas 4 SD – 12 SMA semua kurikulum. Ada empat materi mengenai nilai-nilai toleransi, berpikir positif, dan keberagaman yang bisa kamu nikmati. Penasaran seperti apa materinya? Yuk, kita lihat!

Berpikir Positif, Yuk!

beda itu kerenCara agar tidak sombong dan minder (Sumber: Fitur Beda Itu Keren! di aplikasi Ruangguru)

Dalam topik ini kamu akan mendapatkan motivasi untuk lebih menghargai diri kamu dan percaya diri supaya nggak minder. Perlu diingat Squad, setiap orang tentu diciptakan dengan karakteristiknya masing-masing. Ada yang positif dan juga ada yang negatif. Ada juga yang bisa diubah dan ada yang tidak bisa diubah. Jadi, fokuslah pada kemampuan diri kamu yang masih bisa terus diubah serta dikembangkan dan belajarlah menerima kekurangan kamu. Kamu harus yakin bahwa Tuhan tidak pernah salah dalam menciptakan apapun, termasuk kamu. Kamu tentu diciptakan oleh Tuhan untuk suatu tujuan.

beda itu keren

Makna prasangka (Sumber: Fitur Beda Itu Keren! di aplikasi Ruangguru)

Pada topik ini, kamu juga akan diajarkan untuk tidak mudah berprasangka, Squad. Prasangka adalah perilaku yang kurang baik karena kita hanya menilai seseorang dari anggapan umum terhadap kelompoknya. Padahal, seharusnya kita menilai seseorang sesuai dengan pribadi orang tersebut ya.

Beda? Nggak Masalah!

Topik kedua akan mengajarkan kamu untuk menghargai, menghormati, dan memperlakukan orang lain dengan sama tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, atau kekayaan seseorang. Kamu harus menyadari bahwa setiap peran dan pekerjaan tidak ada yang sepele karena kita saling membutuhkan. Dengan begitu, kamu tidak akan sombong menjadi orang kaya atau minder karena miskin. Hargailah siapapun bukan dari hartanya, karena kaya atau miskin merupakan gabungan dari kerja keras, kesempatan, dan kebijaksanaan Tuhan. Begitu juga terhadap lawan jenis. Hargailah lawan jenismu dan jangan melecehkan, menyakiti, atau mengintimidasi mereka.

beda itu kerenPrinsip perbedaan suku dan hubungan antarumat beragama (Sumber: Fitur Beda Itu Keren! di aplikasi Ruangguru)

Setiap agama tentu mengajarkan umatnya untuk berbuat kebaikan. Berperilakulah sebagaimana ajaran agama masing-masing daripada kamu menjelekkan agama lain dan hargailah perbedaan pendapat yang ada di agama lain. Sama seperti suku yang mempunyai keunikannya masing-masing. Saat disatukan, keberagaman akan menghasilkan sesuatu yang indah.

Konflik Bikin Kamu Dewasa

beda itu kerenUnsur konflik (Sumber: Fitur Beda Itu Keren! di aplikasi Ruangguru)

Pasti kamu pernah mengalami konflik 'kan Squad? Yap, konflik pasti akan terjadi, namun melalui konflik kamu bisa menjadi semakin dewasa. Konflik merupakan sebuah cobaan dan cobaan akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa. Untuk itu, selesaikanlah konflik dengan jalan damai atau bertemu empat mata agar kedua belah pihak dapat mencapai apa yang diinginkan. Jangan selesaikan konflik dengan kekerasan karena hanya akan menambah parah keadaan dan menghilangkan kesempatan untuk berdamai.

Minta maaf Bukan Berarti Kalah, Kok!

beda itu kerenMinta maaf bukan berarti kalah (Sumber: Fitur Beda Itu Keren! di aplikasi Ruangguru)

Squad, konflik tidak akan selesai jika tidak ada salah satu pihak yang mengakui kesalahan atau meminta maaf. Minta maaf bukanlah hal yang memalukan apalagi menunjukkan kekalahan, melainkan adalah sikap yang sportif. Tidak hanya meminta maaf, kamu juga harus mencoba untuk lebih mudah memaafkan. Memaafkan itu kebutuhan karena dengan memaafkan hati kita bisa menjadi lebih bersih.

Gimana Squad? Baru baca sedikit saja pasti sudah bikin kamu ingin lihat keseluruhan videonya ‘kan? Videonya sendiri dikemas dengan sangat informatif, menghibur, serta mudah untuk dipahami karena dilengkapi dengan animasi menarik. Selain itu, kamu juga bisa langsung mengasah pemahaman kamu melalui latihan topik, serta rangkuman untuk kembali mengulang materinya. Seru 'kan Squad? Yuk, langsung coba fitur Beda Itu Keren! di ruangbelajar. Karena nggak cuman harus pintar secara pelajaran, kamu juga harus cerdas dalam bersosialisasi dengan sesama.

ruangbelajar

Beri Komentar