Jemput Impian Kuliah S1 ke Jepang dengan Beasiswa ABP 2021

Beasiswa ABP di Jepang 2021

Kamu ingin kuliah ke negeri sakura, tapi bingung mikirin biayanya? Jangan khawatir, yuk, simak informasi Beasiswa ABP di bawah ini.

---

Ohayou gozaimasu! Siapa nih yang punya cita-cita lanjut kuliah ke Jepang? Tak hanya terkenal dengan bunga Sakuranya, ternyata Jepang merupakan salah satu negara tujuan yang paling diminati pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi, lho! Selain karena budayanya yang unik, kualitas pendidikan yang bagus menjadi daya tarik utama mereka untuk melanjutkan studi di sini. Beberapa universitas terkenal di Jepang yang menjadi incaran pelajar Indonesia, di antaranya University of Tokyo, Tokyo Institute of Technology, Kyoto University, Osaka University, dan masih banyak lagi.

Jepang juga sering memberikan beasiswa bagi pelajar Indonesia, salah satunya Beasiswa Asia Bridge Program (ABP). Beasiswa ini secara rutin ditawarkan oleh Shizuoka University yang ditujukan bagi siswa lulusan SMA/Sederajat dari Indonesia, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan India. Asia Bridge Program menyediakan beberapa fakultas yang dapat dipilih, yaitu Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial, Fakultas Pendidikan, Fakultas Ilmu Sains, dan Fakultas Pertanian. Wah, jadi kamu pengen masuk ke fakultas yang mana nih

Baca juga: Kuliah S1 Gratis di Universitas Riset Terkemuka Vietnam dengan International Scholarship 2021

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan di bawah ini ya! 

Cakupan Beasiswa

  1. Bebas biaya pendaftaran dan biaya masuk.
  2. Gratis biaya perkuliahan untuk tahun pertama. Tahun kedua hingga keempat, terdapat potongan biaya perkuliahan mulai dari 50% hingga 100% (berdasarkan penilaian tahunan terhadap prestasi akademik).
  3. Tersedia juga uang saku ABP Bulanan untuk semua mahasiswa tahun pertama serta peluang pendanaan lain yang disponsori oleh pemerintah dan perusahaan.

asia bridge program
Asia Bridge Program (Sumber: abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng)

Syarat dan Ketentuan

  1. Bukan merupakan warga negara Jepang.
  2. Merupakan warga negara Indonesia, Vietnam, Thailand, Myanmar atau India.
  3. Pelamar mampu mendapatkan status kependudukan yang sesuai untuk dapat mendaftar ke universitas di Jepang sesuai dengan peraturan imigrasi Jepang (Japanese Immigration Control and Refugee Recognition Act).
  4. Memenuhi SALAH SATU persyaratan berikut (tidak harus semua, salah satu saja):
    a. Sudah menyelesaikan studi SMA/sederajat di negara Indonesia/Vietnam/Thailand/Myanmar/India (dibuka untuk gap year). Program ini juga dibuka untuk pelajar SMA/sederajat yang akan lulus di tahun 2021.
    b. Telah lulus ujian di negara asal yang menerangkan bahwa pelamar mempunyai kemampuan akademik setara atau lebih tinggi daripada kualifikasi yang disebutkan di nomer 4a. Selain itu, pelamar juga harus berusia 18 tahun sebelum 30 September 2021.
    c. Mempunyai Ijazah International Baccalaureate yang dikeluarkan oleh International Baccalaureate Organization, sebuah yayasan berdasarkan Swiss Civil Code.
    d. Mempunyai ijazah Abitur, yang diakui sebagai kualifikasi untuk masuk pada universitas di Jerman.
    e. Mempunyai ijazah Baccalaureate, yang diakui sebagai kualifikasi untuk masuk pada universitas di Prancis.
    f. Mempunyai General Certificate of Education, Advanced Level (GCE A-Level), yang diakui sebagai kualifikasi untuk masuk pada universitas di Inggris.
  5. Apabila pelamar berasal dari sekolah menengah Jepang atau sekolah internasional yang ada di Jepang, studi tersebut harus berdurasi tidak lebih dari tiga tahun.

 Mahasiswa dari program Asia Bridge Program
Mahasiswa dari program Asia Bridge Program (Sumber: abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng) 

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Esai dalam bahasa Jepang dengan panjang 500 kata berisi penjelasan motivasi melamar beasiswa, bidang akademik yang diminati, dan jalur karir yang diinginkan setelah menyelesaikan studi. Format PDF.
  2. Pasfoto terbaru dengan ukuran 35 mm x 45 mm, dengan margin dari garis foto ke bagian kepala 5-7 mm. Pasfoto diambil dalam 3 bulan terakhir. Resolusi gambar minimal 150 dpi. Format PDF, JPG, GIF, atau PNG.
  3. Salinan transkrip akademik pada kelas 10, 11, dan 12. Transkrip akademik harus menampilkan nama kepala sekolah serta cap resmi atau tandatangan kepala sekolah. Apabila transkrip nilai menggunakan bahasa Indonesia, maka peserta harus melampirkan hasil terjemahan ke dalam bahasa Jepang atau Inggris. Hasil terjemahan harus terdapat cap resmi dari organisasi/institusi yang menerjemahkan, atau terdapat tanda tangan dari pihak penerjemah. Dan apabila sudah ada, lampirkan juga salinan hasil ujian akhir. Format PDF, JPG, GIF, atau PNG, dengan resolusi minimal 150 dpi.
  4. Ijazah/sertifikat kelulusan SMA/Sederajat. Format: PDF, JPG, GIF, atau PNG, dengan resolusi minimal 150 dpi.
  5. Hasil tes EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students / ujian masuk universitas di Jepang bagi pelamar internasional) atau Supplemental Examination for EJU 2020. Format: PDF, JPG, GIF, atau PNG, dengan resolusi minimal 150 dpi. Test EJU bisa diikuti dalam Bahasa Inggris dan Jepang. Test EJU di Indonesia diadakan 1 tahun 2 kali (Jakarta dan Surabaya). 
  6. Hasil tes kecakapan bahasa Inggris seperti Tes TOEIC L&R, TOEFL iBT Special Home Edition, TOEFL iBT atau IELTS (Academic Module). Format: PDF, JPG, GIF, atau PNG, dengan resolusi minimal 150 dpi.
  7. Hasil tes JLPT (Japanese-Language Proficiency Test) diwajibkan bagi yang belum mengambil tes EJU.
  8. Khusus bagi pelamar yang merupakan karyawan atau pegawai perusahaan, melampirkan form persetujuan yang ditandatangani oleh atasan (download form).

 

Jadwal Pendaftaran

  1. Waktu Pendaftaran Beasiswa ABP Shizuoka: 9 November s/d 30 November 2020
  2. Pengumuman hasil seleksi pertama: 3 Februari 2021
  3. Seleksi Wawancara: awal Februari 2021
  4. Pengumuman hasil seleksi wawancara: 9 Maret 2021
  5. Pendaftaran universitas: akhir September 2021

 

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website resminya abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/. Pendaftaran paling lambat tanggal 30 November 2020, sedangkan untuk perkuliahannya akan dimulai pada akhir September 2021. Sebelum dikirim, jangan lupa untuk mengecek ulang setiap berkas yang sudah kamu siapkan ya! 

 

Info lebih lanjut

Shizuoka University Asia Bridge Program, ABP

836, Ohya, Suruga-ku, Shizuoka-Shi, Shizuoka-Ken, 422-8529, Japan

E-mail: global@adb.shizuoka.ac.jp

Website: https://www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/ 

 

Waduh, banyak juga ya ternyata berkas dokumen yang dibutuhkan. Eits, tapi kamu jangan patah semangat ya! Sedikit lagi impianmu kuliah ke Jepang bisa terwujud. Sembari kamu menyiapkan segala kelengkapannya, kamu bisa lho menambah wawasanmu dengan belajar di ruangbelajar.

ruangbelajar

Referensi:

Shizuoka University Asia Bridge Program (ABP) [daring]. Tautan: https://www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/ (Diakses: 16 November 2020)

Sumber foto:

Foto Banner Wanita Jepang memakai Kimono [daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/_5dGEgHShgw (Diakses: 18 November 2020)

Foto Asia Bridge Program [daring]. Tautan: https://www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/ (Diakses: 16 November 2020)

Foto Mahasiswa dari program Asia Bridge Program [daring]. Tautan: https://www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/ (Diakses: 16 November 2020)

Beri Komentar