Geografi Kelas 10 | Jenis Citra Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra

Seno Aji Jun 26, 2018 • 3 min read


penginderaan jauh dan interpretasi citra

Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membaca, komponen, dan kegunaan dari apa yang dihasilkan oleh penginderaan jauh.

--

Setelah kamu mengenal pengertian SIG dari artikel ini, apa kamu sudah tahu untuk mendapatkan data SIG maka diperlukan suatu penginderaan jauh. Nah, sekarang yuk kita belajar melihat apa yang dihasilkan oleh penginderaan jauh ini Squad. 

Dalam kegiatan penginderaan jauh kita akan mendapatkan sebuah hasil, hasil ini disebut dengan citra. Citra adalah gambaran suatu objek yang tampak pada cermin melalui lensa kamera atau hasil penginderaan yang telah dicetak.

Objek yang terdapat dalam citra ini memiliki karakteristik tersendiri, hal ini dinamakan dengan kunci interpretasi. Dalam menginterpretasi suatu citra hasil penginderaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Kenapa sih kok ada hal yang harus diperhatikan?

Karena dengan memerhatikan beberapa hal tersebut, kita dapat melihat karakteristik objek dan mengidentifikasinya, hal ini diperlukan untuk menjelaskan penginderaan yang telah kita lakukan Squad. Berikut ini adalah nah contoh-contohnya.

penginderaan jauh dan interpretasi citra

Selain penjelasan di atas, ada juga nih rumus cepat/jembatan keledainya, yaa supaya kamu lebih mudah memahaminya.

penginderaan jauh dan interpretasi citra

Nah, sudah bisa kan mengidentifikasi sebuah citra? Citra juga mempunyai beberapa bentuk lho, coba deh kamu perhatikan tabel di bawah ini untuk mengetahuinya:

penginderaan jauh dan interpretasi citra

Nah, pada gambar di atas, citra ini kan di bagi menjadi 2, foto dan non foto, berarti, cara mengambilnya juga ada 2! Apa aja sih perbedaannya?

1. Citra Foto

Seperti namanya, foto adalah sebuah objek yang dibuat dari pesawat dengan menggunakan kamera sebagai alat potret. Contohnya bisa kamu lihat di bawah ini

penginderaan jauh dan interpretasi citra

Biasanya foto ini digunakan untuk melihat kondisi lapangan secara langsung, bisa juga digunakan untuk melakukan pemetaan kontur, mengukur kepadatan, melihat vegetasi, atau melihat tumpahan minyak di laut.

2. Citra Non Foto,

Nah kalau yang ini sedikit beda, citra ini diambil dari satelit dengan menggunakan sensor, contohnya ada di bawah ini:

penginderaan jauh dan interpretasi citra

Kalau yang ini, biasanya digunakan untuk melihat hal-hal yang tidak dapat ditangkap oleh citra foto, misalnya panas inframerah, aliran arus laut, aliran angin, pergerakan awan dan lain-lain.

Nah gimana? Sekarang kamu sudah mengetahui jenis citra dalam penginderaan jauh dan cara menginterpretasinya kan? Jika kamu masih bingung, kamu bisa lihat video penjelasannya lho di ruangbelajar. Di sana ada berbagai macam video penjelasan mata pelajaran yang kamu pelajari di sekolah, pastinya disertai dengan penjelasan yang menarik dan mudah, yuk di coba!

ruangbelajar

Beri Komentar