Jenis-Jenis Inflasi yang Bisa Terjadi dalam Sebuah Negara | Ekonomi Kelas 11

Kresnoadi Des 21, 2017 • 2 min read


Ekonomi Kelas 11 : Jenis Inflasi

Di artikel ini, kita telah mengetahui apa itu inflasi dan apa saja penyebabnya. Nah, kali ini, kita akan membahas apa saja, sih, jenis-jenis inflasi yang bisa terjadi dalam sebuah negara.

Berdasarkan sifatnya, inflasi terbagi menjadi 4 jenis:

1. INFLASI RINGAN/MERAYAP (CREEPING INFLATION)

Inflasi ini ditandai dengan peningkatan laju inflasi yang rendah. Biasanya, kurang dari 10% setahun. Ciri dari inflasi ini adalah kenaikan harga yang relative lambat dan berlangsung dengan lambat.

2. INFLASI SEDANG (GALLOPING INFLATION)

Inflasi ini sedikit lebih tinggi dibandingkan inflasi ringan. Lajunya berkisar antara 10-30% per tahun. Jenis inflasi ini ditandai dengan kenaikan harga yang cukup besar dalam waktu yang singkat.

3. INFLASI BERAT (HIGH INFLATION)

Sesuai dengan namanya, kategori inflasi ini adalah inflasi yang tergolong berat. Mencakup laju mulai dari 30-100% setahun. Pada tingkat ini, harga kebutuhan masyarakat naik secara signifikan dan sulit dikendalikan.

fakta inflasi di Indonesia

4. INFLASI SANGAT BERAT (HYPERINFLATION)

Jenis inflasi ini sangat dirasakan karena terjadi secara besar-besaran dan mencapai lebih dari 100% setahun. Indonesia pun pernah mengalami hiperinflasi, lho! Bahkan mencapai 600% di tahun 1998. Penyebabnya, karena terjadinya pencetakan uang secara besar-besaran demi menutup defisit anggaran pada waktu itu

Selain berdasarkan sifatnya, inflasi juga bisa dibedakan berdasarkan asalnya. Apa aja tuh?

1. INFLASI YANG BERASAL DARI DALAM NEGERI (DOMESTIC INFLATION)

Inflasi jenis ini biasanya diawali dengan adanya defisit dalam APBN. Jika pemerintah memutuskan untuk membiayai APBN dengan melakukan pencetakan uang baru, maka akan meningkatkan jumlah uang yang beredar. Nah, meningkatnya jumlah uang yang beredar ini akan cenderung meningkatkan harga-harga kebutuhan. AKhirnya, timbul deh inflasi dalam negeri.

Adapun hal lain yang dapat menyebabkan terjadinya inflasi dalam negeri adalah: 1) meningkatnya biaya produksi dalam negeri, dan 2) meningkatnya permintaan masyarakat terhadap barang sementara kenaikan penawaran tidak bisa mengimbanginya.

2. INFLASI YANG BERASAL DARI LUAR NEGERI (IMPORTED INFLATION)

Inflasi ini timbul karena naiknya harga-harga kebutuhan di luar negeri atau di negara-negara mitra dagang. Karena harga kebutuhan di luar negeri meningkat, otomatis harga barang tersebut pada saat dijual kembali di Indonesia juga akan menjadi tinggi.

jenis-jenis inflasi

Nah, itu tadi adalah jenis-jenis inflasi yang biasa ditemukan di dalam suatu negara. Baik berdasarkan sifatnya, maupun asalnya. Kalau kamu ingin mempelajari lebih dalam sambil menonton video animasi menarik, segera gabung di Ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar