Jenis-jenis Kerusakan Lingkungan Hidup | Geografi Kelas 11

Jenis-Jenis Kerusakan Lingkungan Hidup

Squad, siapa di sini yang memiliki ketertarikan dengan dunia lingkungan? Lingkungan sekitar kita harus selalu dijaga kebersihannya ya, Squad, supaya tidak mengalami kerusakan. Akhir-akhir ini, banyak sekali kerusakan lingkungan yang terjadi, yang kemudian menarik perhatian, baik skala global maupun lokal. Supaya semakin semangat menjaga lingkungan, yuk sekarang kita belajar mengenai jenis-jenis kerusakan lingkungan! Kerusakan lingkungan itu sendiri ada yang disebabkan oleh faktor alam maupun faktor kesalahan manusia, lho. Apa saja ya jenis-jenis kerusakan lingkungan hidup? Yuk, kita bahas! 

Kerusakan Lingkungan Hidup oleh Faktor Alam

Squad, pada umumnya, kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh faktor alam termasuk ke dalam bencana alam. Contohnya antara lain letusan gunung api, banjir, dan gempa bumi. Bencana alam tersebut tentu saja memengaruhi keseimbangan lingkungan hidup, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Letusan Gunung Api

Squad, tahukah kamu, letusan gunung api dapat menyemburkan lava, lahar, uap panas, debu vulkanis, dan material padat. Aliran lava dan uap panas bisa merusak lingkungan sekitar, bahkan mematikan lingkungan hidup tersebut. Selain itu, letusan gunung api juga sering disertai dengan gempa bumi vulkanik. 

Gunung Meletus

Letusan Gunung Api (Sumber: goodnewsfromindonesia.id)

Squad, dampak letusan gunung api bisa berlangsung lama, lho! Hal tersebut tergantung pada kekuatan ledakan gunung api itu sendiri dan tingkat kerusakan yang ditimbulkan. Meskipun demikian, daerah yang terkena letusan gunung api akan menjadi daerah yang subur ketika sudah kembali ke kondisi normal. Squad, tahukah kamu, apa saja kerusakan yang ditimbulkan oleh letusan gunung berapi?  

Dampak Letusan Gunung Api

Baca Juga: Mengenal Seisme dan Klasifikasinya

Gempa Bumi

Gempa Bumi

Akibat yang ditimbulkan gempa bumi (Sumber: liputan6.com)

Squad, seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang disebabkan oleh pergerakan endogen. Seperti bencana alam lainnya, tinhkat kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi bergantung pada besarnya kekuatan gempa yang dihitung dalam satuan skala richter. Gempa bumi tidak hanya bisa terjadi di daratan, yang kemudian bisa menyebabkan kerusakan langsung di darat, tetapi juga bisa menyebabkan kerusakan di daerah pantai atau laut, yaitu tsunami. Kira-kira, apa saja ya kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi? Pada saat gempa berlangsung terjadi beberapa peristiwa sebagai akibat langsung maupun tidak langsung, di antaranya:

Dampak Gempa Bumi

Banjir

Banjir

Banjir (Sumber: statistik.tempo.co)

Squad, tahukah kamu? Banjir merupakan salah satu fenomena alam yang bisa disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor ulah manusia. Banjir yang disebabkan karena faktor alam terjadi jika hujan turun terus menerus tanpa henti. Sedangkan banjir yang terjadi karena ulah manusia dapat terjadi karena usaha-usaha yang dilakukan oleh manusia, misalnya penggundulan hutan atau buang sampah sembarangan.

Dampak Banjir

Kerusakan Lingkungan Hidup oleh Kegiatan Manusia

Squad, tahukah kamu, ternyata kerugian akibat kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia lebih besar dibanding dengan yang disebabkan oleh alam, lho! Wah, menyeramkan sekali, ya. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia banyak bentuknya, antara lain limbah industri, penebangan hutan, dan pembuangan sampah yang tidak ideal.

Squad, kerusakan lingkungan tersebut tidak hanya merugikan untuk manusia, tetapi juga untuk flora dan fauna di sekitar kita. Dengan rusaknya lingkungan sekitar, flora dan fauna yang tinggal di lingkungan tersebut tentu akan mengalami kesulitan untuk mencari makan dan tempat tinggal yang layak. Jika dibiarkan terus menerus tanpa penanganan yang maksimal, maka dapat menyebabkan kepunahan. Tentu saja kita tidak mau hal ini terjadi ya, Squad. Nah, apa saja sih contoh kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor manusia? Kuy, lihat daftarnya di bawah ini!

Dampak Kerusakan Alam

Squad, setelah membaca artikel ini, semoga kamu menjadi lebih paham dan lebih semangat dalam menjaga lingkungan sekitar, ya! Eh, selain menjaga lingkungan, kita juga harus selalu belajar, lho. Supaya prestasimu di sekolah semakin cemerlang, yuk ikut les privat bersama ruangles. Di ruangles, kamu bisa memesan guru privat terbaikmu untuk membantumu belajar. Psst, di ruangles, guru yang tersedia tidak hanya terbatas pada guru mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, lho. Kamu juga bisa belajar pelajaran lain yang tidak diajarkan di sekolahmu. Menarik, kan? Yuk, pesan sekarang! 

ruangles

Beri Komentar