Jenis-Jenis Kosakata pada Announcement

Created by : Embun Bening Diniari
on Jun 12, 2018 2:17:33 PM

Jenis-Jenis Kosakata pada Announcement

Squad, siapa yang sudah pernah melihat pengumuman dalam bahasa Inggris? Dalam bahasa Inggris, pengumuman disebut dengan announcement. Ada beberapa kosa kata khusus yang bisa kamu gunakan untuk membuat announcement. Apa saja jenis-jenis kosakata pada announcement tersebut? Yuk, cari tahu bersama! 

Sebelum membahas kosakatanya, kamu perlu tahu dulu nih, sebenarnya apa sih announcement atau pengumuman itu? Announcement adalah sebuah pernyataan dalam bentuk lisan maupun tulisan yang berisi suatu pesan untuk diketahui orang banyak atau umum. Pengumuman dapat kita dengar atau baca dimana saja, misalnya pengumuman lisan di sekolah saat usainya upacara, atau pengumuman tertulis yang bisa kita temukan di surat kabar atau majalah. Coba sekarang kamu tulis di kolom komentar ya, pengumuman apa saja sih yang sudah pernah kamu lihat? 

Jenis-Jenis Kosakata pada Announcement

Semoga ada kabar baik hari ini! (Sumber: Shutter Stock)

Sekarang yuk, kita mulai membahas kosakata yang sering digunakan untuk membuat announcement itu sendiri. Ada apa saja, sih? 

Attention

Attention mempunyai arti “perhatian” yang berupa kata benda (noun). Kata ini sering digunakan sebagai pengganti judul dari announcement tersebut. Kamu dapat menemukan kata ini di pengumuman lisan dan tertulis yang biasa ditempel atau dipajang di mading sekolah. Contohnya antara lain Attention please, guys! We have some information for you.” (versi lisan) dan ATTENTION ALL PHYSICAL EDUCATION STUDENTS!” (versi tertulis).

Commemoration

Commemoration bisa diartikan sebagai “peringatan, perayaan” yang berbentuk kata benda (noun). Jika berbentuk kata kerja (verb), katanya menjadi commemorate. Kata ini bersinonim dengan celebration. Kita dapat menemukan kata ini dalam sebuah pengumuman yang akan digunakan saat ada sebuah acara atau moment yang diperingati. Contohnya adalah “In commemoration of Youth Pledge Day, some activities will be held.”

Further Information

Further information berarti “informasi lebih lanjut”. Frasa ini mempunyai sinonim yaitu more information. Frasa ini digunakan apabila seseorang butuh informasi lebih mengenai pengumuman yang dibaca atau didengar. Contohnya adalah “For further information, visit the committee’s English Speech Contest in OSIS room.”

Requirement

Requirement mempunyai arti “syarat” yang berbentuk kata benda (noun), sedangkan kata kerja (verb) dari requirement adalah require yang berarti “perlu, butuh”. Kata ini digunakan apabila ada sebuah pengumuman yang memberikan syarat untuk melengkapi suatu hal jika ingin berkontribusi dalam suatu acara. Contohnya adalah “All students are required to attend the extra classes.” dan “The following requirements must be fulfilled”

Enrolled

Jenis-Jenis Kosakata pada Announcement

Yuk, daftar dulu! (Sumber: Shutter Stock)

Enrolled mempunyai arti “terdaftar” yang berasal dari kata kerja (verb) yaitu enroll. Kata ini bersinonim dengan register. Kata ini digunakan pada sebuah pengumuman yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang pendaftaran. Contohnya misalnya “For those who have not enrolled are expected to fill the registration form in the Office.”

Setelah mempelajari kosakata di atas, saatnya kamu membuat pengumuman versimu sendiri, nih! Yuk sering berlatih supaya kamu makin jago! Latihanmu pasti makin seru kalau kamu mengerjakan soal-soal dari ruanguji. Kuy, latihan soalnya dimulai sekarang!

New call-to-action

Tags: konsep pelajaran SMP Kelas viii bahasa inggris viii

Beri Komentar