Jenis-Jenis Pengangguran dan Sifatnya, Kamu salah satunya?

Created by : Seno Aji
on May 18, 2018 1:29:21 PM
5 min read

Ekonomi_11

Kamu pernah gak sih, kalau lihat mahasiswa lagi demo, biasanya ada yang bawa spanduk tulisannya “buka lapangan pekerjaan, kurangi pengangguran!”. Mungkin kamu tahunya pengangguran itu adalah orang yang tidak bekerja, tetapi sebenarnya ada lho jenis-jenis pengangguran dan sifatnya. Untuk lebih jelasnya, ayo kita pelajari!

Jika dilihat secara umum, yang dimaksud pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15-64 tahun) dan tidak mempunyai pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan. Jika kita ingin lebih spesifik lagi, pengangguran adalah orang-orang dalam angkatan kerja yang saat itu tidak bekerja/sedang mencari kerja, dengan sengaja tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapatkannya, atau mereka yang sebenarnya sudah mempunyai pekerjaan, tetapi belum mulai bekerja.

Pengangguran mencari kerjaIlustrasi orang menganggur (sumber: jogja.tribunnews.com)

Pengangguran dapat dikelompokkan menjadi beberapa jika dilihat berdasarkan sifat atau penyebab mengapa dia bisa menganggur, berikut ini adalah pengelompokkannya.

PENGANGGURAN BERDASARKAN PENYEBABNYA

Pengangguran Struktural

Macam-Macam ProfesiSetiap pekerjaan membutuhkan keterampilan khusus 

masing-masing (sumber: yourarticlelibrary.com )*

Perkembangan ekonomi dan kebutuhan manusia biasanya diikuti oleh perubahan struktur serta corak ekonomi. Biasanya perubahan ini memerlukan keterampilan-keterampilan baru untuk menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Pengangguran jenis ini terjadi ketika para tenaga kerja tidak dapat mengikuti keterampilan yang diminta karena adanya perubahan struktur ekonomi. Karena itu disebut dengan pengangguran struktural.

Pengangguran Konjungtur

Pengangguran konjungtur adalah pengangguran yang terkena dampak perubahan dalam perekonomian, utamanya adalah dampak dari permintaan-penawaran terhadap suatu barang. Mereka adalah pekerja yang harus dikurangi pada saat produksi menurun karena berkurangnya permintaan, hal ini dilakukan untuk mencegah kerugian yang lebih besar.

Pengangguran Friksional

Macam-macam pengangguranMenunggu dan memilah peluang kerja masih dikategorikan sebagai pengangguran lho (sumber: icym.edu.my)

Pengangguran ini terjadi karena adanya sebuah kesulitan, yaitu mempertemukan pencari kerja dengan lowongan pekerjaan. Hal ini terjadi karena banyak hal, tetapi biasanya letak geografis dan kekurangan informasi menjadi penyebab utamanya. Selain itu, pencari kerja yang berhenti karena mencari kesempatan yang lebih baik juga termasuk dalam golongan ini.

Pengangguran Musiman

Petani adalah pengangguran musimanPetani, salah satu contoh pengangguran musiman (sumber: instagram.com)

Pengangguran ini terjadi karena adanya perubahan musim. Misalnya petani, mereka hanya akan bekerja pada saat musim tanam dan musim panen, tetapi setelah itu mereka akan menganggur, inilah yang disebut pengangguran musiman.

Pengangguran Teknologi

Pengangguran ini terjadi karena bidang-bidang produksi yang dulunya dikerjakan dengan tenaga manusia, sekarang bisa menjadi lebih mudah jika dikerjakan dengan teknologi. Hal inilah yang membuat posisi manusia tergusur dan digantikan oleh mesin.

Pengangguran Voluntary

pengangguran voluntaryWalaupun uang kamu banyak, kalo kamu gak kerja, kamu akan masuk golongan penganguran ini lho! (sumber: merdeka.com)*

Pengangguran ini agak lucu sebenarnya, golongan ini adalah orang-orang yang menganggur dengan sukarela, mereka sebenarnya bisa mendapatkan kerja, tetapi tidak mau/sukarela tidak bekerja. Biasanya hal ini terjadi karena orang tersebut dapat warisan atau faktor lain yang menyebabkan dia tidak perlu bekerja (kaya mendadak).

PENGANGGURAN BERDASARKAN SIFATNYA

Pengangguran Terbuka

Pengangguran terbuka adalah pengangguran yang tidak memiliki pekerjaan. Pengangguran terbuka terjadi karena kurangnya kesempatan kerja yang ada, tidak mau bekerja atau adanya ketidakcocokan antara lowongan kerja yang ada dengan latar belakang pendidikan.

Setengah Menganggur

Setengah menganggur adalah orang yang pekerjaannya kurang dari 35 jam per minggu.

Pengangguran Terselubung

Pengangguran ini terjadi ketika ada tenaga kerja yang tidak bekerja dengan maksimal, dalam artian sebenarnya dia bisa melakukan hal yang lebih, tetapi karena tidak dibutuhkan maka ia menyimpan kemampuannya tersebut.

Contohnya begini, dalam pembuatan sebuah mobil-mobilan dibutuhkan 2 orang pekerja, tetapi karena tidak tega dengan sepupunya yang menganggur, Pak Hassan sebagai pemilik perusahaan menyuruh sepupunya membuat sebuah mobil mainan. Nah karena sepupu pak Hassan ini adalah tenaga tambahan/orang ke 3, maka dia tidak perlu bekerja secara maksimal karena sebenarnya sudah cukup 2 orang untuk produksi.

Begitu Squad, itu adalah penjelasan tentang pengangguran, ternyata tak semua pengangguran itu tidak bekerja karena tidak ada kesempatan, ada yang masih mencari kesempatan yang lebih baik, dan ada yang memang memutuskan untuk tak usah bekerja sekalian.

Nah agar lebih jelas lagi, kamu bisa lihat video penjelasannya di ruangbelajar. Di sana gak hanya ada penjelasan tentang materi ini aja lho, tapi ribuan video dengan pembahasan mata pelajaran lain yang pastinya menarik dan mudah dimengerti.

ruangbelajar

Tags: konsep pelajaran SMA Kelas XI ekonomi xi

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

Latihan dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2017

Apr 25, 2017 5:30:44 PM
11 min read

Anak IPA? Ini Latihan Soal UN Biologi SMA (2017) dan Pembahasannya

Mar 27, 2017 3:35:27 PM
5 min read