Jevi, Karyawan Termuda Ruangguru di Usia 18 Tahun

Rabia Edra Feb 7, 2018 • 3 min read


karyawan termuda

Artikel ini menceritakan tentang sosok Jevy, karyawan termuda di Ruangguru yang masih berusia 18 tahun.

--

Bekerja di usia muda, bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan pertimbangan besar. Tentunya bagi seseorang yang berusia 18 tahun, hal ini belum menjadi prioritas utama. Namun Jevi, pria kelahiran Malang, 18 Agustus 1999 ini justru berpikir sebaliknya. Ia memilih bekerja sebagai Android Developer di Ruangguru dibandingkan harus berkuliah. Ia ditantang untuk menyelesaikan masalah dan membuat produk dengan melibatkan rekayasa perangkat lunak. Mari simak kisahnya menjadi karyawan termuda di Ruangguru!

Awal perjalanannya dimulai pada saat Jevi memutuskan mengambil jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Malang. Lalu, ia juga menjadi anggota sebuah komunitas yang bergerak di bidang IT bernama Class Mobile Malang selama 6 bulan. Setelah lulus SMK, Jevi langsung menjadi Android Developer di perusahaan teknologi, Inagata Technosmith selama 8 bulan. Setelah itu, ia memutuskan keluar dan merantau ke Jakarta.

Ruangguru pun menjadi tempat kedua Jevi dalam mengembangkan keahliannya. Alasannya bergabung di start-up pendidikan teknologi nomor satu di Indonesia ini karena ia teringat dengan pesan salah satu petinggi Inagara Technosmith. Beliau mengatakan bahwa ada dua tipe perusahaan yang tidak akan mati, pertama yang bergerak di bidang kesehatan dan kedua di bidang pendidikan.

Lalu, saat ditanya pengalaman seru dan berkesan selama menjadi karyawan termuda di Ruangguru, ia menjawab, “pastinya seru dan berkesan, tapi saya agak minder karena dikelilingi oleh karyawan-karyawan senior. Walau begitu, Jevi mengaku mendapatkan banyak ilmu. Misalnya, saat mengerjakan aplikasi chat yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jevi menambahkan, menjadi karyawan Ruangguru selama satu bulan terakhir membuat skill yang ia miliki pun menjadi meningkat. Ia juga sangat senang karena rasa kekeluargaan yang ada di Ruangguru.

Ia memilih bekerja dan menunda kuliah karena Jevi beranggapan sudah banyak mendapat ilmu dari komunitas Class Mobile Malang yang diikutinya selama 6 bulan. Saat itu, ia juga sempat dipercaya menjadi pembicara di salah satu sharing session yang membahas mengenai Design Pattern Android. Nantinya, setelah memiliki pengalaman yang cukup, Jevi pun tertarik untuk kembali ke Malang. "Saya ingin mengembangkan ilmu yang sudah didapat selama bekerja, dan ingin mengimplementasikannya di kota kelahiran saya.”

Terakhir, Jevi memberikan pesan kepada siswa-siswa SMK yang masih berpikir sulit untuk memperoleh kesuksesan setelah lulus nanti. Menurutnya, yang paling penting adalah memantapkan niat dalam pemilihan jurusan. Jika apa yang dipelajari memang sesuai keinginan dan sungguh-sungguh belajar, pasti akan ada banyak kesempatan untuk mendapatakan kesuksesan. 

Bagi Jevi, perjalanan kariernya yang dimulai dari usia muda seperti ini tidak menghambat dirinya sama sekali untuk berkembang menjadi yang lebih baik. Bahkan, ia bisa memanfaatkan masa mudanya dengan melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat. 

Inspiratif sekali ya? Kamu juga mau sukses dalam belajar? Yuk, belajar bersama dengan ruangguru On-The-Go. Ada ribuan video belajar beranimasi serta kuis latihan.

ruangguru on the go

Beri Komentar