Jumlah Resmi Pendaftar Akun LTMPT untuk SNMPTN 2020

Shabrina Alfari Jan 15, 2020 • 2 min read


jumlah pendaftar akun LTMPT

Artikel ini memberikan informasi jumlah resmi pendaftar akun LTMPT untuk SNMPTN 2020 hingga penutupan pendaftaran

--

Apakah kamu sudah melakukan registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN 2020? Jumlah siswa pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 mengalami lonjakan drastis dibandingkan pendaftar tahun 2019 lalu. Bahkan menurut ketua LTMPT Mohammad Nasir seperti yang dilansir dari sindonews.com, angka pertumbuhan siswa pendaftar hampir 100%. Beliau menjelaskan, jumlah tahun lalu hanya mencapai 500.000 sedangkan tahun ini mencapai 1 juta siswa yang mendaftar SNMPTN.

Melihat animo yang begitu tinggi, LTMPT juga sempat memutuskan untuk memperpanjang waktu pendaftaran akun. Perpanjangan waktu pendaftaran tersebut hanya diperuntukkan kepada sekolah ataupun siswa yang sudah daftar akun dan mempunyai akun sekolah maupun siswa aktif untuk melakukan permanen data.

Pendaftaran akun LTMPT pun telah ditutup pada tanggal 09 Januari 2020, pukul 17.00 WIB. Mau tahu berapa jumlah sekolah dan siswa yang sudah memiliki akun dan permanen data hingga waktu penutupan? Yuk, disimak. 

jumlah pendaftar akun LTMPT(Sumber: instagram.com/ltmpt.ac.id)

Jumlah pendaftar akun LTMPT

Sekolah

  • Jumlah sekolah akun aktif: 23.073
  • Jumlah sekolah permanen data: 18.955
  • Jumlah sekolah belum permanen data: 4.118

Siswa

  • Jumlah siswa akun aktif: 1.375.381
  • Jumlah siswa permanen data: 1.255.031
  • Jumlah siswa belum permanen data: 120.350

Panitia LTMPT mengimbau sekolah mengikuti tahapan selanjutnya yaitu pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN untuk siswa yang eligible atau berhak untuk mengikuti proses pendaftaran SNMPTN.

Tahapan selanjutnya

Bagi sekolah dan siswa yang telah melakukan permanen data dapat mengikuti proses selanjutnya, yaitu:

  1. Tahapan selanjutnya setelah memiliki akun LTMPT adalah pengisian PDSS. Sekolah melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS.
  2. Sekolah harus memastikan bahwa NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) beserta data tentang sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud.
  3. Kepala Sekolah atau yang ditugasi oleh Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui https://portal.ltmpt.ac.id

Seperti yang dilansir oleh kompas.com, Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengucapkan terima kasih dan selamat kepada sekolah dan siswa yang telah berhasil melakukan permanen data. Ia juga mengatakan bagi sekolah dan siswa yang belum permanen data serta belum memiliki akun LTMPT masih terbuka kesempatan untuk mendaftar akun LTMPT namun melalui jalur lain yakni UTBK SBMPTN 2020.

So, untuk kamu yang tidak mengikuti proses seleksi melalui jalur SNMPTN, tetaplah semangat dan lakukan usaha sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Bantu persiapan kamu menghadapi UTBK dan ujian seleksi masuk perguruan tinggi lainnya bersama video beranimasi dan bank soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Artikel Lainnya

Beri Komentar