Pengenalan dan Prospek Jurusan Akuakultur (Budidaya Perairan)

header prospek  jurusan akuakultur

Artikel kali ini akan membahas tentang Jurusan Akuakultur (budidaya perairan). Ada apa di akuakultur? Mulai dari yang dipelajari sampai prospek ke depannya, akan kita bahas di artikel ini. Sudah siap?

---

Masih ingat permasalahan Indonesia dengan Tiongkok baru-baru ini? Bukan masalah hutang. Tapi, masalah laut.

Ya, Laut Natuna. Jadi tuh ada beberapa kapal nelayan (kita sebut saja kapal pencuri ikan) yang dikawal Kapal Coast Guard. Nggak lama berselang, ketahuan, deh, tuh kalau kapal ikan milik Tiongkok melewati batas perairan Indonesia. Alhasil, terjadi ketegangan antara kapal milik TNI Angkatan Laut dengan Kapal Coast Guard Tiongkok.

kapal china jurusan budidaya perairan

Kenapa Tiongkok sampai jauh-jauh ke Natuna mencari ikan?

Jawaban paling simpel ialah di Laut Natuna, hasil lautnya berlimpah banget nih teman-teman. Makanya, jangan heran kalau kapal nelayan Tiongkok sampai “mampir” jauh ke Laut Natuna.

Ngomongin soal hasil laut, artikel kali ini bakalan mengulas jurusan yang hubungannya dengan hasil laut. Namanya, akuakultur atau bahasa kerennya budidaya perairan.

belajar di jurusan akuakultur

Di jurusan ini, kamu bakalan dapat banyak ilmu pengetahuan baru tentang seluk-beluk dunia perairan. Eh, perairan itu nggak cuma laut aja lho. Ada sungai, danau, dan rawa juga.

“Jadi bisa belajar ternak buaya dong kak?”

Haduuhh...jangan tiba-tiba ngomongin ternak buaya dulu dong. Kan belum dikasih tahu prospek ke depannya kalau kamu nanti pilih jurusan ini. Sabar. Kita bahas satu per satu dulu ya.

Jurusan ini cocok buat kamu yang emang senang dengan dunia perairan. Terlebih pecinta hasil budidaya perairan, seperti ikan, rumput laut, serta hasil laut lainnya. Eh iya, kamu yang pas SMA itu suka dengan pelajaran Biologi, bisa banget lho masuk ke jurusan ini.

kampus jurusan akuakultur

Tapi, kalau kamu termasuk orang yang gampang jijik sama ikan, nggak mau panas-panasan di tambak udang, atau alergi sama bau amis ikan, mending jangan deh.

“Kenapa kak?”

Soalnya tuh di jurusan ini bakalan banyak praktik yang berhubungan dengan hasil budidaya perairan itu sendiri. Misal, ada praktikum memilah bibit lele.

Baca juga: Kupas Tuntas Jurusan Kedokteran Gigi

Iya, lele yang biasanya dijadiin pecel di tenda-tenda pinggir jalan itu lho. Itu kan dari perairan juga. Nah, kamu disuruh memilih bibit lele yang unggul, terus kamu geli karena kulit ikan lele licin. Atau lebih parahnya lagi takut dipatil sama ikan, yaaahhh….dijamin bakalan nggak lulus deh tuh.

ternak lele budidaya perairan

Nah, sekarang kita ngomongin prospek kerjanya aja deh.

“Lulusan akuakultur mau kerja di mana? Mau jadi apa?”

Kalau ada orang yang nanya begitu, kamu bakalan jawab apa?

“Jadi staf marketing atau pegawai bank, Kak”

Eee...iya sih bener bisa, tapi apa ngga sayang ilmu yang udah kamu pelajarin tentang budidaya perairan di kampus? Coba cek lagi awal mula kenapa ada kapal Tiongkok yang masuk ke Laut Natuna deh. Mereka masuk karena hasil budidaya perairan di Indonesia melimpah.

Prospek Lulusan jurusan akuakultur

Oleh karena itulah, lulusan dari akuakultur ini diharapkan bisa menjadi ahli atau peneliti di bidang budidaya perairan. Sebegitu banyaknya hasil budidaya perairan, sangat disayangkan kalau tidak diolah dengan maksimal.

Jurusan ini nggak sebatas menjadi ahli, peneliti, atau pekerjaan yang punya kaitannya dengan perkantoran. Di akuakultur, kamu juga bakalan belajar untuk menjadi pembudidaya perairan lho. Jadi, dengan kata lain buat kamu yang punya jiwa wirausaha yang tinggi, cocok juga lho masuk ke jurusan ini. Siapa tahu kamu bakalan jadi juragan kepiting, atau pemilik tambak udang terbesar di daerah kamu.

Gimana nih teman-teman, tertarik ngga buat masuk di jurusan budidaya perairan? Lakukan persiapan dari sekarang yuk dengan belajar di ruangbelajar. Ada banyak soal latihan buat menghadapi UTBK lho.

ruangbelajar

Beri Komentar