Mengulik Jurusan Desain Komunikasi Visual bagi Kamu Si Jago Gambar

Rabia Edra

Mar 20, 2019 • 3 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


desain komunikasi visual

Squad, siapa yang sejak kecil udah suka banget sama menggambar? Baik, itu melalui media kertas maupun secara digital? Mau nggak sih melanjutkan minat kamu ke jenjang formal di tingkat universitas? Hmm, walau kadang harus melalui perdebatan dengan orang tua, tetapi kalau tetap semangat memperjuangkannya, orang tua akan luluh juga kok pada waktunya. Nah, tapi tentu saja kamu harus tahu benar, apa yang akan dipelajari di jurusan yang bernama Desain Komunikasi Visual (DKV). Jadi, nggak sekadar bermodalkan kemampuan bisa menggambar saja. So, simak ulasan berikut ini ya!

Program studi DKV biasanya tergabung dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Cabang ilmu desain ini mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan yang kreatif. Selain itu, juga memahami tentang teknik serta media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual atau rupa. Tujuannya untuk apa? Well, kuliah ini bermaksud agar kita dapat menyampaikan pesan yang memiliki tujuan tertentu (memberi informasi atau mempengaruhi perilaku seseorang).

Seorang sarjana DKV ke depannya harus bisa mengolah sebuah pesan yang ada dengan efektif, informatif dan komunikatif. Oleh karenanya, banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi ini seperti:

desain komunikasi visual

Keduanya dapat digunakan untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan pada kelompok lainnya. Visual yang berwujud kreatif dan inovatif, serta pesan yang harus komunikatif, efisien dan efektif akan saling mendukung agar bisa tersampaikan dengan baik pada sasaran atau target.

Hal inilah yang membedakan dengan seni murni (seperti lukisan atau patung) yang karya seninya dibuat sebagai ungkapan ekspresi sang seniman, bukan menekankan pada konsep yang memiliki maksud-tujuan serta menyasar audiens. 

Selain itu, kuliah DKV juga terdiri dari tiga macam jalur minat. Misalnya di jurusan DKV Institut Seni Bandung, peminatan baru bisa diambil saat sudah melalui berbagai mata kuliah dasar komunikasi visual. Selanjutnya, di semester 6 mahasiswa akan diperbolehkan memilih kekhususan berikut ini:

desain komunikasi visual

  • Komunikasi Grafis

Mahasiswa Desainer Grafis harus mampu membuat logo, desain majalah atau surat kabar, rambu (sign system), desain kemasan, dan paket promosi produk.

  • Komunikasi Visual Periklanan

Desainer Iklan mampu bermain visual dengan menarik dan efisien untuk tujuan persuasi. Juga, mengemas citra sebuah produk, program, kampanye dengan bahasa visual yang baik, sehingga akan terjadi pada perubahan perilaku dari sasaran yang dituju.

Baik antara peminatan Komunikasi Grafis dan Komunikasi Visual Periklanan diminta untuk mengolah bahasa visual pada media yang statis atau diam. Kemampuan komunikasi, tipografi, ilustrasi, serta fotografi menjadi faktor yang harus dikuasai. 

  • Komunikasi Multimedia 

Mengarah pada media dinamis berbasis waktu dan suara (audio). Animasi, desain web, media interaktif, hingga peyutradaraan film adalah contoh pekerjaan desainer multimedia. Dasar-dasar komunikasi visual teraplikasikan secara dinamis dalam karya multimedia.

Lalu bagaimana dengan prospek kerja bagi seorang mahasiswa DKV?

desain komunikasi visual 

Pada dasarnya, cakupan pekerjaannya sangat luas lho, Squad. Tergantung pada minat dan keahlian. Beberapa contoh detail dari jenis profesi tersebut, seperti membuat label produk atau makanan, mendesain logo yang mencitrakan sebuah lembaga atau perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa.

Jadi, sekarang kamu sudah paham 'kan seluk-beluk kuliah di Desain Komunikasi Visual? Yuk, siapkan belajar UTBK SBMPTN kamu melalui aplikasi Ruangguru di fitur ruangbelajar agar masuk di jurusan ini. Jangan tunda lagi, karena kesempatan persiapan belajar kamu nggak bisa diulang. Tentunya kamu nggak mau dong harus mengambil gap year selama setahun? Yuk, download aplikasinya sekarang.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts