Mau Masuk Jurusan Ilmu Administrasi? Yuk, Kenalan dengan 4 Macam Jurusannya

Olivia Yunita Agu 21, 2020 • 4 min read


Mau Masuk Jurusan Ilmu Administrasi Yuk, Kenalan dengan 4 Macam Jurusannya

Artikel ini akan membahas mengenai 4 macam jurusan Ilmu Administrasi, yaitu Ilmu Administrasi Negara, Administrasi Bisnis,  Administrasi Fiskal, dan Administrasi Perkantoran.

--

Kamu mungkin sudah nggak asing dong dengan jurusan Ilmu Administrasi. Yapp...jurusan yang masih tinggi peminat ini selalu menjadi incaran para siswa SMA jurusan IPS, lho. Buktinya berdasarkan data yang dilansir dari LTMPT, pada SBMPTN tahun 2020, peminat Ilmu Administrasi Negara Universitas Indonesia  mencapai 380 dengan daya tampung yang tersedia sebanyak 21 kursi.

Baca juga: Kenapa Jurusan Psikologi Selalu Ramai Peminat? Belajar Apa sih?

Secara umum ada 4 macam jurusan yang termasuk dalam jurusan Ilmu Administrasi antara lain jurusan Ilmu Administrasi Negara, Administrasi Bisnis,  Administrasi Fiskal, dan Administrasi Perkantoran. Meskipun diawali dengan kata yang sama yaitu administrasi, namun yang dipelajari di setiap jurusan ini berbeda-beda, lho. Yuk, simak artikel ini untuk cari tahu lebih lengkapnya!

Jurusan Ilmu Administrasi Negara

Pada jurusan Ilmu Administrasi Negara atau juga sering disebut Ilmu Administrasi Publik, kamu akan belajar mengenai seluk beluk pemerintahan mulai dari sistem pemerintahan, pembangunan, kebijakan publik, hingga Sumber Daya Manusia (SDM). Kamu yang memilih jurusan ini, akan paham tentang bagaimana cara memberikan pelayanan masyarakat yang benar, cara mengkaji birokrasi, serta seperti apa sih pembangunan negara yang baik itu.

Mau Masuk Jurusan Ilmu Administrasi Kenali Dulu 4 Macam Jurusannya

Mal Pelayanan Publik (Sumber: Kompas.com)

Adapun mata kuliah yang akan kamu tempuh di jurusan ini adalah Pengantar Ilmu Administrasi Publik, Hukum Administrasi Publik, Sistem Politik Indonesia, Teori Administrasi Publik, Sistem Pemerintahan Indonesia, Teori Manajemen Publik, Kebijakan Publik, Manajemen Pelayanan Publik, Pembangunan Kapasitas dan Kelembagaan Sektor Publik, Teori Birokrasi Publik, dan Ekologi Administrasi.

Mau Masuk Jurusan Ilmu Administrasi Yuk, Kenalan dengan 4 Macam Jurusannya

Dari ketujuh prospek karir tersebut umumnya akan bekerja di instansi pemerintahan. Namun, sebenarnya kamu juga bisa bekerja di instansi non pemerintahan misalnya sebagai Human Resources Development (HRD) di perusahaan swasta baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis

Kamu yang memilih jurusan Ilmu Administrasi Bisnis akan belajar tentang semua hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis, mulai dari operasional, perencanaan, pemasaran, pengelolaan keuangan, manajemen sumber daya manusia, hingga kegiatan produksi. Jadi, buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis sendiri, jurusan ini bisa kamu jadikan pilihan.

Mata kuliah jurusan ilmu administrasi

Di Indonesia, kamu bisa menemukan jurusan Ilmu Administrasi Bisnis di berbagai universitas negeri di antaranya yaitu Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Sumatera Utara.

Baca juga: Kupas Jurusan Akuntansi: Cuma Bisa Jadi Teller Bank?

Jurusan yang selalu menjadi incaran mahasiswa baru ini ternyata memiliki prospek kerja yang luas. Kamu bisa bekerja di berbagai instansi sebagai konsultan bisnis, manajer perusahaan, HRD, dan staf marketing. Nggak hanya itu, kamu bisa menjadi entrepreneur dengan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kuliah untuk membangun usahamu sendiri. Menarik ‘kan?

Jurusan Ilmu Administrasi Fiskal

Jurusan yang juga terkenal dengan sebutan Administrasi Pajak ini akan mempelajari mengenai seluk beluk perpajakan. Selama kuliah, kamu akan dibekali dengan keterampilan dalam penyusunan laporan pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan. Selain itu, kamu juga akan belajar menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan administrasi pajak. 

Mau Masuk Jurusan Ilmu Administrasi Yuk, Kenalan dengan 4 Macam Jurusannya

Sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Fiskal, kamu akan dituntut untuk menghafal berbagai macam aturan perpajakan dan tarif pajak, lho. Tujuannya agar laporan perpajakan yang kamu buat nanti bisa sesuai dengan peraturan yang berlaku. Meskipun nampak rumit, namun jurusan ini memiliki berbagai prospek kerja yang menjanjikan. Kamu bisa bekerja sebagai staf kementerian keuangan, pegawai bea cukai, product manager, dan konsultan pajak. Gimana cukup menarik bukan?

Sri mulyani menteri keuangan

Menteri Keuangan Republik Indonesia (Sumber: katadata.co.id)

Jurusan Ilmu Administrasi Perkantoran

Jika kamu tertarik menjadi seorang sekretaris atau staf administrasi pada suatu perusahaan, kamu bisa mempertimbangan  jurusan Ilmu Administrasi Perkantoran sebagai pilihanmu. Pada jurusan ini kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan segala administrasi perkantoran.

administrasi keungan

Sekretaris sebuah perusahaan (Sumber: backdesk)

Adapun mata kuliah yang akan kamu tempuh selama kuliah di jurusan ini, antara lain Dasar Ilmu Administrasi Perkantoran, Mengetik, Keterampilan Komputer, Manajemen Perkantoran, Bahasa Inggris, Manajemen Event, Administrasi Keuangan, Kesekretariatan, Humas dan Protokol, Koresponden Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Praktikum Mengetik.

Nah, jadi itu keempat macam jurusan yang termasuk dalam jurusan Ilmu Administrasi. Kamu tertarik masuk salah satu dari jurusan itu? Yuk, persiapkan dirimu dengan mempelajari materi di ruangbelajar!

New Call-to-action

Beri Komentar