10 Jurusan Kuliah Unik di Dunia yang Bisa Jadi Pilihan

10 Jurusan Kuliah Unik di Dunia yang Bisa Jadi Pilihan

Artikel ini berisi jurusan-jurusan kuliah yang unik di seluruh dunia. Berminat untuk belajar di bidang-bidang studi berikut ini?

--

Squad, pernah terpikirkan nggak sih oleh kamu kalau di jenjang kuliah nanti masuk di jurusan seperti astrobiologi atau comic art? Wah, jurusan apa sih itu? Pasti kamu jarang atau bahkan belum pernah mendengar kedua jurusan itu, 'kan?

Ternyata, di dunia ini banyak lho jurusan-jurusan unik dengan prospek kerja yang menjanjikan. Nah, prospek kerja seperti apa bila kamu masuk jurusan-jurusan unik di bawah ini?

1. Astrobiologi

Pernah dengar jurusan yang satu ini, Squad? Astrobiologi merupakan jurusan untuk kamu belajar mengenai kehidupan di luar Bumi serta penelitian mengenai asal-usul dan evolusi awal kehidupan di Bumi. Terdengar keren, ‘kan?

Menurut Study.com, astrobiologi adalah bidang studi yang relatif baru yang berfokus pada bagaimana kehidupan bisa ada di alam semesta. Bidang studi ini mempelajari mengenai ilmu keplanetan, astrofisika, geologi, biologi evolusi, biologi molekuler, hingga kimia.

Saat ini, program gelar sarjana dalam astrobiologi hanya dapat ditemukan di dua universitas di Amerika Serikat, yakni di Universitas Washington dan Universitas Pennyslvania. Untuk di Indonesia, jurusan yang dekat dengan astrobiologi adalah jurusan astronomi yang berada di Institut Teknologi Bandung.

Kalau kamu punya cita-cita untuk jadi astronom atau peneliti, jurusan ini sangat cocok untukmu. Prospek kerja jurusan astrobiologi terbuka di bidang penelitian, dosen, pengajar, atau science comunicator. Tidak menutup kemungkinan juga kalau kamu bisa bekerja di luar Indonesia, misalnya di NASA maupun lembaga-lembaga penelitian antariksa lainnya di dunia.

2. Beatles

Betul Squad, nama jurusan ini diambil dari nama band legendaris asal Inggris, The Beatles. Tapi sebenarnya, jurusan seperti apa sih Beatles ini?

Menurut laman resmi Universitas Liverpool, tempat satu-satunya jurusan ini berada, Beatles adalah bidang studi yang memungkinkan pada mahasiswanya untuk meneliti dan menganalisis pentingnya musik-musik The Beatles dalam pembangunan identitas, penonton, etnis, industri, dan di dalam masyarakat. Lulusan jurusan ini memiliki prospek pekerjaan di bidang industri musik pop, musikologi, dan tentu saja menjadi yang paling mengerti mengenai sejarah band The Beatles. Unik banget, ya Squad?

Baca Juga: Kiat Sukses Memilih PTN Setelah Pengumuman Nilai UTBK SBMPTN 2019

3. Bisnis dan Teknologi Penyelaman

Squad, apakah cita-cita kamu adalah berkarier di bidang penyelaman, peneliti bawah air, atau fotografer bawah air? Kamu bisa masuk jurusan unik yang satu ini!

Baru diajarkan di Florida Keys Community College, jurusan bisnis dan teknologi penyelaman akan mengajarkan mahasiswanya untuk gimana manajemen bisnis penyelaman hingga penyelamatan dalam penyelaman darurat. Sungguh nggak biasa, 'kan?

4. Seni Komik

Senik komik atau comic art adalah jurusan kuliah yang nggak biasa. Mahasiswa yang masuk jurusan comic art ini akan diajarkan untuk mendapatkan ilmu untuk membuat komik, mulai dari bagaimana membuat garis, warna, komposisi, serta pengembangan karakter, pengembangan jalan cerita, hingga plot untuk menciptakan karya komik yang kompleks dan menarik bagi pembaca.

jurusan unik 2
Seni komik. (Sumber: www.cca.edu)

Jurusan yang satu ini mungkin mirip dengan jurusan Animasi. Namun, comic art lebih terfokus mengenai gimana mengembangkan sebuah komik yang bagus secara profesional. Tentu saja, lulusan jurusan comic art nantinya akan bekerja di industri komik, menjadi ilustrator, penulis cerita dalam komik, hingga menjadi penerbit komik. Saat ini, jurusan comic art baru ada di Minneapolis College of Art and Design.

5. Ilmu Sains Olahraga dan Gerak

Siapa sangka senam juga menjadi salah satu jurusan kuliah? Kalau orang-orang biasanya senam setiap hari libur, kamu bisa senam tiap hari di jurusan ini.

Bila kamu suka olahraga, jurusan unik yang satu ini akan mengajarkanmu teori dan praktik mengenai ilmu gerakan senam yang berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, dan penanggulangan penyakit.

Menurut informasi pada situs web Lewis University, mahasiswa dalam jurusan ini akan mempelajari mengenai biomekanik, perilaku motorik, fisiologi olahraga, dan lain sebagainya. Eitss, lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang besar lho, misalnya menjadi pelatih olahraga, ahli gizi kesehatan, pelatih kebugaran, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan olahraga.

6. Oseanografi

Walaupun jarang terdengar, rupanya jurusan yang satu ini punya peluang kerja yang bagus lho Squad! Bidang studi ini akan mengajarkan para mahasiswanya mengenai seluk-beluk laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang lainnya, seperti halnya rekayasa lingkungan, penelitian bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana.

Mengapa peluang kerjanya besar? Karena Indonesia adalah negara maritim. Negara kita adalah negara yang luas yang dikelilingi oleh banyak lautan. Ditambah lagi, 70 persen Bumi kita adalah lautan, mempelajari oseanografi akan membuat kita memiliki ilmu yang tidak banyak dimiliki oleh orang lainnya.

Prospek kerja lulusan oseanografi bisa mulai dari sebagai peneliti atmosfer dan ruang angkasa, ahli teknik kelautan, ahli teknik lingkungan, ahli ekologi, spesialis konservasi lingkungan, hingga pengajar di bidang kelautan. Dua universitas di Indonesia yang memiliki jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung dan Universitas Halu Oleo Sulawesi Tenggara.

7. Ilmu Pandai Besi

Bukan, Squad. Kamu bukan menjadi seseorang penjual besi setelah lulus dari jurusan ini ya! Ilmu pandai besi adalah jurusan tempat siapa saja untuk belajar mendalami cara mengembangkan keterampilan tangan untuk memproduksi sebuah karya seni dari logam atau besi yang memiliki nilai-nilai estetika.

Lulusan pandai besi memiliki prospek karir di bidang akademik maupun museum, serta bisa juga menjadi seorang seniman.

Baca Juga: 7 Cara Menemukan Passion Sebelum Memilih Jurusan Kuliah Paling Tepat

8. Teknologi Game

Suka main game? Atau ingin memiliki ilmu untuk bisa membuat game sendiri? Kamu bisa masuk jurusan unik yang satu ini, Squad!

Bidang studi ini akan mengajarkan pada mahasiswanya mengenai dasar-dasar yang dapat mendukung berkembangnya industri game, mulai dari kemampuan teknis, desain, sosial dan komunikasi, serta kemampuan bisnis untuk berwirausaha di industri game itu sendiri.

Lulusan teknologi game diharapkan sudah memiliki kemampuan-kemampuan seperti merancang sebuah game, menguasai bahasa pemrograman yang berhubungan dengan game, menguasai pengaturan grafik dan audio pada game, hingga memiliki kemampuan untuk membuat game platform maupun game engine.

Di Indonesia, ada cukup banyak jurusan teknologi game, seperti di Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, hingga Universitas Negeri Malang.

9. Kesenian Pewayangan

Ingin belajar seluk-beluk pewayangan, seni dari boneka, serta ilmu untuk mengatur dan membuat sebuah penampilan boneka? Jurusan unik yang satu ini sangat cocok untukmu, Squad!

jurusan unik 1
Jurusan kesenian pewayangan (Sumber: Dailycampus.com)

Menjadi salah satu jurusan di Universitas Connecticut, jurusan ini tidak hanya akan membuatmu belajar lebih dalam mengenai pewayangan saja, namun juga menambah wawasanmu tentang gimana proses membuat wayang atau boneka, membuat maskot, membuat jalan cerita pewayangan, hingga studi teater dan drama.

10. Ilmu Studi Holokaus

Sudah tahu apa itu Holokaus, Squad? Menurut informasi dari History.com, Holokaus adalah genosida terhadap kira-kira enam juta penganut Yahudi Eropa selama Perang Dunia II, suatu program pembunuhan besar secara sistematis yang didukung oleh negara Jerman Nazi yang kala itu dipimpin oleh Adolf Hitler dan berlangsung di seluruh wilayah yang dikuasai oleh Nazi kala itu.

Di jurusan unik yang bisa ditemui di Elmhurst College ini, mahasiswanya akan mempelajari mengenai sejarah, karakteristik, efek, dan implikasi keadilan sosial di dunia dari fenomena Holokaus. Kamu berminat?

Nah, Squad, itulah 10 jurusan kuliah unik di dunia yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studi kamu ke jenjang yang lebih tinggi. Ssstt, apapun jurusan impian kamu nanti, kamu bisa lho belajar lewat fitur ruangles, portal pencarian guru privat untukmu agar proses belajar bisa dibimbing oleh guru-guru pilihan yang berkualitas di Ruangguru!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts