Mengulik Jurusan Pariwisata untukmu yang Hobi Jalan-jalan

Pariwisata_Header-01

Artikel ini membahas tentang seluk-beluk jurusan pariwisata, termasuk mata kuliah dan prospek kerjanya.

--

"Kuliah di jurusan farmasi males ah, aku anak IPS. Mau masuk IT juga nggak paham komputer. Ambil jurusan teknik? Susah ah. Ya udah ambil jurusan pariwisata aja, enak bisa jalan-jalan."

Squad, pernah membayangkan nggak nantinya kamu bisa berkarir sambil jalan-jalan? Untuk kamu yang hobi banget jalan-jalan, kamu bisa lho menggapai impian karir itu dengan ambil jurusan pariwisata.

Namun, sebelum benar-benar memutuskan untuk masuk ke jurusan pariwisata, yuk kita cari tahu dulu apa saja yang nantinya akan kamu pelajari serta bagaimana prospek kerja di jurusan pariwisata lewat ulasan berikut ini!

Di jurusan pariwisata, materi-materi pembelajarannya jelas berkaitan dengan semua hal mengenai pariwisata, seperti manajemen destinasi wisata, manajemen tur dan travel, hingga perhotelan. Setelah kamu lulus dari jurusan ini, kamu diharapkan sudah bisa tuh memberikan pelayanan pariwisata secara profesional.

Jurusan pariwisata biasanya tergabung dalam Fakultas Ilmu Budaya. Jurusan ini adalah jurusan yang paling menyenangkan. Tapi, jangan berpikir dulu kalau kamu nantinya akan selalu jalan-jalan ya, sebab di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengurus sebuah tur atau kegiatan pariwisata secara serius, bukan untuk main-main.

Baca Juga: Strategi Menentukan Pilihan Program Studi Pertama dan Kedua di SBMPTN 2019

Apa saja sih yang akan dipelajari anak jurusan pariwisata? Beberapa di antaranya adalah:

1. Statistik Pariwisata

Di mata kuliah ini, kamu akan belajar mengenai hitung-menghitung angka, yang dalam hal ini adalah menghitung jumlah kunjungan wisatawan ke suatu objek wisata dan mencari tahu demografi wisatawannya. Kamu akan lebih paham nih gimana cara membuat kebijakan pada suatu objek wisata.

2. Ekonomi Pariwisata

Iya, di jurusan pariwisata kamu juga akan belajar ekonomi. Dalam mata kuliah ini, kamu akan belajar untuk menganalisis seberapa besar dampak pariwisata pada suatu destinasi atau lokasi, baik secara makro dan mikro.

3. Ekowisata

Ekowisata bukan singkatan dari ekonomi pariwisata lho ya, keduanya berbeda. Di mata kuliah ini, kamu akan belajar bagaimana cara mengembangkan pariwisata berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi, dan aspek pendidikan.

4. Bahasa Asing

Nggak cuma belajar seluk beluk pariwisata, kamu akan belajar juga beberapa bahasa asing dalam jurusan ini. Bahasa-bahasa itu di antara lain adalah bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Korea, hingga bahasa Prancis. Apa tujuannya? Tentu untuk bekal kamu bila ingin mengembangkan lebih luas cakupan bisnis pariwisata yang kamu dirikan setelah lulus nanti.

Karakter yang harus kamu miliki

Lalu, karakter yang seperti apa sih yang calon mahasiswa miliki untuk sesuai di jurusan pariwisata ini? Pertama, kamu harus senang melakukan riset. Hal ini berguna banget karena kamu harus mencari tahu seperti apa destinasi wisata yang tepat. Melakukan riset juga termasuk mempelajari budaya-budaya pada destinasi wisata yang ingin dituju sehingga perjalanan wisatanya menjadi lebih menarik.

Kedua, punya keterampilan komunikasi. Karakter yang satu ini penting juga karena dalam karir pariwisata kamu nantinya akan bertemu dengan banyak orang atau wisatawan.

Ketiga, bisa bekerja sama secara tim. Kamu tentu tidak akan sendirian bila nantinya merintis usaha pariwisata, tetapi harus bisa bekerja sama dengan tim serta dengan para wisatawannya.

Baca Juga: Mau Diterima di Kampus Idaman seperti Maudy Ayunda? Ini Rahasianya

Prospek kerja lulusan Pariwisata

Nah, selanjutnya, bagaimana dengan prospek pekerjaan untuk lulusan jurusan pariwisata? Faktanya, prospek kerjanya terbuka luas, lho!

Dari yang paling seru, kamu bisa menjadi seorang pemandu wisata, seseorang yang biasanya bekerja sama dengan agen atau biro perjalanan. Sebagai pemandu, kamu akan berkewajiban untuk memberikan informasi kepada seluruh wisatawan mengenai hal-hal apa saja yang ada pada destinasi wisata yang dituju.

Prospek kerja lain untuk jurusan pariwisata adalah menjadi pengusaha perjalanan wisata. Kuliah di jurusan ini akan membuat kamu belajar bagaimana mengelola usaha pariwisata. Hal yang satu ini berbeda ya dengan seorang pemandu wisata. Sebagai pengusaha, kamu lah yang mendirikan sebuah agen atau biro perjalanan untuk para pemandu wisata.

Hal yang juga seru sebagai lulusan jurusan pariwisata adalah, kamu akan memiliki kemampuan untuk mengelola kawasan wisata. Misalnya nih, di daerah kamu ada lokasi yang bisa dijadikan lokasi wisata, kamu bisa tuh menerapkan ilmu-ilmu yang sudah dipelajari untuk menjadi pengelola tempat wisata di sana agar bisa lebih dikenal banyak orang sehingga akan banyak wisatawan yang berkunjung ke daerahmu.

Satu lagi nih, Squad, menurut Maulidan Isbar, seorang lulusan jurusan pariwisata Universitas Indonesia, ada beberapa kegiatan perkuliahan di jurusan ini yang mengharuskan para mahasiswanya untuk studi banding ke dalam dan luar negeri guna melihat dan mempelajari secara langsung kondisi di lapangan sebagai bahan pertimbangan antara teori dengan praktik. Kapan lagi bisa kuliah sambil jalan-jalan ke luar negeri?

Gimana Squad, apakah kamu sudah lebih yakin untuk memilih jurusan pariwisata? Yang jelas, kamu harus benar-benar menyukai bidang yang nantinya kamu pilih saat kuliah ya. So, semangat terus dalam belajar untuk bisa masuk ke universitas atau jurusan impianmu bersama ruangbelajar.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts