Ruangguru Blog

    4 Jurusan Perguruan Tinggi Paling Diminati Calon Mahasiswa Indonesia

    By Ruangguru · Apr 14, 2016

    Tidak terasa sebentar lagi SBMPTN 2016 akan segera diadakan. Banyak siswa sudah mulai memilih jurusan kuliah mereka, mungkin termasuk kamu. Bisa jadi, jurusan pilihan kamu termasuk ke dalam jurusan-jurusan favorit. Wah, berarti semakin ketat juga seleksi masuk ke jurusan-jurusan ini. Tapi apa saja sih alasan-alasan yang menyebabkan beberapa jurusan ini diminati?

    Teknik Informatika dan Komputer

    jurusan perguruan tinggi Foto: CNNIndonesia

    Jurusan ini paling banyak dipilih siswa di bidang Sains dan Teknologi. Terang saja, siswa seperti kamu adalah generasi ‘melek’ teknologi informasi karena tumbuh besar memakainya. Tidak heran kalau teknologi berpengaruh dengan minat dan bakat generasi kamu. Di bidang Teknik Informatika dan Komputer, kamu bisa membuat aplikasi atau membangun bisnis teknologi impian kamu. Belum lagi, tenaga ahli dari jurusan ini masih banyak dibutuhkan di Indonesia.

    Kalau kamu mau tahu bisa jadi apa setelah kuliah Teknik Informatika, coba lihat William Tanuwijaya, pendiri Tokopedia. Ia pernah bekerja di berbagai perusahan software developer dan game developer sebelum merintis Tokopedia di tahun 2009 bersama salah satu rekannya. Dulunya, ia menghabiskan masa kuliah di jurusan Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara.

    Manajemen

    jurusan perguruan tinggi Foto: Maicih.co.id

    Jurusan manajemen paling banyak dipilih dari bidang Sosial dan Humaniora. Kalau kamu memilih jurusan ini, kamu bisa belajar cara-cara mengelola suatu bisnis dan banyak hal, seperti kepemimpinan, budaya organisasi, dan perilaku konsumen. Jurusan Manajemen juga berhubungan sama ilmu-ilmu lainnya, sehingga kamu bakal jadi serba tahu lingkungan sekitar kamu. Selain itu, kamu juga akan dilatih untuk pintar berkomunikasi dan beradaptasi di lingkungan baru. Pokoknya banyak keuntungan, deh!

    Lulusan Manajemen dapat bekerja di mana saja, termasuk membangun bisnis sendiri. Pernah makan keripik pedas Maicih, nggak? Pendirinya adalah Reza Nurhilman yang sempat kuliah Manajemen di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Keripik ini sempat hits banget karena cara berjualan yang unik menggunakan media sosial Twitter. Sekarang, keripik ini dapat ditemukan di seluruh Indonesia.

    Kedokteran

    jurusan perguruan tinggi Foto: Dream.co.id

    Jurusan ini masih menjadi salah satu favorit siswa saat ini. Meskipun menempuh jurusan Kedokteran tidak mudah, jurusan ini sebenarnya layak untuk diperjuangkan, loh. Selain bisa mengabdi kepada masyarakat, kamu bisa mendalami banyak hal karena cakupan kedokteran sangat luas. Kamu bisa belajar ilmu gizi, ilmu gigi, sampai kedokteran hewan. Begitu lulus, kamu bisa bekerja di rumah sakit, departemen kesehatan yang ada di organisasi atau pemerintahan, hingga membuka klinik kamu sendiri. Mau menjadi dosen atau peneliti? Bisa banget!

    Meskipun persaingan masuk jurusan Kedoketeran terbilang ketat, jangan berkecil hati dulu. Bahkan remaja usia 19 tahun saja bisa lulus menjadi dokter. Dia adalah Riana Helmi, lulusan Fakultas Kedokteran dari Universitas Gajah Mada. Selain tercacat dalam rekor MURI sebagai lulusan Kedokteran termuda, ia juga lulus dengan predikat cumlaude. Salut!

    Akuntansi

    jurusan perguruan tinggi Foto: Tempo.com

    Jangan mengira jurusan Akuntansi hanya mempelajari tentang menghitung uang saja, guys. Di jurusan ini, kamu bukan hanya belajar tentang ilmu akuntansi dan ilmu keuangan, tapi juga pengetahuan tentang dunia perekonomian sampai teknologi informasi. Tapi tenang saja, kamu tidak harus ‘jago’ di bidang matematika untuk masuk ke jurusan ini, cukup memahaminya saja.

    Lapangan pekerjaan lulusan akuntansi juga luas, kok. Kamu bisa menjadi dosen atau guru besar akuntansi yang saat ini lagi dibutuhkan di Indonesia. Kamu juga bisa bekerja di divisi keuangan perusahaan swasta maupun negeri, bisa juga bekerja sendiri sebagai akuntan publik. Lihat saja mantan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Bapak Johnny Darmawan Danusasmita. Sebelumnya, Pak Johnny bekerja sebagai auditor di Price Waterhouse Cooper (PWC) Jakarta. Hmm, siapa bilang akuntan tidak bisa menjadi pemimpin perusahaan?

    Gimana, sudah tahu belum jurusan yang mau kamu ambil di ujian SBMPTN 2016 nanti? Mau pilihan kamu termasuk jurusan favorit seperti di atas atau tidak, pede saja sama pilihan kamu ya!

    Share this:

    Tags: study tips, Siap kuliah

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru