Seluk-beluk Jurusan Sastra Inggris dan Prospek Kerjanya

Jurusan sastra inggris

Program studi Sastra Inggris sangat diminati. Apa saja yang dipelajari dan gimana prospek kerjanya? Artikel ini akan menjelaskannya.

--

Kuliah di jurusan Sastra Inggris atau English literature selama ini banyak dipilih oleh para pelajar di Indonesia. Berbagai universitas negeri maupun swasta pun menyediakan jurusan ini sebagai salah satu program studinya. Tapi sebenarnya, seperti apa sih kuliah di jurusan Sastra Inggris itu? Apakah benar nantinya akan sulit mendapat pekerjaan setelah lulus?

“Aku pengin belajar bahasa Inggris biar cepat bisa. Kuliah di mana ya?”

“Di Sastra Inggris aja tuh. Daftar lewat SBMPTN.”

“Wah iya, bener juga.”

Eits, jangan salah kaprah dulu Squad. Walaupun nantinya kita memang belajar bahasa Inggris di jurusan Sastra Inggris, bukan berarti kuliah di jurusan ini adalah solusi yang tepat untukmu belajar bahasa Inggris biar cepat bisa menguasainya.

Karena nantinya, di semester pertama jurusan Sastra Inggris saja, kamu sebagai mahasiswa sudah harus menghadapi mata kuliah seperti reading, writing, speaking, listening, dan bahkan grammar, jadi nggak lagi belajar bahasa Inggris dari dasarnya.

Di jurusan Sastra Inggris, nantinya kamu juga akan fokus belajar pada kemampuan di bidang kesusastraan (literatur), kebahasaan (linguistik), dan kebudayaan yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Kuliah di jurusan Sastra Inggris nggak sama dengan sekadar ikut kursus bahasa Inggris ya, Squad.

Jurusan sastra inggris
Sastra Inggris. (Sumber: Merdeka.com)

Baca Juga: Ayo Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

Apa Saja yang Dipelajari di Sastra Inggris?

Ada begitu banyak yang akan dipelajari di jurusan Sastra Inggris. Namun, dirangkum dari berbagai sumber, hal-hal di bawah inilah yang paling penting yang nantinya akan kamu pelajari:

1. Bahasa

Berada di jurusan Sastra Inggris akan mengajarkanmu bahasa, baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Kamu akan lebih memahami berbagai macam kosakata, struktur gramatika, serta kemampuan untuk membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan bahasa Inggris. Mata kuliah yang satu ini yang bikin kamu bisa menguasai bahasa Inggris.

2. Sastra

Apa itu sastra? Di jurusan Sastra Inggris, kamu akan belajar gimana cara mengkaji sebuah karya sastra, baik itu prosa, novel, puisi, dongeng, drama, film, dan bahkan lagu. Namun, jangan salah ya Squad, mengkaji karya sastra berbeda dengan sekadar menulis “review”, melainkan harus berdasarkan berbagai macam teori dan metode analisis yang baik dan benar. Di mata kuliah ini, kamu akan menjadi lebih rajin membaca.

3. Ilmu Linguistik

Untuk kamu yang belum tahu, linguistik merupakan ilmu mengenai bahasa. Di mata kuliah yang satu ini, kamu akan mempelajari apa yang dikenal sebagai fonologi (bunyi sebuah bahasa), morfologi (bentuk kata dalam sebuah bahasa), sintaksis (bentuk frasa dan klausa dalam sebuah bahasa), semantik (makna dalam bahasa), hingga pragmatik (ujaran dalam bahasa).

4. Ilmu Penerjemahan

Nggak Squad, kamu nggak akan menjadi kamus berjalan setelah lulus dari Sastra Inggris kok! Di mata kuliah ini, kamu akan belajar gimana cara dan proses menerjemahkan teks yang baik dan benar. Kamu juga perlu menambah sebanyak mungkin kosakata dan wawasan dalam berbagai bidang seperti komputer, sains, kedokteran, ekonomi, politik, dan lain-lain agar bisa mengetahui padanan-padanan kata yang tepat untuk istilah-istilah asing dalam bidang-bidang tersebut.

5. Sejarah dan Budaya

Di Sastra Inggris, kamu nggak melulu belajar bahasanya saja, tetapi juga sejarah dan budaya bahasa asing tersebut. Segala pengetahuan sejarah dan budaya yang terkait dengan bahasa Inggris akan kamu pelajari seluruhnya.

Jurusan sastra inggris

Kemampuan Dasar Sebelum Masuk Sastra Inggris

Menurut Rabiana Nur Awalia, lulusan jurusan Sastra Inggris di Universitas Indonesia, kemampuan dasar yang harus dimiliki calon mahasiswa Sastra Inggris di antara lain adalah:

  • Memahami dan mampu mengolah informasi berupa kata-kata (termasuk memahami bacaan, mengungkapkan ide lewat tulisan dan ucapan).
  • Memahami simbol, huruf, diagram, gambar.
  • Memahami dasar-dasar Bahasa Inggris.

Poin terakhir di atas cukup penting. Sebagai seorang mahasiswa Sastra Inggris, kamu harus terbiasa berbicara menggunakan bahasa Inggris, terutama di dalam perkuliahan. Selama proses belajar di dalam kelas, dosen pun juga akan menjelaskan dengan bahasa Inggris. Presentasi, esai, dan tugas-tugas lainnya akan wajib memakai bahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga harus teliti, tekun, dan senang menganalisis. Ingat, kamu akan belajar mengenai bahasa, yang tentunya akan menuntut kamu untuk rajin membaca buku. Kemampuan-kemampuan dasar seperti yang disebutkan di atas minimal sudah kamu miliki ya, Squad.

Baca Juga: 5 Bahasa Asing Ini Wajib Kamu Kuasai

Kerja Apa Setelah Lulus dari Sastra Inggris?

Jangan percaya kalau ada yang bilang lulusan Sastra Inggris akan sulit mendapatkan pekerjaan. Karena faktanya, lulusan Sastra Inggris bisa bekerja di berbagai bidang mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional.

Menurut informasi dari Youthmanual, prospek kerja lulusan Sastra Inggris sangat terbuka lebar. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai content writer, copywriter, manajer sosial media, editor artikel, jurnalis, penulis buku, penerjemah, hingga guru bahasa Inggris.

Yang jelas, lulusan Sastra Inggris akan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik, yang bisa sangat bermanfaat untuk kehidupanmu kelak di masa yang akan datang untuk bisa berkomunikasi dengan lancar ke banyak orang dari seluruh dunia.

Nah Squad, itu dia seluk-beluk mengenai jurusan Sastra Inggris. Kamu mau meneruskan kuliah di jurusan ini? Yuk belajar yang giat dari sekarang! Kamu bisa berlangganan ruangbelajar untuk belajar bahasa Inggris lewat video animasi yang seru dan membuatmu lebih mudah memahami materinya dan mengerti dasar-dasarnya.

ruangbelajar

Beri Komentar