Mengenal Jurusan Statistika: Mata Kuliah, Kampus, Prospek Kerja

jurusan statistika

Artikel ini memperkenalkan jurusan Statistika, mulai dari mata kuliah yang dipelajari, kampus, hingga prospek kerjanya. Yuk, kita simak bersama!

 

Kamu udah tau belum, nih, Selasa tanggal 26 September nanti, kita akan memperingati Hari Statistik Nasional, lho!

Hari Statistik Nasional ditetapkan pada tahun 1996 bertepatan dengan 36 tahun lahirnya Undang-Undang No 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Sejak saat itu, setiap tanggal 26 September diperingati sebagai Hari Statistik Nasional.

Hmm, sepenting apa sih statistik ini sampai ada hari peringatannya segala?

Wah, penting banget. Coba, kamu masih inget nggak nih sama iklan sensus penduduk 2020? Hasil sensus penduduk akan dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan diolah menjadi sebuah data yang berguna untuk mendeskripsikan daerah.

Slogan “data memajukan bangsa” memang benar adanya. Karena dengan data yang akurat, pemerintah bisa mengetahui kebijakan yang tepat untuk pembangunan suatu daerah. Misal, perlu berapa lagi rumah sakit yang harus dibangun, sekolah mana yang perlu diperbaiki, hingga potensi apa yang dimiliki sebuah daerah agar dapat dikembangkan.

peran statistik dalam pemerintahan

 

Udah terbayang kan betapa pentingnya statistik? Sebagai ahli statistik, tentunya kamu harus menempuh pendidikan di program studi statistika. Yuk, bareng-bareng kita kulik bersama!

 

Mengenal Jurusan Statistika

Jurusan Statistika adalah program studi yang lebih menekankan pada perhitungan data, yang nantinya akan diolah dan disajikan menjadi informasi yang lebih sederhana dan mudah dipahami. Statistika sendiri merupakan turunan dari ilmu Matematika yang sangat kompleks, loh!

Biasanya, ilmu Statistika digunakan untuk memperoleh fakta sebagai sumber acuan untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Misalnya nih, dalam dunia Marketing, Statistika digunakan untuk memperoleh data-data valid yang nantinya akan digunakan perusahaan dalam mengambil keputusan yang sifatnya operasional.

Baca Juga: Bedah Jurusan Matematika, Apakah Cuma Sekedar Ngitung?

 

Apa Bedanya Statistika dengan Statistik?

Dari bahasan di atas, kamu udah sadar belum ada perbedaan kata statistik dan statistika. Apa sih perbedaannya? Jadi, statistik adalah sebuah kumpulan data, angka atau informasi. Sedangkan statistika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana data, angka, tersebut dikumpulkan, diolah, dan dianalisis untuk menghasilkan sebuah informasi yang bisa digunakan dalam pengambilan keputusan. Sederhananya, statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik.

bedanya statistika dengan statistik

 

Mata Kuliah Jurusan Statistika

Gimana, udah paham ya sama perbedaan dua kata tersebut? Nah, sebagai mahasiswa statistika, kamu bakal menemui berbagai mata kuliah yang tentunya membutuhkan ketajaman logika berpikirmu. Pada tahun pertama, kamu bakal berjumpa dengan mata kuliah metode statistika, yaitu dasar-dasar pengumpulan dan pengolahan data.

Lalu, dilanjutkan dengan mata kuliah komputasi statistika. Bagian ini, kamu akan belajar seputar analisis data, pengujian hipotesis, serta analisis korelasi dan regresi linier.

mata kuliah jurusan statistika

 

Selain mata kuliah di atas, kamu juga bakal nemuin berbagai mata kuliah lainnya yang tentunya akan berbeda di tiap perguruan tinggi. Jurusan statistika yang ada di IPB University contohnya, yang memiliki nama program studi Statistika dan Sains Data.

Di sana, kamu bakal belajar metode-metode statistika terkini yang berkaitan dengan big data, data yang berukuran sangat besar, cepat terkumpul, dan beragam. Contohnya, data ketika kamu berselancar di internet. Mulai dari hunting promo, stalking Instagram temennya temen, sampai kamu baca artikel ini, seluruhnya akan terekam di big data. Untuk itu, ilmu pengolahan big data bakal berguna banget di era digital seperti saat ini.

Statistika, mahasiswa idaman kamu seperti apa sih? Aku ingin memantaskan diri~

Merangkum penjelasan Alvin, teman saya lulusan statistika IPB University: untuk menjadi mahasiswa statistika, kamu harus senang sama angka, terampil dalam berpikir logis, dan suka itung-itungan (tapi bukan itung-itungan yang: “Sini ceban, gue kan udah ngirimin stiker whatsapp Bu Tejo” Pls ya, bukan itu. Huhu).

Baca Juga: Jurusan Ilmu Aktuaria: Mata Kuliah, Daftar Kampus, dan Prospek Kerja

 

Daftar Perguruan Tinggi dengan Jurusan Statistika

Di atas kan udah nyerempet dikit kampus IPB University yang punya jurusan kece, statistika. Nah, di bawah ini adalah daftar perguruan tinggi yang memiliki jurusan statistika dengan akreditasi  A.

daftar kampus dengan jurusan statistika

 

Lalu, lulusan Statistika itu gelarnya apa, sih? Berbeda kampus, maka akan berbeda pula gelarnya. Seperti, gelar S.Si (Sarjana Sains) akan disandang oleh lulusan Statistika UGM dan Unhas. Sedangkan untuk lulusan statistika IPB University dan Undip, akan mendapatkan gelar S.Stat (Sarjana Statistika).

Selain perguruan tinggi di atas, ada juga sekolah kedinasan statistika bernama Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS). Mata kuliah yang dipelajari nggak jauh beda, kok. Yang membedakan hanyalah ikatan dinas yang melekat bagi siswa STIS. Setelah lulus, mereka akan ditempatkan di BPS, baik kantor pusat maupun daerah di penjuru Indonesia.

 

Prospek Kerja Jurusan Statistika

Nah, gimana kalo prospek kerjanya? Kuliah jadi statistika tuh bakal jadi apa aja sih? Statistika adalah ilmu yang dipakai oleh semua sektor. Mulai dari bisnis sampai pemerintahan. “Fleksibel banget. Sekarang, tiap perusahaan pasti pakai data. Dan yang punya ilmu soal data? Ya anak statistika!” Ujar Alvin. Tuh, jadi nggak usah khawatir ya karena luas banget prospek kerjanya. Pokoknya, semua sektor perusahaan butuh kamu~

prospek kerja jurusan statistika

 

Sepertinya udah lengkap ya ulasan seputar jurusan Statistika. Gimana, udah tertarik dong jadi mahasiswa Statistika? Nah, biar kamu semangat buat masuk jurusan kece ini, Alvin mau berbagi suka duka menjadi mahasiswa Statistika nih, simak ya!

Baca Juga: 30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA yang Peluang Kerjanya Besar!

“Dukanya, kita akan ketemu angka dan rumus setiap hari. Kalau senengnya, banyak banget! Karena di statistika sering diadakan olimpiade antaruniversitas, kita bakal punya banyak relasi dari kampus berbeda. Terus, di jurusan ini kita nggak cuma belajar ilmu statistika tapi juga belajar memecahkan masalah dari bidang ilmu lain. Makanya, nggak jarang temen-temen mahasiswa dari jurusan lain minta bantuan ke kita buat olah data. Ya, itung-itung jadi bisa memperluas ilmu dan tentunya mengimprove ilmu yang udah kita punya. ”

Dengan keilmuan yang terkini, ditambah prospek kerja yang luas, membuat Statistika menjadi jurusan favorit di tiap kampus.

Oke, itulah informasi seputar Jurusan Statistika, mulai dari mata kuliah, daftar kampus, hingga prospek kerjanya, ya. Siapa nih yang jadi tertarik untuk masuk ke program studi satu ini? Untuk itu, kamu perlu banyak mempersiapkan diri dengan belajar dan berlatih berbagai soal. Nah, di ruangbelajar, kamu bakal nemuin segudang latihan soal dan video animasi yang tentunya bikin belajar makin seru. Yuk, gabung sekarang!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

‘Undergraduate Curriculum’, 2020  [Daring]. Tautan: https://www.stat.ipb.ac.id/main/undergraduate-curriculum/. (Diakses: 22 September 2020).

‘Daftar Mata Kuliah dan Module Handbooks’ [Daring]. Tautan: https://s1stat.fmipa.ugm.ac.id/id/list-of-courses-and-module-handbooks/. (Diakses: 22 September 2020).

‘Jurusan Statistika: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap’ [Daring]. Tautan: https://danacita.co.id/blog/jurusan-statistika-info-mata-kuliah-prospek-kerja-lengkap/#:~:text=Ini%20dia%20penjelasannya.-,Apa%20itu%20jurusan%20statistika%3F,lebih%20sederhana%20dan%20mudah%20dipahami. (Diakses: 25 September 2023).

 

Artikel ini terakhir diperbarui pada 25 September 2023.

Flamora Gresafira