Jurusan Teknik Perkapalan: Belajar Merancang dan Membuat Kapal

Olivia Yunita Jul 31, 2020 • 3 min read


Pojok_Kampus__Jurusan_Teknik_Perkapalan_Belajar_Merancang_dan_Membuat_Kapal-01

Artikel ini membahas jurusan Teknik Perkapalan mulai dari apa yang dipelajari hingga prospek kerjanya.

--

Bagi kamu penggemar film pasti nggak asing lagi dong sama film Titanic? Film yang semua adegannya berlangsung di sebuah kapal mewah itu, sangat booming pada masanya. Tahukah kamu, ternyata kapal bernama RMS Titanic tersebut merupakan kapal terbesar lho dalam armada perusahaan perkapalan Britania White Star Line.

Jurusan Teknik Perkapalan: Belajar Merancang dan Membuat Kapal

Ilustrasi 3D Kapal RMS Titanic (Sumber: thetechjournal.com)

Nah, kamu tertarik membuat kapal mewah seperti Titanic? Jurusan Teknik Perkapalan akan membantu kamu mewujudkannya, lho. Mau tau seperti apa jurusan ini? Simak, artikel ini ya!

Apa itu jurusan Teknik Perkapalan?

Pada jurusan Teknik Perkapalan, kamu akan belajar mengenai perancangan dan pembuatan kapal dimulai dari desain, pemilihan bahan, produksi, perawatan, hingga pengoperasian kapal. Nggak hanya itu, di Teknik Perkapalan kamu juga akan mempelajari cara pengembangan sistem transportasi dan pengoperasian bisnis kapal, lho. Gimana? Banyak banget ‘kan ilmu yang bisa kamu peroleh di jurusan ini.

Baca juga: Langka! 9 Jurusan Ini Hanya Ada Satu di Indonesia

Di semester pertama dan kedua kamu akan dibekali mata kuliah dasar umum (fisika, kimia, dan matematika), basic science, dan ilmu dasar perkapalan. Selain mata kuliah yang bersifat tatap muka, kamu juga mendapatkan mata kuliah praktikum seperti praktikum pengaplikasian software perancangan kapal CAD (Computer Aided Design) menggunakan Autocad dan Maxsurf.

Jurusan Teknik Perkapalan Belajar Merancang dan Membuat Kapal

Selain mata kuliah wajib, di Teknik Perkapalan juga ada nih mata kuliah pilihan. Biasanya mata kuliah pilihan tersebut akan berbeda-beda setiap universitas ya. Pada Universitas Indonesia misalnya, mata kuliah pilihan yang bisa kamu ambil antara lain Bangunan Lepas Pantai, Manajemen Transportasi Laut dan Kepelabuhan, Hukum dan Peraturan Kemaritiman, Kapal Khusus, Manajemen Produksi Kapal, Optimasi Sistem Energi, Manajemen Energi Maritim, Keselamatan Kemaritiman, dan Teknik Las Lanjut.

Jurusan Teknik Perkapalan: Belajar Merancang dan Membuat Kapal

Salah satu desain bangunan lepas pantai (Sumber: Liputan6.com)

Dibandingkan dengan UI, ternyata mata kuliah pilihan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) lebih banyak dan bervariasi, lho. Kamu bisa mengambil mata kuliah pilihan seperti Kapal Khusus, Kapal Kecil, Desain dan Produksi Kapal dibantu Komputer, Desain dan Produksi Kapal Ikan, Bangunan Lepas Pantai, Kapal Cepat, Kapal Tanpa Awak, Keandalan Struktur, Getaran Kapal, Inspeksi Las, Manajemen Resiko, Manajemen Mutu, Manajemen Proyek, Bisnis Perkapalan, dan Produksi Kapal Non Ferro

Pojok_Kampus__Jurusan_Teknik_Perkapalan_Belajar_Merancang_dan_Membuat_Kapal_Tahukah_Kamu-01

Gimana prospek kerja dari lulusan teknik perkapalan?

Sebagai lulusan jurusan Teknik Perkapalan, kamu bisa bekerja di berbagai bidang seperti industri maritim, industri perkapalan, pemerintahan, industri rekayasa, institusi pendidikan, bahkan industri perkapalan minyak bumi dan gas baik dalam negeri maupun luar negeri.

Jurusan Teknik Perkapalan: Belajar Merancang dan Membuat Kapal

Nah, selain akan menguasai banyak ilmu tentang perkapalan, ternyata lulusan jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang luas ‘kan. Tertarik masuk jurusan Teknik Perkapalan? Yuk, persiapkan dirimu dengan video beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar