Jurusan Teknologi Pendidikan: Memajukan Pendidikan Indonesia dengan Bantuan Teknologi

Shabrina Alfari

May 2, 2019 • 3 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


jurusan teknologi pendidikan

Artikel ini membahas jurusan Teknologi Pendidikan, mulai dari gambaran jurusan, mata kuliah, hingga prospek kerjanya

--

Squad, teknologi yang berkembang dengan begitu pesat sudah mempengaruhi begitu banyak aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi bisa membantu proses kegiatan belajar menjadi lebih efisien dan lancar. Selain itu, masih banyak yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dengan bantuan teknologi. Hanya saja diperlukan orang-orang yang tepat untuk mengelolanya agar pendidikan dan teknologi bisa berperan bersama. Nah, kamu bisa memilih jurusan teknologi pendidikan Squad.

Apa itu jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan?

Program studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan berfokus pada pengembangan kurikulum pendidikan dan pemanfaatan teknologi bagi dunia pendidikan. Jurusan ini juga akan spesifik membekali kamu dengan pemahaman tentang kurikulum sehingga kamu bisa menjadi lulusan yang mampu menyiapkan solusi dan mengembangkan kurikulum yang cocok bagi pendidikan di Indonesia.

jurusan teknologi pendidikanBelajar dengan teknologi (Sumber: news.mit.edu)

Tidak hanya mengenal kurikulum pendidikan dengan baik, kamu juga akan disiapkan untuk bisa fasih dalam menggunakan teknologi dan komunikasi untuk dunia pendidikan dan proses belajar mengajar. Psst, pemanfaatan teknologi secara tepat dapat membantu proses belajar mengajar menjadi lebih lancar dan efisien, lho.

Oleh sebab itu, teknologi pendidikan punya peran yang cukup signifikan dalam pengembangan kurikulum. Dengan melibatkan teknologi dalam pengembangan kurikulum juga akan membuat kurikulum tersebut menjadi lebih relevan bagi peserta didik untuk menyongsong dunia kerja. Tentu mau dong menjadi milenial yang melek teknologi sekaligus bisa memperbaiki kualitas dunia pendidikan Indonesia?

Mata kuliah penting yang akan kamu pelajari

  1. Teknologi Pendidikan
  2. Media pembelajaran
  3. Strategi Pembelajaran
  4. Pengantar Kurikulum
  5. Profesi Teknologi Pendidikan
  6. Desain Pembelajaran
  7. Statistik Pendidikan
  8. Pengembangan Belajar Online atau E-learning
  9. Inovasi Pendidikan

jurusan teknologi pendidikan

Alasan kamu harus pilih jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Squad, sudah jelas banget ‘kan kalau teknologi dan pendidikan adalah dua hal yang jika digabungkan bisa menciptakan suatu solusi untuk berbagai masalah. So, untuk kamu yang punya ketertarikan dalam bidang pendidikan dan teknologi praktis, jurusan ini harus menjadi prioritas utama kamu. Kesukaanmu pada teknologi tidak akan terbuang sia-sia apabila kamu bisa memanfaatkannya untuk kelancaran proses belajar mengajar dan pengembangan kurikulum yang tepat guna.

jurusan teknologi pendidikanPendidikan yang modern (Sumber: minitex.umn.edu)

Selain untuk kamu yang passion pada dunia pendidikan, jurusan ini juga cocok banget untuk kamu yang mau berpikir kreatif dan inovatif serta memiliki kepedulian tinggi pada pengembangan kualitas pendidikan. Kamu juga harus bisa berpikir visioner, terbuka terhadap banyak kemungkinan, mudah beradaptasi, serta antusias terhadap hal baru.

Prospek kerja jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Walaupun terdapat kata pendidikan, kamu tidak dididik untuk menjadi calon guru, melainkan untuk menjadi ahli dalam tenaga kependidikan. Saat ini, banyak lulusannya yang bekerja sebagai pengelola, perencana, pengembang, pembuat, penilai dan pengguna sistem serta komponen pembelajaran di Departemen atau Lembaga Negara, TNI/Kepolisian, di perguruan tinggi, Lembaga Diklat, ataupun Media.

jurusan teknologi pendidikanProspek kerja Teknologi Pendidikan (Sumber: youthmanual.com)

Perkembangan teknologi mau tidak mau menuntut dunia pendidikan berubah dan beradaptasi. Bahkan, teknologi juga sudah mempengaruhi proses belajar, cara berkomunikasi, dan perancangan kurikulum. Maka dari itu, sekolah dan lembaga pendidikan membutuhkan orang yang menguasai bidang kurikulum dan teknologi pendidikan.

Ruangguru sendiri merupakan salah contoh inovasi di bidang teknologi pendidikan. Dengan menggunakan Ruangguru, kamu bisa lebih mudah belajar di mana saja dan kapan saja melalui video belajar beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis di ruangbelajar. Sudah banyak lho yang merasakan kemudahan belajar bersama Ruangguru. Bagaimana dengan kamu?

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts