Kaidah Kebahasaan dari Narrative Text

Created by : Shabrina Alfari
on May 17, 2018 3:23:59 PM

Bahasa Inggris_9

Once upon a time, there was a man who was living in North Sumatra. One day, he caught a big golden fish in his trap and it turned into a beautiful princess. They got married, lived happily and had a daughter. Few years later, the man was angry with his daughter and shouted that she was daughter of a fish. The man had broken his promise. Soon the whole area got flooded and became Toba Lake. The woman turned back into a fish and the man became the island of Samosir.

Squad, kali ini kita akan membahas tentang language features of narrative text (kaidah-kaidah bahasa pada teks naratif). Sebelum kita membahas satu persatu mengenai kaidah-kaidah bahasa khususnya pada teks naratif, kita harus tahu terlebih dahulu nih, apa sih yang dimaksud dengan kaidah bahasa pada teks itu? Kaidah bahasa pada teks adalah aspek kualitas atau ciri khas yang menonjol pada suatu teks. Nah, langsung saja kita pelajari ya.

Kaidah Kebahasaan Teks Naratif 

1. Simple Past Tense

Kaidah bahasa pertama yang digunakan yaitu simple past tense. Masih ingatkan bagaimana bentuk past tense? Kalau lupa, coba baca artikel sebelumnya ya! Nah, dalam teks naratif, kita menggunakan simple past tense karena cerita ataupun kejadiannya sudah terjadi di masa lalu.

2. Action verbs atau kata kerja aksi

Kemudian, kaidah bahasa kedua yang digunakan yaitu action verbs atau jenis kata kerja yang menunjukkan suatu aksi atau tindakan yang tampak, mencakup aktivitas, proses dan aksi sesaat. Action verbs banyak sekali digunakan dalam teks naratif untuk menceritakan apa saja yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita tersebut.

3. Prepositional phrases atau kata keterangan

Selanjutnya, kaidah bahasa ketiga yang digunakan yaitu prepositional phrases atau kata keterangan yang digunakan untuk menunjukkan waktu dan lokasi peristiwa dan kata sifat yang membentuk frasa kata benda.

4. Adjective atau kata sifat

Terakhir, kaidah bahasa yang digunakan yaitu adjective. Kata sifat termasuk salah satu kata yang banyak ditemukan dalam teks naratif karena dengan menggunakan kata sifat, kita bisa menjelaskan karakteristik dari tokoh yang ada di dalam cerita tersebut. Apa saja ya bentuk kata sifat itu?

Adjectives adalah kata sifat yang mendeskripsikan kata benda. Dalam grammar, adjective memberi sedikit perbedaan arti pada sebuah kata benda. Contoh: intelligent student, lazy student, good student.

Ciri-ciri kata sifat bisa ditentukan dari beberapa hal:

Opinion Adjectives

General                : good, bad, beautiful, etc

More Specific    : comfortable, clean, expensive, etc

Descriptive Adjectives

Size        : small, big, etc

Age        : old, young, etc

Shape   : round, square, etc

Color     : green, red, etc

Origin    : American, Japanese, etc

Material    : leather, metal, plastic, etc

Participial Adjective

Kata sifat yang berasal dari kata kerja aktif dan pasif yang diubah menjadi sebuah kata sifat untuk menerangkan kata benda. Participial Adjective biasanya memiliki imbuhan –ed dan –ing yang bukan merupakan bentuk present participle atau past form pada kata kerja Continuous atau Past tenses.

Contoh:   

- The problem confuses the students.

- It is a confusing problem.

- The students are confused by the problems.

- They are confused students.

Nah, itulah empat language features yang dapat kita pelajari dalam membedah sebuah teks naratif. Jika kamu merasa masih membutuhkan bantuan dari guru bahasa Inggris berkualitas, kamu bisa mencari guru privat di ruangles. Kamu bisa mencari guru yang sesuai dengan kriteria dan daerah asalmu lho! Yuk, temukan gurumu sekarang.

New Call-to-action

 

Tags: konsep pelajaran SMP kelas ix bahasa inggris ix

Beri Komentar