Kakeibo, Seni Mengelola Keuangan ala Jepang yang Cocok untuk Milenial

Jumroh

Apr 8, 2019 • 4 min read

Sukses Kerja tips & trick


Artikel ini membahas tentang bagaimana mengelola keuangan agar tetap hemat ala Jepang

--

Menghemat keuangan memang susah-susah gampang, tak jarang sebagian dari kita sudah berhasil melakukan penghematan namun tiba-tiba di tengah jalan terhenti karena ada hal yang membutuhkan pengeluaran uang mendadak. Tentunya hal ini akan merusak rincian awal anggaran Anda bukan? Nah, jika sudah seperti ini cobalah untuk mengelola keuangan Anda dengan seni Kakeibo. Ini dia ternyata rahasia orang Jepang bisa hidup hemat. Teknik ini diperkenalkan oleh Hani Matoko, seorang jurnalis wanita pertama Jepang pada tahun 1904. Lalu, bagaimana sih cara penghematan uang ala Kakeibo?

1. Buat rincian pemasukan dan urutkan daftar kebutuhan

Menghemat uang ala Jepang

Membuat daftar rincian kebutuhan bulanan (Sumber: IDN Times)

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memulai seni menghemat uang ala Kakeibo adalah dengan membuat rincian pemasukan. Anda bisa menuliskan pemasukan pasti Anda seperti gaji bulanan, jika ada pendapatan tambahan lain, Anda juga bisa memasukkannya ke dalam catatan tersebut sehingga tidak hanya terpaku pada angka gaji bulanan. Pendapatan sampingan biasanya jumlahnya tidak menentu dan berbeda tiap bulannya sehingga sangat berbahaya untuk memicu Anda menjadi boros. Selanjutnya buat daftar kebutuhan yang utama, seperti anggaran untuk makan, transportasi, sewa kontrakan atau kost, bayar kartu kredit, dan lainnya.

2. Siapkan amplop untuk beberapa kategori pengeluaran

Menyiapkan amplop untuk beberapa kategori pengeluaran Anda (Sumber: Yukkepo.com)

Setelah Anda selesai dengan catatan rincian di awal bulan, selanjutnya Anda bisa melanjutkan tahap dari Kakeibo yaitu menyiapkan amplop untuk beberapa kategori pengeluaran. Buatlah amplop dengan berbagai kategori seperti amplop anggaran pokok, amplop anggaran pendamping, amplop anggaran rekreasi dan amplop anggaran darurat. Amplop kategori pengeluaran ini akan sangat membantu Anda dalam mengatur pengeluaran karena dalam amplop tersebut telah tersedia uang yang pas untuk pengeluaran Anda, sehingga pengeluaran bulanan Anda akan teratur.

Dalam mengelola keuangan dengan teknik Kakeibo, disarankan untuk menggunakan amplop untuk menyimpan anggara Anda, khususnya pengeluaran harian. Namun, jika Anda menggunakan aplikasi perbankan digital, Anda juga bisa melakukannya dengan membagi-bagi keuangan Anda secara online tanpa harus menarik tunai.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi

3. Mencatat pengeluaran sehari-hari

Membuat catatan pengeluaran sehari-hari (Sumber: Beauty Journal Sociola)

Untuk sebagian orang, mencatat pengeluaran harian memang membosankan, namun ternyata hal ini sangat berguna untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan. Jika Anda tidak mau repot menuliskan pengeluaran harian pada kertas, maka Anda bisa menuliskannya pada note di smartphone Anda atau dengan menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang sudah tersedia di App Store dan Play Store, agar bisa Anda periksa setiap saat dan Anda bisa mengontrolnya ketika akan mengambil uang di tabungan Anda. Selain itu, manfaat lain dari mencatat pengeluaran harian adalah Anda akan berpikir ulang ketika akan membeli sesuatu, karena sebelumnya Anda telah menentukan jumlah maksimal untuk pengeluaran di beberapa kategori.

4. Bandingkan pengeluaran Anda bulan ini dengan catatan rincian di awal bulan

Coba bandingkan daftar rincian kebutuhan di awal bulan dengan catatan akhir bulan Anda (Sumber: Shutterstock)

Coba lah teliti apakah jumlah pengeluaran Anda sinkron dengan catatan pengeluaran sehari-hari? Apakah imbang dengan daftar kebutuhan yang Anda buat di awal bulan? Jika sinkron, maka jurus Kakeibo Anda berhasil. Namun, jika tidak maka Anda harus meneliti kembali bagian mana yang kurang cocok, misalkan ketika awal bulan Anda hanya mencatat pengeluaran pokok, pendamping, dan rekreasi. Namun terjadi pengeluaran ekstra untuk membeli barang diskon, maka Anda perlu mengevaluasi karena pengeluaran tersebut tidak dapat masuk kategori pengeluaran darurat.

Teknik Kakeibo ini pada dasarnya merupakan teknik pengelolaan keuangan yang biasanya dilakukan oleh wanita atau ibu rumah tangga di Jepang yang biasa mengelola keuangan sehari-hari dalam keluarga. Teknik ini juga diulas kembali oleh  Fumiko Chiba dalam sebuah buku berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money (2017). Dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang mengatakan "menabung adalah tentang membelanjakan uang dengan baik."

Nah, Rekan Kerja, kini apakah Anda sudah membelanjakan uang Anda dengan baik? Jika belum, cobalah teknik Kakeibo ini untuk membantu mengelola keuangan Anda. Selain itu, Anda juga bisa membaca tips dan trik menghemat keuangan yang bisa Anda baca di aplikasi ruangkerja. Caranya cukup mudah, Anda tinggal download aplikasinya dengan mengklik gambar di bawah ini. Gratis!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts