4 Kampus yang Membuka Mata Kuliah Kekinian Big Data

big data

Artikel ini memberikan informasi empat kampus di Indonesia yang membuka mata kuliah kekinian di bidang big data

--

“Siapa yang menguasai data, maka dia akan menguasai dunia.” Data merupakan salah satu elemen utama di era Revolusi Industri 4.0. Perkembangan teknologi dan informasi membuat banyak sekali data beredar secara cepat di berbagai media elektronik. Hal inilah yang dikenal dengan istilah big data. Peredaran big data sangat penting dalam berbagai aspek, termasuk untuk membuat keputusan penting dari segi bisnis hingga kebijakan.

big dataBig data (Sumber: kompas.com)

Kebutuhan akan profesional dengan kemampuan mengolah dan menganalisis data pun semakin tinggi. Sayangnya, di Indonesia masih sangat minim program studi dan lulusan dengan konsentrasi pengolahan big data. Nah untuk menjawab kebutuhan dunia kerja ini, beberapa perguruan tinggi pun membuka program studi atau mata kuliah kekinian yang berhubungan dengan big data. Dilansir dari kompas.com, ini dia daftarnya.

Baca juga: 7 Jurusan Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Besar

1. Universitas Indonesia

big dataFEB UI (Sumber: anakui.com)

Kampus yang termasuk ke dalam salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia ini menyediakan mata kuliah yang membahas mengenai big data melalui kelas dengan mata kuliah Big Data dan Komputasi Kognitif di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), yang dibuka sejak Februari 2018.

Universitas Indonesia menghadirkan mata kuliah ini atas kerja sama dengan perusahaan teknologi IBM Indonesia. Dengan adanya mata kuliah ini diharapkan mahasiswa FEB UI dapat mempunyai kemampuan data analytic (analisis data) yang tinggi.

2. Universitas Negeri Jakarta

big dataUniversitas Negeri Jakarta (Sumber: unj.ac.id)

Universitas Negeri Jakarta juga menghadirkan mata kuliah Introduction to Coding and Big Data dengan tujuan agar para mahasiswa bisa mengetahui tentang pemrograman dan big data sejak di bangku kuliah. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengembangkan ilmunya dan bersaing dalam dunia kerja yang saat ini menuntut untuk mempunyai kemampuan pemrograman. Tertarik untuk bergabung di jurusan ini?

3. Universitas Gadjah Mada

big dataUniversitas Gadjah Mada (Sumber: siedoo.com)

Universitas Gadjah Mada Yogyakarta juga menjadi salah satu kampus negeri yang memberikan materi mengenai big data, yaitu berupa mata kuliah Analisis Big Data yang dihadirkan pada program S2 dan S3. Pemberian mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang definisi, lingkup, komponen, dan arsitektur big data. Fokusnya adalah pada pemanfaatan teknologi dan pemrosesan big data untuk membantu penelitian.

4. Universitas Multimedia Nusantara

Apabila sebelumnya beberapa kampus hanya membuka mata kuliah yang berhubungan dengan big data, berbeda dengan UMN yang membuka program studi Sistem Informasi dengan peminatan Business Intelligence. Bidang keahlian dari jurusan ini yang dapat dilakukan antara lain Data Analyst, Data Warehouse, Data Mining, Data Visualization, dan Decision Support Systems.

big dataUMN (Sumber: wikipedia.org)

Kehadiran dari prodi ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang mampu mengolah informasi berukuran besar atau tidak beraturan, dan menyajikannya dalam bentuk yang lebih mudah dipahami. Para lulusannya juga harus memiliki wawasan internasional, berkompeten di bidang analisis, perancangan, dan implementasi sistem informasi, serta berjiwa wirausaha.

Big data telah banyak digunakan oleh para peneliti di berbagai bidang lho, mulai dari bisnis online, pencegahan kriminal dan kebakaran, bisnis, asuransi, pencegahan penyakit, dan sebagainya. So, mau menjadi ahli di bidang big data? Kamu bisa masuk salah satu kampus di atas! Ayo, mulai persiapkan dirimu agar bisa masuk ke kampus dan jurusan impian bersama ruangbelajar.

TPS UTBK 2020

Beri Komentar