Kamu Memilih Gap Year? Ternyata Ini Lho Manfaat Gap Year

Putri Amalia Ramadhani

Sep 23, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


Find me on:

Manfaat gap year

Artikel ini membahas tentang manfaat dari gap year dan hal-hal yang bisa dilakukan selama gap year

--

Kamu pasti sudah membayangkan setelah lulus sekolah nanti akan memilih kampus yang kamu sudah sangat idam-idamkan. Semuanya akan terasa indah ketika membayangkan semua planning masa depan kamu berjalan dengan mulus. Namun, saat rencanamu tidak berjalan dengan mulus nggak ada salahnya kamu untuk memilih gap year..

Dilansir oleh Thesaurus.com, gap year atau yang juga dikenal dengan istilah sabbatical year adalah sebuah periode dimana seseorang mengambil rehat dari sekolah untuk bepergian, bekerja, atau volunter yang biasanya dilakukan setelah lulus SMA dan sebelum mulai kuliah. Nah, setelah kamu tau apa itu gap year, apakah kamu memilih untuk gap year? Eits, tapi sebelum kamu memutuskan untuk gap year, yuk ketahui dulu manfaat gap year berikut ini. 

 

1. Gap Year Bisa Jadi Alat untuk Nemuin Passion Kamu

Di era digital sekarang ini banyak sekali perusahaan yang sangat menghargai passion para pekerja pemulanya. Menurut beberapa CEO perusahaan terkenal, para newly worker ini diibaratkan seperti hidden gems yang bisa menjadi aset mereka di masa mendatang.

manfaat gap year

(Sumber: theteachersdigest.com)

Ketika kamu sudah menemukan passion yang ada dalam dirimu, akan semakin jelas pula arah mana yang akan kamu tuju. So, dengan kamu memilih gap year, kamu akan punya waktu lebih untuk menganalisa  passion apa yang ada pada dirimu sendiri. 

2. Gap Year Bisa Asah Skill dan Menambah Pengalaman Kamu

Setelah kamu menemukan passion kamu, mulailah dengan mencari kegiatan yang berkaitan dengan hal yang ingin kamu tekuni tersebut. Kegiatan yang bisa kamu lakukan misalnya dengan magang di suatu perusahaan. Magang biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin menambah pengalaman kerja mereka dibidang tertentu. Selain itu, magang juga sangat bermanfaat untuk mengasah skill kamu dan menambah portofolio untuk menjadi bahan pertimbangan di pekerjaan impian kamu nantinya. 

manfaat gap year

(Sumber: theflindersnews.com.au)

Mengunjungi tempat-tempat favoritmu juga bisa jadi opsi untuk mengisi gap year yang sedang kamu jalani, lho. Dengan kamu explore tempat-tempat baru, kamu akan mendapat suasana baru dan teman-teman baru yang akan memperluas sudut pandangmu akan dunia luar.

3. Gap Year Akan Membuatmu Mudah Beradaptasi di Tempat Baru

manfaat gap year

(Sumber: creatoracademy.youtube.com)

Di masa gap year, kamu juga bisa bergabung dengan community baru, kelompok pertemanan baru, dan bahkan bahasa atau budaya baru. Semua kebaruan itu menuntut kamu untuk beradaptasi dengan baik. Dengan begitu, ketika kamu kuliah nanti, kamu tidak akan kaget menemukan orang-orang baru, yang mungkin berbeda 180 derajat dari diri kamu.

4. Gap Year Bisa Digunakan untuk Les Pendalaman Materi Ujian Seleksi Masuk PTN

Daripada harus tetap kuliah tapi setengah-setengah karena sebetulnya nggak sesuai dengan minatmu, nggak apa-apa kok jika memang harus menundanya lebih dulu. Untuk mengisi waktu selama masa gap year, kamu bisa mengikuti les agar belajarmu jadi lebih maksimal.

manfaat gap year

(Sumber: esda.co.id)

Selain itu, kalau kamu ingin bersungguh-sungguh diterima di PTN impian, kamu bisa mengikuti les pendalaman materi ujian seleksi masuk PTN, lho. Dengan mengikutinya, kamu bisa mengasah otakmu sehingga saat ujian seleksi masuk PTN, kamu bisa menjawab soal-soalnya dengan mudah. Psst, kamu bisa lho belajar di mana aja dan kapan saja untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi dengan video beranimasi di ruangbelajar.

Pada intinya, gap year bermanfaat supaya kamu mempunyai ruang untuk memahami potensi dalam dirimu, sekaligus menambah waktu kamu dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi di tahun berikutnya. Mau belajar lebih mudah selama gap year? Ayo, pelajari materi ujian seleksi masuk PTN dengan video animasi yang menarik, latihan soal-soal HOTS dan rangkuman infografis di ruangbelajar.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts