5 Manfaat Statistik untuk Perkembangan Indonesia

Squad, tahukah kamu sejak tahun 1960 di setiap tanggal 26 September diperingati sebagai peringatan Hari Statistik Nasional (HSN)? Wah, apa itu statistik? Mungkin sebagian dari kamu masih merasa asing dengan kata ini, bukan? Secara umum, statistik berarti ilmu yang berkenaan dengan data. Kalau di mata pelajaran sekolah, maka materinya termasuk dalam bidang studi matematika. Hmm, sepertinya rumit ya? Eits, tapi ternyata banyak sekali fungsi statistik khususnya dalam pembangunan negara kita, lho. Apa saja memangnya? Simak lebih lanjut untuk selengkapnya!

1. Mengetahui jumlah penduduk

manfaat statistik

Populasi di Ibukota Jakarta (Sumber: Oxford Economics)

Statistik menyajikan kumpulan data yang selanjutnya dianalisis dan dipresentasikan sebagai hasil sensus penduduk. Kamu cukup familiar ‘kan dengan hal tersebut? Biasanya petugas sensus akan mendatangi setiap rumah satu per satu di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Tujuannya untuk menghitung jumlah warga penduduk. Biasanya hal ini kerap dilakukan saat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan pengumpulan pajak. Pelaksana sensus atau cacah jiwa ini dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Kamu pernah bertemu langsung dengan pelaksana sensus yang datang ke rumah?

2. Penghitungan cepat (Quick Count) dalam Pemilu

manfaat statistik 

Penghitungan hasil quick count (Sumber: Litbang Kompas)

Pada 27 Juni lalu, Ridwan Kamil ramai diberikan ucapan selamat melalui sosial media karena memenangi hasil quick count dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat. Padahal, beliau baru benar-benar dilantik menjadi gubernur pada 5 September kemarin, lho. Dengan bantuan statistik, masyarakat memang bisa lebih cepat mengetahui hasil Pemilu. Walau  bukan hasil sebenarnya, namun akan cenderung sesuai dengan hasil akhir. Sebab, quick count memproyeksikan dengan menggunakan sample.

3. Meninjau kenaikan atau turunnya harga barang

Setiap awal bulan, BPS selalu merilis hasil inflasi (kenaikan harga) untuk disampaikan pada publik. Mantan Kepala BPS, Suryamin menyampaikan bahwa ini adalah pengumuman inflasi tercepat di dunia. Indonesia boleh berbangga diri dalam perannya memimpin statistik di kancah internasional. Sehingga, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui apakah ada kenaikan atau justru penurunan harga barang dan jasa di bulan sebelumnya. Gunanya, untuk terus memantau dan menghindari krisis ekonomi.

4. Mendukung kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)

manfaat statistik

(AI dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Sumber: becominghuman.ai)

Robot-robot pintar yang dikembangkan dengan peranti lunak juga disusun berdasarkan sekumpulan data, agar dapat menjadi replika dan mengganti beberapa tugas yang biasa dilakukan oleh manusia. Hebat ya? Statistik tentu saja memegang peran kunci dalam pengembangannya. Bayangkan, bermula dari data lalu bisa menjelma sebagai alat transportasi, asisten kesehatan, atau bahkan membantu di sektor pertanian. Kamu pernah melihat apa saja robot pintar di sekitarmu? 

5. Menanggulangi kemiskinan

manfaat statistik

Potret kemiskinan di Indonesia. (Sumber: finance.detik.com)

Tahun ini, Indonesia tercatat mengalami titik terendah dalam hal persentase kemiskinan sejak tahun 1999 yaitu sebesar 9,82% atau 25,85 juta orang. Angka ini menurun dari tahun lalu yaitu 10,12%.  Berkat bantuan statistik, pemerintah dapat mengetahui kesuksesan dari program sosial yang sudah dilakukan atau bahkan menyiapkan strategi baru untuk terus menurunkan angka kemiskinan.

Wah, banyak sekali manfaatnya ya, Squad? So, kamu jangan suka malas ya kalau sedang pelajaran matematika. Karena ada beragam manfaat yang negara ini peroleh di masa depan dari ilmu kamu! Nah untuk membantu belajar, ayo pahami jutaan konsep pelajaran matematika di ruangbelajar. Kini, mendalami materi di sekolah berasa main games!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Rabia Edra