Kamu Punya Kebiasaan Menunda-Nunda Pekerjaan? Ini 5 Cara Mengatasinya

Shabrina Alfari

Jul 17, 2018 • 4 min read

Wow ternyata


Squad, apa sih yang sering menjadi halangan kamu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan? Apakah itu rasa malas atau gangguan dari luar? Yap, dua hal yang paling sulit dalam bekerja adalah untuk memulainya dan menjaga fokus kita hingga pekerjaan tersebut selesai. Jika sudah begitu, kebanyakan dari kita pasti menjadi sering menunda-nuda sesuatu, termasuk tugas yang harus dikerjakan atau bahkan belajar. Eits tenang saja, ada cara yang ampuh supaya kamu bisa mengalahkan kebiasaan menunda-nunda ini. Apa saja yang bisa dilakukan? Yuk, kita simak!

1. Ketahui alasan menunda-nunda

menunda-nunda pekerjaan(Sumber: thoughtco.com)

Hal pertama yang penting untuk kamu lakukan adalah mengidentifikasi masalahnya. Apa alasannya kamu menjadi sering menunda-nunda pekerjaan? Bisa jadi kamu menunda-nuda karena takut akan sesuatu atau kewalahan dan tidak tahu harus mulai mengerjakannya dari mana. Coba untuk mengisi kalimat berikut terlebih dahulu:

        “Aku menunda ini karena …”

        “Aku menghindari tugas ini karena takut …”

Lihatlah apa jawaban yang muncul. Karena faktanya dengan mengidentifikasi ketakutan dapat membantu seseorang menyadari bahwa sebenarnya yang ditakutkannya tidak seburuk yang dipikirkan.

2. Buat daftar prioritas

menunda-nunda pekerjaanBuat daftar prioritas (Sumber: all4women.co.za)

Salah satu cara yang paling ampuh untuk berhenti kebiasaan menunda-nunda sesuatu adalah untuk memutuskan dan memilih, jika ada pekerjaan yang memang tidak perlu dilakukan. Maka, penting untuk kamu membuat daftar prioritas. Menurut Jim Stone, seorang penulis buku mengenai produktivitas, penyebab paling umum dari kebiasaan menunda pekerjaan adalah tidak adanya tujuan yang jelas dari aktivitas seseorang.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membiasakan diri untuk membuat prioritas dari pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu. Urutkan dari yang tersulit dan paling penting. Selanjutnya, mulailah dari tugas yang berada di urutan prioritas teratas. Dengan begitu, kamu akan punya motivasi untuk menyelesaikan tugas.

3. Visualisasikan diri di masa depan

menunda-nunda pekerjaanPikirkan yang akan terjadi di masa depan (Sumber: wordpress.com)

Kebanyakan dari kita jarang membayangkan bagaimana tindakan saat ini akan mempengaruhi diri kita dalam jangka panjang. Namun, jika kamu bisa membayangkan bagaimana keputusan sehari-hari akan mempengaruhi diri di masa depan, maka bayangan ini dapat membantu untuk membuat keputusan yang lebih baik karena lebih mudah untuk kamu membayangkan konsekuensinya.

Ide ini bisa kamu terapkan untuk manajemen waktu. Misalnya, saat kamu menunda mengerjakan tugas dan menghabiskan waktu bermain media sosial. Coba bayangkan kamu menghadapi tekanan ekstra akibat keputusan kamu ini saat di kelas esok hari. Nah, cara ini bisa mendorong kamu untuk tidak menunda-nunda pekerjaan.

4. Pakai rumus “lima menit” yang ajaib

menunda-nunda pekerjaan(Sumber: timetimer.com)

Trik selanjutnya yang bisa kamu coba adalah memakai rumus lima menit ajaib. Apa itu? Untuk memulai mengerjakan sesuatu yang sepertinya banyak dan rumit kamu bisa mencoba untuk bertanya pada diri sendiri, “Apa yang akan aku lakukan selama 5 menit?” Kamu bisa memaksa dirimu untuk membuka buku dan katakan, “Tenang, hanya untuk 5 menit”.

Setelah mengetahui akan melakukan apa selama 5 menit ke depan, kamu bisa memasang alarm dalam 5 menit dan kerjakan tugas tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa saat kita memulai sesuatu, kita akan lebih mungkin untuk menyelesaikannya. Pasti seterusnya kamu bisa jadi lebih banyak menyisihkan waktu untuk mengerjakan hal lain. Semangat!

5. Terapkan teknik Pomodoro

menunda-nunda pekerjaan(Sumber: apexensino.com.br)

Kamu sudah berniat fokus belajar atau mengerjakan tugas tetapi tiba-tiba ada teman yang mengajak ngobrol atau adik di rumah yang mengajak main? Pasti konsentrasi kamu langsung buyar ‘kan Squad? Nah, untuk bisa produktif mengerjakan sesuatu kamu juga butuh menciptakan suasana yang mendukung.

Cobalah untuk menemukan tempat dan waktu yang pas di mana kamu dapat mengerjakan sesuatu tanpa gangguan. Lalu, terapkan teknik Pomodoro. Kerjakan tugasmu dengan fokus tanpa distraksi sedikit pun selama 25 menit. Dalam jangka waktu tersebut usahakan jangan biarkan fokusmu hilang. Jangan terganggu dengan notifikasi yang muncul di handphone-mu atau jangan terpancing untuk mengikuti obrolan teman. Maksimalkan waktu tersebut untuk mengerjakan tugas. Setelah 25 menit, kamu dapat beristirahat selama 2-3 menit untuk menyegarkan pikiran.

Semoga setelah menerapkan cara-cara ini kamu tidak lagi menunda-nunda tugasmu ya, Squad. Karena jika dibiarkan, perilaku menundah-nunda pekerjaan ini dapat menjadi kebiasaan buruk yang akan merugikanmu nantinya, lho. So, ingat ya, masalahnya bukan tidak ada waktu tetapi waktu yang ada justru dihambur-hamburkan untuk hal yang kurang penting. Nah, agar waktumu bermanfaat kamu bisa menonton video beranimasi di ruangbelajar di mana pun dan kapan pun. Jadi, tidak ada lagi waktu yang terbuang karena #BelajarJadiMudah.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts