Kamu Tertarik dengan Bidang Politik? Ini 9 Jurusan yang Bisa Dipilih

Shabrina Alfari

Jan 8, 2019 • 4 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


jurusan bidang politik

Squad, apakah kamu tertarik dengan bidang politik atau suka mengikuti perkembangan politik? Politik memang topik yang selalu menarik untuk dibahas karena politik kerap dianggap sebagai isu yang sensitif dan tidak ada habisnya untuk diperbincangkan. Apalagi sebagai generasi millenial yang cerdas, penting banget lho untuk kamu paham akan isu-isu politik. Nah, berikut adalah beberapa jurusan yang bisa kamu pilih jika ingin terjun lebih dalam di bidang politik.

1. Ilmu Politik

Jurusan pertama yang bisa kamu pilih tentu saja adalah Ilmu Politik. Prodi ini akan mengajarkan kamu lebih banyak teori tentang berbagai sistem politik yang ada di dunia dan juga sejarahnya. Untuk itu, kamu akan banyak melakukan riset dan harus bisa bersikap kritis. Kamu juga harus memiliki daya analisa yang kuat dalam memahami berbagai peristiwa sejarah. Tidak hanya sejarah dan teori, kamu juga akan menganalisa dinamika politik saat ini. Kajian yang paling dikenal antara lain demokrasi, birokrasi, sistem politik, hak asasi manusia, dan etika sosial politik. 

2. Hubungan Internasional

Melalui jurusan Hubungan Internasional, kamu akan mempelajari dinamika hubungan antar negara, hingga menganalisa berbagai permasalahan yang terjadi seperti politik, ekonomi, perdamaian, sampai sejarah dunia. Tidak heran jika jurusan ini dikenal sebagai multi-discipline subject, karena banyak sekali disiplin ilmu yang diterapkan di sini. Jika masuk jurusan ini, kamu akan belajar tentang politik luar negeri, regional, serta hubungan politik antarnegara. Tertarik?

jurusan bidang politikIlustrasi politik (Sumber: cnn.com)

3. Ilmu Hukum

Bidang ilmu lain yang sangat dekat dengan politik adalah Ilmu Hukum. Jurusan ini akan banyak mengajarkan kamu tentang kebijakan, perundang-undangan, dan aturan lain yang masuk pada ranah hukum. Nah, semua hal tadi tentunya sangat berkaitan dengan politik. Pastinya wawasan kamu mengenai politik akan sangat bermanfaat Squad. Apalagi jika kamu bercita-cita menjadi politisi, latar belakang hukum akan sangat berguna dalam membuat suatu kebijakan dan menjadi bekal agar selalu menjadi politisi yang taat hukum.

4. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi juga merupakan disiplin ilmu yang sangat luas. Kuliah di jurusan ini mengharuskan kamu mempunyai wawasan yang luas dan selalu update dengan informasi terkini, termasuk politik. Tak hanya di bidang media, jurusan ini juga akan mengajarkan cara menjadi seseorang yang handal dalam pemerintahan, pengamat media, pengamat komunikasi politik, dan masih banyak lagi.

5. Ilmu Pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan mempelajari manajemen atau pengelolaan organisasi publik, seperti lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga lainnya yang berfungsi menjalankan fungsi negara sesuai undang-undang. So, untuk kamu yang tertarik dengan bidang politik khususnya lembaga negara, maka jurusan ini bisa kamu pilih. Selain pengetahuan politik, kamu juga akan dibekali dengan kemampuan negosiasi dan public speaking.

jurusan bidang politikPolitik Indonesia (Sumber: kompas.com)

6. Ilmu Sejarah

Politik nggak akan bisa lepas dari sejarah lho, Squad. Agar kamu bisa memahami politik dengan baik, kamu harus tahu dulu peristiwa yang terjadi sebelumnya atau sejarahnya. Selain aspek politik, Ilmu Sejarah juga mempelajari konteks yang sangat luas mencakup budaya, ekonomi, sosial, hingga agama. Jurusan ini akan membuat kamu paham bahwa sejarah mempunyai peran besar dalam membentuk kondisi saat ini, termasuk kondisi politik suatu negara.

7. Jurnalistik

Selain meliput dan wawancara, seorang jurnalis juga memiliki tugas untuk menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya pada khalayak umum. Jadi sudah menjadi hal umum jika jurnalis punya pengalaman yang luas, termasuk di bidang politik. Saat kamu sudah lulus, kamu yang mempunyai ketertarikan di bidang politik bisa menjadi jurnalis khusus politik. Apalagi, isu-isu politik pun selalu menarik dan laris pembaca, lho.

jurusan bidang politikPolitik Indonesia (Sumber: idntimes.com)

8. Filsafat

Jurusan yang merupakan induk dari segala ilmu ini adalah wadah yang tepat untuk kamu yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, gemar mengkritisi atau mendebat informasi. Banyak teori dan pendekatan politik yang juga berasal dari filsafat. Filsafat akan membantu kamu untuk dapat berpikir secara terstruktur dan mampu memproses informasi secara jernih.

9. Sosiologi

Masyarakat merupakan kunci pada Sosiologi. Sosiologi akan berusaha menelaah fenomena masyarakat serta mencari solusi dari permasalahan yang muncul. Salah satu fokus sosiologi adalah sosiologi politik yang mempelajari hubungan antara politik dan masyarakat, struktur sosial dan politik, serta tingkah laku sosial dan tingkah laku politik. Selama kuliah, kamu akan sering berdiskusi mengenai isu politik untuk dicari penyebab dan solusinya melalui pendekatan sosial.

So, jurusan apa yang akan kamu pilih Squad? Psst, untuk masuk ke salah satu jurusan di atas nggak mudah, lho. Yuk, persiapkan dirimu untuk bisa bersaing dengan calon mahasiswa lainnya dengan group chat belajar di Ruangguru digitalbootcamp! Kamu bisa belajar bersama teman dari seluruh Indonesia dengan tutor standby. Dapatkan juga modul gratis, tryout ujian, dan akses ke ruangbelajar.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts