Kamu Tertarik dengan Industri Kreatif? 7 Jurusan Ini Bisa Kamu Pilih

Shabrina Alfari

Feb 26, 2019 • 5 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


industri kreatif

Artikel ini memberikan referensi jurusan-jurusan untuk para calon mahasiswa yang ingin berkerja atau tertarik dengan industri kreatif

--

Squad, apakah kamu tahu apa itu yang dimaksud dengan industri kreatif? Presiden Joko Widodo sempat mengatakan bahwa masa depan Indonesia akan ada di tangan industri kerajinan atau industri kreatif. Namun, sebenarnya apa saja sih yang termasuk ke dalam industri kreatif di Indonesia? Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) membaginya ke dalam 16 subsektor, di antaranya arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, pengembang permainan, fashion, film, animasi, video, fotografi, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

Nah, untuk kamu yang ingin bekerja di industri kreatif ini tentunya perlu membekali diri dengan memilih jurusan yang sesuai. Apa saja ya jurusan yang bisa kamu pilih?

1. Desain Komunikasi Visual

industri kreatifDesain Komunikasi Visual (Sumber: youthmanual.com)

Jurusan Desain Komunikasi Visual mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain) untuk menginformasikan atau mempersuasi penerima pesan. Di sini kamu akan mempelajari gabungan antara komunikasi dengan unsur estetika. Di prodi ini kamu juga akan banyak kegiatan praktik untuk menciptakan karya desain di berbagai media, seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan sebagainya.

Lulusan DKV mempunyai peluang kerja yang luas, terutama di industri kreatif. Kamu bisa bekerja di agensi periklanan, pengembang web, start-up, humas di perusahaan, konsultan branding, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebagai desainer lepas (freelance) lho.

2. Desain Grafis

industri kreatifGraphic Designer (Sumber: flickr.com)

Jurusan Desain Grafis mempelajari bagaimana menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator dan sejenisnya dengan elemen foto, font, warna, bentuk, ilustrasi, tekstur dan sebagainya. Hal ini berguna untuk menyampaikan pesan di beragam media, seperti iklan cetak, poster, majalah atau koran, brosur, dan sebagainya. So, saat menjadi mahasiswa jurusan ini kamu akan dibekali dengan ilmu untuk menjadi artis kreatif yang bisa mengekspresikan suatu pesan melalui visual dan teknologi. Lulusan dari jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas, terutama di industri kreatif.

3. Desain interior 

industri kreatifDesain interior (Sumber: hcareers.com)

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan jurusan ini ‘kan Squad? Prodi Desain Interior mempelajari tentang perancangan tata letak dalam ruangan, baik itu rumah, kantor, mall, hotel, layout display gerai, hingga tata panggung pertunjukan. Maka dari itu, mahasiswa Desain Interior harus memiliki pengetahuan di bidang seni, psikologi, hingga ekonomi, sosial, dan politik. Nah tidak hanya dekorasi ruangan saja, lulusan dari jurusan ini juga dapat berkarier sebagai konsultan, hingga desainer interior untuk set panggung atau event.

4. Penyiaran (Broadcasting)

industri kreatifBroadcasting (Sumber: cnet.com)

Jurusan Penyiaran atau Broadcasting mempelajari bagaimana menciptakan suatu ide menjadi program untuk diproduksi dan disiarkan pada masyarakat melalui media massa. Nah di program studi ini kamu nggak hanya belajar mengenai cara tampil di depan layar kaca, melainkan juga mempelajari proses di balik layar kaca. Prodi ini sangat cocok untuk kamu yang komunikatif, kreatif, dan camera face. Melalui jurusan ini kamu juga bisa menciptakan konten-konten kreatif yang bermutu tinggi dan mendidik.

5. Ilmu Komunikasi

industri kreatifKomunikasi (Sumber: edukatama.com)

Eits, siapa bilang ilmu komunikasi hanya belajar ngomong? Ilmu Komunikasi merupakan induk dari ilmu turunannya yang lain seperti Jurnalistik, Public Relation, Periklanan (Advertising), dan lainnya. Jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari aspek-aspek komunikasi secara praktik dan teori, seperti public speaking dan menulis berita. Banyak sekali pelajaran seru yang akan kamu pelajari, mulai dari menulis berita, fotografi, membuat iklan, film, dan masih banyak lagi. Lulusan dari jurusan ini juga mempunyai prospek kerja yang sangat luas, termasuk berkecimpung di industri kreatif.

6. Televisi dan Film

industri kreatifTelevisi dan Film (Sumber: quora.com)

Program studi Televisi dan Film mempelajari teknik-teknik dalam pembuatan film dan program siaran televisi. Di jurusan ini kamu akan belajar menulis skrip, tata kamera, produksi film dan program televisi, editing, membuat story board, penyuteradaraan, dan juga fotografi lho. Jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin berkarier di sektor media, film dan pertelevisian, atau sektor kreatif lainnya. Setelah lulus dari prodi ini kamu juga bisa memperbaiki kualitas konten-konten film dan televisi di Indonesia. Seru ‘kan Squad?

7. Seni Rupa

industri kreatifSeni rupa (Sumber: nsu.edu)

Di jurusan ini kamu tidak hanya menciptakan karya seni, tetapi kamu juga akan mempelajari teori-teori yang ada di balik seni rupa, seperti sejarah seni rupa, sosiologi seni, manajemen seni rupa, dan tinjauan serta kritik seni rupa. Selain teori, kamu juga akan banyak melakukan praktik, seperti memahat kayu atau keramik. Nah dalam seni rupa, orisinalitas sangat dijunjung tinggi. Maka dari itu, kamu harus bisa menemukan dan mengembangkan gaya serta ciri khas seni-mu sendiri.

Apakah ada jurusan yang kamu gemari dari daftar di atas Squad? Untuk bergelut di industri kreatif tentunya kamu harus terus mengembangkan ide dan kreativitasmu agar bisa memberikan karya-karya unik terbaik untuk bangsa. Jangan lupa juga untuk tetap semangat meningkatkan prestasimu di Ruangguru digitalbootcamp. Kamu bisa belajar bersama tutor standby dan teman dari seluruh Indonesia di group chat belajar.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts