Kapilaritas: Pengertian, Rumus dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Fisika_11

Kata siapa belajar Fisika itu susah? Sebenarnya Fisika itu ada disekitar kita lho, Squad. Contohnya pada materi kali ini yaitu kapilaritas. Nah, contohnya pada kompor minyak tanah. Apakah kamu pernah mengamati apa yang terjadi pada kompor minyak hingga bisa menyala? Mengapa minyak tanah yang berada dibawah dapat bergerak naik sehingga api kompor menyala?

Kompor minyak Kompor minyak tanah (Sumber: tokopedia.com)

Yap, karena kapilaritas! Kapilaritas atau disebut juga gaya kapiler adalah gejala atau peristiwa meresapnya zat air melalui celah-celah sempit atau pipa kapilerKarena kapilaritas, minyak tanah yang berada dibawah bergerak naik melalui sumbu kompor yang terbuat dari kain yang berpori-pori kecil, begitu juga yang terjadi di pipa-pipa kapiler dibawah ini.

Kapilaritas

Dari gambar diatas, kamu dapat melihat permukaan air dalam pipa akan naik. Lain hasilnya jika kamu mencelupkan pipa tersebut ke dalam bejana berisi air raksa. Permukaan air raksa dalam tabung akan turun atau lebih rendah daripada permukaan air raksa dalam bejana. Gejala inilah yang disebut dengan gejala kapilaritas, Squad.

Gaya tarik-menarik partikel

Nah, gejala kapiler tersebut dipengaruhi oleh adanya adhesi dan kohesi. Air dalam pipa kapiler naik karena adhesi antara partikel air dengan kaca lebih besar daripada kohesi antar partikel airnya. Berbeda dengan air raksa, adhesi air raksa dengan kaca lebih kecil daripada kohesi antar partikel air raksa. Oleh karena itu, sudut kontak antara air raksa dengan dinding kaca akan lebih besar daripada sudut kontak air dengan dinding kaca.

Zat cair akan naik di dalam pipa kapiler apabila gaya adhesi lebih besar daripada gaya kohesi.

Zat cair akan turun di dalam pipa kapiler apabila gaya kohesi lebih besar daripada gaya adhesi.

Untuk menghitungnya ada rumus yang harus diterapkan, Squad. 

rumus kapilaritas

Keterangan :

Y = perbedaan tinggi permukaan zat cair di dalam dan di luar pipa kapiler (m)

τ = tegangan permukaan (N/m)

g = percepatan gravitasi (m/s2)

θ = sudut kontak (º)

r = jari-jari penampang pipa kapiler (m)

ρ = massa jenis zat cair (kg/m3) 

Bagaimana Squad mudah bukan? Ternyata peristiwa-peristiwa fisika seperti kapilaritas ini terjadi dekat dengan kehidupan kita. Setelah mendapatkan rumus diatas, kamu pasti penasaran ingin mencoba latihan soalkan? Yuk bergabung di ruanguji ! Disana kamu dapat mencoba  ratusan hingga ribuan soal secara gratis lho! Gabung sekarang ya!

New call-to-action

 

Beri Komentar