Karakteristik Negara Maju dan Berkembang | Geografi Kelas 12

negara maju

Squad, apakah kamu ingin tinggal di negara lain suatu hari nanti? Pasti akan banyak pengalaman menarik yang bisa kamu dapat, ya! Sudahkah kamu menentukan ingin tinggal di negara mana? Sebelum menentukan, tahukah kamu, kalau negara-negara di dunia dibagi menjadi negara maju dan berkembang? Indonesia sendiri masuk ke dalam kategori negara berkembang. Seperti apa sih karakteristik dan contoh negara maju dan berkembang? Kuy, kita bahas!

Squad, sudah tau belum sih, apa itu negara maju dan berkembang? Negara maju adalah negara yang sudah memiliki teknologi tinggi dan tingkat ekonomi yang sudah merata. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang tingkat kesejahteraan penduduknya masih dalam taraf menengah atau sedang berkembang. 

Karakteristik Negara Maju dan Berkembang

Negara Maju (Sumber: www.moveinseattle.com)

Ciri-ciri Negara Maju

1. Memiliki Pendapatan Perkapita Yang Tinggi

Negara yang maju memiliki pendapatan per kapita yang tinggi tiap tahunnya. Dengan memiliki pendapatan per kapita yang tinggi, nilai ekonomi negara tersebut akan terdongkrak. Oleh karena itu, jumlah kemiskinan bisa diatasi.

2. Keamanan Sudah Terjamin

Tingkat keamanan negara maju sudah lebih terjamin jika dibandingkan dengan negara berkembang. Hal ini juga merupakan efek samping dari canggihnya teknologi di negara maju. Dengan teknologi yang canggih, fasilitas keamanan dan teknologi persenjataan juga turut berkembang menjadi lebih baik. 

3. Terjaminnya Kesehatan

Selain terjaminnya keamanan, kesehatan pada sebuah negara maju juga sudah terjamin. Hal ini ditandai dengan berbagai fasilitas kesehatan yang memadai, seperti rumah sakit dan petugas medis yang terlatih dan handal. Oleh karena itu, angka kematian pada negara maju bisa ditekan dan harapan hidup penduduknya bisa tinggi. Selain itu, dengan adanya fasilitas kesehatan yang memadai, perkembangan penduduk di negara maju juga bisa terkontrol. 

4. Kecilnya Angka Pengangguran

Di negara maju, angka pengangguran tergolong kecil karena setiap penduduknya bisa mendapatkan pekerjaan. 

5. Menguasai IPTEK

Penduduk negara maju cenderung sudah sangat menguasai IPTEK. Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari-hari, mereka juga sudah menggunakan teknologi canggih dan alat-alat modern untuk mempermudah kehidupan sehari-hari. 

6. Tingkat ekspor lebih tinggi dibanding impor

Tingkat ekspor di negara maju lebih tinggi dibandingkan tingkat impor karena unggulnya SDM dan teknologi yang dimiliki. 

Contoh negara maju antara lain adalah Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang.

Ciri-Ciri Negara Berkembang

Karakteristik Negara Maju dan Berkembang

Negara Berkembang (Sumber: www.colombiamegusta.com)

1. Pendapatan per tahun yang cenderung rendah

Pendapatan per tahun di negara berkembang tidak sebesar negara maju karena masih tingginya angka pengangguran.

2. Keamanan Tidak Terjamin

Tidak seperti di negara maju, keamanan di negara berkembang masih sangat minim dan tidak layak. Oleh karena itu, angka kriminalitas di negara maju juga masih tergolong tinggi.

3. Fasilitas Kesehatan Minim 

Fasilitas kesehatan di negara berkembang juga tergolong minim. Belum banyaknya fasilitas kesehatan yang layak pakai menyebabkan penduduk di negara berkembang lebih rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, angka kematian di negara berkembang juga lebih besar dibanding angka kematian di negara maju, yang kemudian mengakibatkan rendahnya angka harapan hidup. 

Baca Juga: Bentuk Kerjasama Ekonomi Negara Maju dan Berkembang

4. Perkembangan Penduduk Tidak Terkendali

Negara berkembang mempunyai jumlah rata-rata penduduk yang sangat besar dibandingkan negara maju karena tidak terkendalinya perkembangan penduduk. Hal ini juga merupakan akibat dari minimnya edukasi dan fasilitas kesehatan. 

5. Besarnya Angka Pengangguran

Di negara berkembang, angka pengangguran masih tergolong tinggi karena lowongan pekerjaan yang tersedia masih belum tersebar secara merata. Selain itu, tingkat pendidikan yang kurang merata juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan besarnya angka pengangguran. 

6. Impor lebih tinggi dibanding ekspor 

Dikarenakan rendahnya pengelolaan SDA dan SDM negara berkembang, negara berkembang lebih sering membeli barang dari luar negeri.

Contoh negara berkembang antara lain Indonesia, Brazil, dan hampir seluruh negara Afrika.

Squad, menarik sekali ya mempelajari mengenai negara maju dan berkembang. Mau belajar lebih lanjut? Yuk, download aplikasi ruangbelajar.

ruangbelajar

 

Beri Komentar