Kata Kerja Bahasa Inggris: Linking dan Helping Verbs | Bahasa Inggris Kelas 7

Bahasa Inggris Kelas 7 : Linking dan Helping Verbs

RG Squad, masih ingat 'kan bahwa ada tiga jenis kata kerja bahasa Inggris yaitu action verb, linking verb, dan helping verb. Nah, kali ini kita akan menggali lebih dalam tentang linking verb dan helping verb. Kamu sudah tahu bagaimana contoh dan cara pemakaiannya? Penasaran? Scroll terus ya !

Verbs (kata kerja) adalah kata yang menunjukkan tindakan (misal: to stand, to smile, to sing), kejadian (misal: to happen, to become) atau keadaan (misal: [to] be, to exist), dan sikap (misal: to agree, to disagree).

Berdasarkan fungsinya, kita bisa membagi verbs ke dalam tiga jenis, yaitu action verbs (kata kerja aksi), linking verbs (kata kerja penghubung), dan helping verbs (kata kerja bantu). Kali ini, kita akan membahas jenis kedua dan ketiga.

kata kerja dalam bahasa inggris

1. Linking Verb

Kata kerja ini berfungsi menghubungkan subjek dengan kata benda (noun) atau kata sifat (adjective) yang menjelaskan subjek itu sendiri. Kata benda (noun) atau kata sifat (adjective) ini disebut subject complement. Linking verb di antaranya ialah to be (am, is, are, was, dan lain-lain), to become, to seem, to remain, to look, to taste, to grow, dan lain-lain.

Contoh:

contoh penggunaan linking verb

2. Helping Verbs

Kata kerja ini berfungsi membantu kata kerja utama (main verbs) dalam sebuah kalimat. Jika kata kerja bantu tersebut dihilangkan, ia tidak menghilangkan makna inti dari kalimat tersebut. Ssst, helping verbs juga punya nama beken lain, lho. Namanya auxiliary verbs. Kesatuan kata kerja utama dengan kata kerja bantuan disebut verb phase.

Modals seperti can, could, may, might, will, would, shall, should, must, dan ought to selalu berfungsi sebagai helping verbs. Sedangkan to be (is, am, are), to do, dan to have bisa menjadi helping verbs. Pada kalimat lain, modals bisa juga berperan sebagai linking verbs.

Contoh:

contoh penggunaan heping verbs

Nah, supaya makin jago memahami kata kerja bahasa Inggris, RG Squad bisa membuat contoh-contoh kalimat lain menggunakan linking verbs dan helping verbs. Nantinya, kalimat kamu bisa dikoreksi atau didiskusikan bersama dengan ahlinya! Kamu tinggal daftar melalui ruangbelajar, lho.

New Call-to-action

Beri Komentar