Tiba-tiba Kebelet dan Sakit Perut Saat Menghadapi Ujian Nasional, Wajar Nggak?

Tedy Rizkha Heryansyah

Apr 1, 2019 • 4 min read

Wow ternyata


kebelet dan mules saat ujian - header

Artikel berikut akan menjelaskan secara ilmiah penyebab kamu sering kebelet dan sakit perut secara mendadak yang biasanya dialami saat menghadapi ujian nasional. Sebenarnya wajar nggak sih kalau mengalami hal tersebut? 

---

Semenjak kehadiran Ruangguru, harusnya sih ujian nasional sudah nggak jadi ‘monster’ yang menakutkan bagi kamu. Terlebih jika kamu jika kamu sudah langganan video ruangbelajar. Kalau beneran dipakai sih, kamu pasti bisa mengerjakan soal-soalnya dengan mudah. Kan sudah paham konsep pelajaran yang dijelaskan dengan video animasi, jadi nggak ada tuh masih bingung ngejawab soal ujian nasionalnya nanti.

Terlepas kamu sudah langganan atau belum, ada sebuah momen sebelum ujian nasional yang pasti kamu lalui. Minggu tenang.

Jangan samakan minggu tenang dalam menghadapi ujian nasional dengan minggu tenang dalam menghadapi masa pemilihan umum. Tapi, beberapa diantara kamu nih, ada yang merasakan minggu tenang tersebut berubah menjadi minggu tegang.

kebelet dan mules saat ujian - meme-1

Wajar sih kalau ada ketegangan dalam menghadapi ujian nasional. Seharusnya tuh, di minggu tenang kamu jangan terlalu mikir belajar, belajar, dan belajar terus. Sediakan waktu untuk menenangkan diri. Bisa jalan-jalan atau hanya sekadar nongkrong-nongkrong cantik di cafe favoritmu bareng teman-teman.

Baru deh pas di hari H ujian, ketegangan akan menghampiri kamu. Sekali lagi, itu wajar. Penulis juga dulu pas ujian nasional juga pernah merasakan ketegangan yang sama. Bahkan sampai kebelet pipis dan sakit perut juga.

kebelet dan mules saat ujian - harap tenang ada ujianSecara umum sih gugup itu merupakan perasaan khawatir atau ketidakyakinan atas kemampuan diri. Jadi, kalau pas mau ujian nasional kamu gugup artinya kamu belum yakin 100% dengan kemampuan kamu sendiri. Lalu, kenapa pas gugup tiba-tiba muncul rasa kebelet pengen buang air kecil bahkan sakit perut serasa ingin buang air besar?

Ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho. Kita bahas satu per satu dulu yuks.

Baca Juga: Bukan Malam Hari, Ini Waktu Belajar yang Efektif

Dokter spesialis urologi dari University of California menerangkan bahwa kalau seseorang itu beser (bolak-balik buang air kecil) ketika merasa gugup, itu merupakan hal yang wajar. Gugup atau adanya kecemasan merupakan fase alami yang dialami manusia untuk melawan ketakutannya. Nah, untuk melawab ketakutan tersebut, tubuh memproduksi hormon yang dinamakan adrenalin.

kebelet dan mules saat ujian - gif-1

Salah satu organ yang mendapat efek dari hormon adrenalin yang meninglat ialah ginjal. Produksi urin di ginjal meningkat dan tulang belakang mengirim pesan ke syaraf otak, bilang begini...

“Hei Tak, otak! Ini kandung kemih udah penuh, buruan perintahin orang ini buat ngeluarin. Kalau ditahan-tahan nggak baik dan bakalan nimbulin penyakit”, ucap si tulang belakang ke otak.

Kalau otaknya sehat mah langsung memerintahkan orang tersebut untuk segera mengeluarkan urinnya di toilet.

kebelet mules - tahukah kamu

Namun demikian, beberapa ahli belum bisa memastikan ada hubungan yang kuat antara kebelet dengan rasa gugup. Ada anggapan bahwa ketika orang merasa gugup, maka ototnya akan merasa tegang. Nah, salah satu otot yang tegang tersebut ialah otot di kandung kemih.

Terlepas anggapan tersebut benar atau tidak, tapi kamu pernah ngerasain nggak sih hal kayak gitu? Atau bahkan pernah ngerasain hal yang lebih dari kebelet buang air kecil?

Sakit perut alias mules alias pengen banget buang air besar.

Sama seperti proses terjadinya kebelet, biasanya sakit perut mendadak terlebih ketika mau ujian, itu merupakan bentuk gangguan psikologis yang disampaikan oleh sistem syaraf. Secara ilmiah, otak yang merasa gugup dan tertekan juga mengeluarkan asam yang banyak disalurkan ke perut.

kebelet dan mules saat ujian - nervous stomach

Penjelasan dalam Harvard Mental Health Letter di tahun 2010 menyatakan bahwa ketika tubuh mengalami gugup atau panik, maka proses pencernaan akan melambat. Bahkan berhenti. Nah. ini karena tubuh difokuskan untuk mengatasi ketegangan-ketegangan yang sedang dialami.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kebelet dan sakit perut yang datang tiba-tiba saat ujian?

Sederhananya ya kamu harus bisa mengalahkan rasa ketakutan kamu itu sendiri. Yakinkan diri kamu kalau pasti bisa ngejawab soal-soal ujian nasional nanti. Selain itu, penting juga nih melakukan beberapa kegiatan yang bisa membantu menenangkan tubuh seperti mengatur pernafasan. Serta yang paling penting nih, jangan lupa juga rajin berolahraga secara rutin….dan..selamat menempuh ujian nasional.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts