Kebiasaan Baru Ini Wajib Kamu Mulai pada Semester Baru

Yuza Mulia Jul 24, 2015 • 3 min read


Semester baru segera dimulai. Senin depan, sebagian besar sekolah akan memulai tahun ajaran baru 2015/2016. Para guru sudah mulai mempersiapkan pelajaran dan penyambutan siswa angkatan baru. Orang tua dan siswa pun sudah mempersiapkan perbekalan untuk menyambut semester baru ini.

Semester baru, tahun ajaran baru, tantangan baru. Selain mempersiapkan hal-hal material untuk sekolah, dan menanti waktu untuk melakukan hal-hal yang cuma ada di sekolah, sebaiknya di semester baru ini kita juga mempersiapkan kualitas dan mentalitas baru dalam diri kita. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan baru yang bisa kita terapkan dalam menyambut semester baru dengan pribadi yang lebih baik. Beberapa hal ini mungkin terlihat biasa, namun masih sangat jarang dilakukan dengan baik oleh siswa :

1. Datang Lebih Awal

Datang ke sekolah lebih awal mungkin salah satu hal yang paling sering disarankan, namun paling sulit dilakukan. Kebanyakan orang datang ke sekolah mepet dengan waktu bel tanda masuk berbunyi. Misalnya, kalau guru masuk kelas jam 7, maka kita sampai di sekolah jam 6.50. Di semester baru nanti, cobalah untuk hadir lebih awal, minimal 20 menit sebelum masuk kelas. Kamu bisa memakai waktu senggang itu untuk belajar pelajaran yang akan dipelajari hari itu, bersosialisasi dengan teman-teman, atau sekedar beristirahat agar fokus sudah prima saat guru masuk kelas.

2. Mencatat Pelajaran

Photo by pccrovers

Kamu tipe orang yang suka mencatat pelajaran? Bagus. Tapi kalau kamu masih malas untuk mencatat, segera mulai kebiasaan ini, secepat mungkin. Mencatat di kelas tidak harus langsung bagus dan rapi. Kamu bisa mencatatnya terlebih dahulu di buku khusus coretan, dan berkomitmen untuk mencatat ulang di malam harinya, sambil review pelajaran. Kurangi kebiasaan meminjam catatan teman untuk disalin, apalagi difotokopi. Catatan yang kamu buat harus sesuai dengan gaya belajar kamu, agar mudah bagi kamu saat ingin membaca dan memahami ulang.

3. Berdiskusi Langsung dengan Guru

Photo by kangmartho

Melakukan diskusi secara personal sangat membantu bagi beberapa orang untuk memahami pelajaran lebih dalam. Biasanya, ada anak yang saat pergantian pelajaran menghampiri guru untuk bertanya lebih detail tentang pelajaran yang baru dipelajari. Ada cara lain yang bisa kamu coba. Ambil waktu untuk bertemu guru di luar kelas, baik pada jam istirahat maupun setelah pulang sekolah. Tanyakan sesuatu yang tidak kamu mengerti, dan diskusikan pemahaman kamu terhadap suatu pelajaran. Guru pasti bersedia membantu kamu dengan senang hati.

4. Ikut Ekstra Kurikuler, Organisasi, atau Komunitas

Habiskan waktumu di luar kelas dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, organisasi, atau komunitas. Kegiatan-kegiatan tersebut, selain membantumu menyalurkan minat dan bakatmu, juga menambah softskill kamu, memperluas jaringan pertemanan, hingga membuka berbagai peluang lain untuk kamu jalani nantinya. Sekarang ekstrakurikuler semakin beragam. Organisasi dan komunitas pemuda pun sangat mudah ditemukan dalam berbagai fokus. Kamu tinggal pilih, dan berkembang serta berkontribusi dengan maksimal disana.

---

Nah, itu dia 4 kebiasaan baru yang bisa kamu terapkan di semester baru. Mulai biasakan dari hari pertama, dan pertahankan konsistensi selama sebulan, niscaya kamu akan terbiasa melakukannya, karena setidaknya dibutuhkan 21 hari untuk membuat sesuatu jadi kebiasaan.

Smart buddies, kamu punya ide lain untuk memulai kebiasaan baru? Silakan post idemu di kolom komentar ya!

Beri Komentar