Jadi Anak Kuliahan yang Aktif dengan Ikuti Beragam Kegiatan Ini

Naya Dini

May 24, 2019 • 4 min read

Sukses Kerja tips & trick


anak kuliahan

Artikel ini berisi tentang rekomendasi kegiatan yang bisa diikuti oleh anak kuliahan untuk mengembangkan diri dan mencari pengalaman.

--

Sebagai anak kuliahan, pengin nggak sih kamu melakukan kegiatan luar kuliah, tapi selain organisasi yang ada di kampus? Aktif berkegiatan di luar perkuliahan sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pribadi (self development) dan sebagai bekal untuk karier ke depannya. Nah, mungkin banyak dari kamu yang bingung kegiatan apa saja yang bisa diikuti selama berkuliah. Ini dia beberapa rekomendasi dari tim ruangbaca untuk kamu.

1. Kembangkan minat dan bakat dengan ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

anak kuliahan - Sumber: madahbahana.orgMadah Bahana, UKM Marching Band di Universitas Indonesia (Sumber: madahbahana.org)

Di universitas biasanya terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang pada saat sekolah disebut Ekstrakurikuler. Namun UKM universitas jumlahnya lebih banyak dengan skala yang lebih besar. Mengikuti UKM sangat bermanfaat karena dapat membuat kamu mengembangkan minat dan bakat, khususnya untuk kamu yang mengambil kuliah dengan bidang berbeda dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Oleh karena itu, UKM ini dapat menjadi refreshment untuk kamu selama berkuliah.

2. Tambah prestasi dengan mengikuti lomba berskala nasional hingga internasional

anak kuliahan - Sumber: stei.itb.ac.id

Tim Mahasiswa ITB Wakili Indonesia dalam Kompetisi Internasional CASEiT 2019 di Kanada (Sumber: stei.itb.ac.id)

Buat kamu yang senang berkompetisi, mengikuti lomba hingga ke luar negeri pasti akan sangat menantang. Lomba-lomba ini banyak bidangnya, di antaranya adalah bidang bisnis dan IT yang paling sering diadakan. Tidak perlu takut sendirian, lomba berskala besar biasanya memperbolehkan kamu membuat tim sebanyak 2-3 orang. Kalau kamu bingung harus mencari informasi lomba dari mana, coba cari-cari informasi seputar lomba di kampus kamu. Banyak juga lomba yang memiliki sasaran mahasiswa tingkat kampus. Keuntungan dari mengikuti lomba atas nama kampus adalah kamu dapat membuat tim dengan teman satu kampus, juga bisa meminta pendanaan dari rektorat dan dekanat untuk mensponsori lomba yang akan kamu ikuti.

3. Ada banyak sekali konferensi di luar negeri untuk anak kuliahan

anak kuliahan - Sumber: http://blogs.yis.ac.jp

IASAS MUN Conference di Bangkok, Thailand 2017 (Sumber: Blog YIS AC, Jepang)

Jadi anak kuliahan ada banyak sekali keistimewaannya, salah satunya adalah tersedia banyak sekali konferensi berskala internasional dari yang berbayar hingga gratis (fully funded). Umumnya, syarat untuk mendaftar adalah dengan membuat esai. Kamu memang akan bersaing secara global, tapi tidak perlu khawatir, dengan kekayaan budaya dan alam di Indonesia, kamu bisa “menjual” banyak hal yang akan membuat dunia internasional tertarik pada esaimu. Contoh konferensi internasional bergengsi yang dapat kamu ikuti adalah simulasi Model United Nations.

4. Memperkaya CV dengan melamar magang

anak kuliahan - Sumber: blog.ruangguru.comDewa, salah seorang mahasiswa Indonesia yang memanfaatkan libur kuliah di US untuk bekerja magang di kantor Ruangguru (Sumber: Blog Ruangguru)

Kegiatan magang tidak menjadi mata kuliah wajib di kuliahmu? Nggak ada salahnya tetap melamar magang asal tidak mengganggu jam kuliah. Coba cari lowongan magang yang dapat kamu ikuti selama libur kuliah. Selain dapat membantu memperkaya CV dan menambah pengalaman, kamu juga dapat menambah uang jajan karena beberapa perusahaan memberikan “uang transport” untuk anak magang. Bagaimana caranya melamar magang?

Baca juga: Inilah Keuntungan Kerja Magang di Startup

Sebelum memikirkan apa saja yang perlu dipersiapkan, pikirkan dulu setelah lulus kuliah nanti kamu ingin bekerja di mana. Jika kamu memiliki perusahaan idaman, ini bisa jadi kesempatan bagus untuk memperlihatkan kemampuanmu. Siapa tahu kamu mendapatkan peluang untuk di-hire menjadi karyawan tetap setelah lulus kuliah nanti. Kalau kamu masih bingung apa yang harus dilakukan untuk melamar magang, kamu bisa mengikuti kelas How to Win and Succeed in an Internship di aplikasi ruangkerja.

5. Perluas pertemanan melalui kegiatan volunteering event hingga kegiatan sosial

Kamu bersedia melakukan sesuatu tanpa dibayar? Maka, kegiatan volunteering dapat menjadi pilihan kamu. Ada banyak sekali acara lokal maupun internasional yang memberikan kesempatan untuk berpartisipasi sebagai relawan alias volunteer. Pemerintah juga sering menawarkan kegiatan volunteering seperti Asean Games lalu. Beberapa kegiatan volunteering juga memberikan bayaran dalam hitungan harian.

anak kuliahan - Sumber: kemenpora.go.idPara anak muda relawan Asean Games (Sumber: kemenpora.go.id)

Itu dia pilihan kegiatan yang dapat kamu ikuti sebagai anak kuliahan. Jangan hanya kuliah ya, karena skill kamu tidak akan terasah dan itu akan mempersulit ketika mencari kerja nanti sebab di dunia kerja pengalaman luar kuliah akan sangat diperhitungkan lho!

Baca artikel informatif lainnya di aplikasi ruangkerja. Kamu juga dapat mengikuti berbagai kursus untuk meningkatkan kemampuanmu. Aplikasi ruangkerja sudah tersedia di Play Store dan App Store. Gratis lho!

Beri Komentar

Recent Posts