Ekonomi Kelas 7 | Kegiatan Ekonomi dan Perkembangan IPTEK

Perkembangan IPTEK

Pada artikel IPS Kelas VII kali ini kita akan mempelajari tentang kegiatan ekonomi dan kaitannya dengan perkembangan IPTEK.

--

Siapa yang suka atau pernah makan di kafe? Acung tangan! Rata-rata dari kita pasti pernah makan di kafe. Saat makan di kafe, tanpa sadar kita sedang melakukan kegiatan ekonomi loh Squad. Kegiatan ekonomi yang kita lakukan saat makan di kafe adalah kegiatan konsumsi. Selain konsumsi, ada juga kegiatan ekonomi lain yaitu produksi dan distribusi. Apa ya pengertian dari masing-masing kegiatan ekonomi tersebut? Yuk kita pelajari lebih dalam!

kegiatan ekonomi - separator produksi

Tahap pertama dari kegiatan ekonomi ialah produksi. Orang atau lembaga yang melakukan kegiatan produksi disebut dengan produsen. Misalnya seperti koki di kafe tempat kamu makan tadi Squad. Koki tersebut melakukan kegiatan produksi karena telah mengolah makanan yang akan disediakan kepada para pengunjung.

Lalu, produksi itu apa sih? Jadi, produksi adalah kegiatan menghasilkan atau menambah nilai guna dari barang atau jasa. Maksud dari nilai guna di sini adalah suatu barang jadi lebih berguna jika berubah menjadi barang lain. Contohnya yaitu lemari kayu. Lemari kayu berasal dari batang kayu yang diolah. Nilai guna dari lemari kayu lebih tinggi dibandingkan batang kayu.

Masih bingung ya Squad? Nih ada contoh selanjutnya. Mana yang lebih berguna, buku pelajaran yang terpajang di toko buku atau buku pelajaran yang sudah kamu beli? Tentu lebih berguna yang sudah kamu beli, karena setelah buku itu menjadi milik kamu, tentu buku itu akan lebih berguna karena bisa kamu baca dan menambah ilmu pengetahuanmu.

Setelah memahami tentang produksi dan nilai guna, kamu juga harus paham tentang faktor-faktor produksi yang digunakan untuk memproduksi suatu produk atau barang. Faktor-faktor produksi ada empat Squad, yaitu:

1. Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam adalah bahan-bahan yang ditemukan alam dan dapat digunakan untuk keberlangsungan hidup manusia. Sebagai faktor produksi, sumber daya alam digunakan sebagai bahan baku. Contohnya ada tanah/lahan, hutan dan air.

2. Tenaga Kerja

Tanah atau lahan yang dimiliki oleh produsen tentu tidak bisa mengolah diri sendiri ya Squad. Faktor yang kedua ada tenaga kerja. Tenaga kerja ini bertugas mengolah lahan atau tanah, jadi produk atau barang yang kita gunakan bisa dihasilkan.

kegiatan ekonomi - tenaga kerja

3. Modal

Modal, kamu pasti sering dengar kata modal kan? Modal tidak hanya berupa uang Squad, tapi bisa juga berupa mesin dan bahan mentah yang digunakan untuk proses produksi. Gedung untuk perkantoran juga bisa disebut modal.

4. Kewirausahaan

Terakhir ada kewirausahaan yang artinya kemampuan untuk menjalankan perusahaan agar berproduksi secara efisien dan menguntungkan dengan cara menyatukan faktor-faktor produksi. Jadi, di antara tiga faktor produksi di atas harus ada yang mengatur Squad, supaya proses produksi berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

kegiatan ekonomi - separator distribusi

Setelah produksi, kegiatan ekonomi selanjutnya ialah distribusi. Distribusi adalah kegiatan ekonomi yang tujuannya menyalurkan barang dan jasa kepada konsumen. Distribusi juga menambah nilai guna barang dan jasa loh Squad, karena jika barang yang diproduksi tidak disalurkan ke konsumen maka nilai dari barang atau jasa tersebut tidak akan berguna. Oh iya, orang atau lembaga yang melakukan distribusi disebut dengan distributor. Distributor sendiri dibagi menjadi tiga Squad, yaitu:

kegiatan ekonomi - jenis distribusi

Ada beberapa cara menyalurkan barang ke konsumen pada kegiatan distribusi. Ada distribusi langsung atau tanpa perantara, misalnya kafe tempat kamu makan tadi. Pemilik kafe bisa jadi produsen dan distributor sekaligus karena mereka langsung menjual makanannya kepada kamu tanpa perlu perantara. Ada juga distribusi semi langsung dan distribusi tidak langsung.

kegiatan ekonomi - separator konsumsi

Kegiatan ekonomi terakhir ialah konsumsi yang dilakukan oleh konsumen. Konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang mengurangi atau menghabiskan nilai guna dari barang dan jasa. Pelaku konsumsi bisa individu, perusahaan, bahkan negara. Kegiatan kamu makan di kafe juga termasuk kegiatan konsumsi loh Squad, karena kamu menggunakan barang berupa makanan yang kamu pesan, dan juga jasa berupa pelayanan yang diberikan oleh pemilik kafe kepada kamu.

Baca juga: Mengenal Distribusi Potensi Wilayah Indonesia

Sekarang ini, kegiatan ekonomi baik produksi, distribusi dan konsumsi sudah terbantu oleh adanya perkembangan IPTEK. Banyaknya supermarket, adanya jual beli online, adanya ekspor dan impor serta banyaknya mesin ATM (Automatic Teller Machine) adalah beberapa contoh dari perkembangan IPTEK di bidang ekonomi. Kamu juga pasti merasakannya kan? Nah, di balik berkembangnya IPTEK di bidang ekonomi ada beberapa dampak positif dan negatifnya Squad.

Dampak positif dari perkembangan IPTEK di kegiatan ekonomi antara lain:

1. produksi barang dan jasa jadi semakin cepat dan mudah karena tenaga manusia sudah digantikan oleh tenaga mesin;

2. lapangan pekerjaan baru banyak dibuka, seperti driver ojek online;

3. distribusi barang jadi semakin mudah;

4. keuntungan perusahaan meningkat; dan

5. kebutuhan masyarakat terpenuhi karena kemudahan-kemudahan yang didapatkan dari pemanfaatan IPTEK tersebut.

Sementara itu, dampak negatifnya adalah:

1. perubahan yang ada dari tenaga kerja manusia ke tenaga kerja mesin menyebabkan bertambahnya pengangguran, karena tenaga kerja manusia tidak terlalu banyak dibutuhkan lagi;

2. bertambahnya polusi baik lewat limbah darat, laut dan udara karena produksi yang semakin banyak; dan

3. selain polusi, sumber daya alam juga semakin habis karena dorongan untuk terus berproduksi dengan adanya kemudahan-kemudahan tersebut.

Sedih ya Squad jika membayangkan dampak-dampak negatif dari perkembangan IPTEK. Sebenarnya pemanfaatan IPTEK tidak hanya ada di kegiatan ekonomi tapi juga di kegiatan masyarakat yang lain seperti misalnya pada pendidikan, sosial dan budaya. Kita pun tahu bahwa perkembangan IPTEK tidak akan berhenti sampai sini saja karena akan terus menerus berkembang.

Makanya, kita harus belajar yang rajin Squad agar kita bisa memanfaatkan IPTEK dengan sebaik-baiknya dalam bidang apapun. Setelah baca artikel ini, kita belajar lagi yuk lewat ruangles dari Ruangguru. Ada banyak pilihan guru terbaik dan kamu bisa panggil untuk belajar privat di rumahmu. Ayo gabung sekarang!

ruangles

Beri Komentar