Keluar dari Zona Nyaman, Siapa Takut?

Ruangguru Apr 22, 2016 • 3 min read


 

Keluar dari Zona Nyaman Foto: pendoasion

"A comfort zone is a beautiful place, but nothing ever grows there."

Setiap orang pasti ingin meraih suksesnya masing-masing. Salah satu cara untuk menggapainya adalah mencoba keluar dari 'cangkang' yang dikenal sebagai comfort zone. Comfort zone adalah zona di mana kamu nyaman dan aman dengan keadaanmu sekarang. Kondisi ini memberikan kenyamanan karena terbebas dari conflict zone. Apa diantara kamu ada yang sedang menikmati situasi demikian? Bagus sih, tapi kalau terus-terusan merasa aman, kapan bisa maju dong?

Dikarenakan berbagai macam dilema, masih banyak yang terperangkap dalam zona nyamannya. Terlalu lama berada di comfort zone bisa mengurangi kepekaan kamu terhadap lingkungan sekitar lho. Padahal menantang diri untuk perubahan yang lebih baik itu perlu, kan? Cari tahu yuk, apa saja sih yang membuat orang malas keluar dari zona nyamannya?

Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari Zona Nyaman

Jika merasa sudah aman dan nyaman saat berada di satu titik tertentu, kita jadi merasa enggan untuk mengubah kondisi. Rasanya ingin terus ada di posisi yang stabil. Ketidakinginan ini kemudian melahirkan berbagai macam alasan yang menghambat diri untuk bereksplorasi. Padahal, selagi masih muda penting sekali untuk mengasah berbagai kemampuan yang ada. Tapi karena banyak ketakutan yang menghantui, jadilah kita berhenti di titik tersebut. Kalau sudah stuck, potensi yang ada pun tidak bisa dikembangkan. Sayang sekali, bukan?

So, bagaimana ya caranya supaya bangkit dari comfort zone kita? Ruangguru.com berikan tips yang bisa kamu lakukan di kehidupan sehari-hari. Check these out!

comfortzone(4)

Keluar dari Zona Nyaman

Oke, sesudah baca langkah-langkah di atas, penting juga nih untuk tahu manfaatnya. Apa saja pengaruh yang kamu dapat kalau kamu berhasil keluar dari comfort zone?

Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari Zona Nyaman

Setelah mengetahui berbagai pengaruh positif yang akan didapat, kamu pasti lebih terpacu lagi untuk keluar dari 'cangkang'. Awalnya mungkin kamu merasa serba salah, bingung, tidak enak, dan segala ketidaknyamanan lainnya. It's okay to be scared. Being scared means you're about to do something really, really brave. Namun lama-kelamaan, percaya deh, apapun yang kamu lakukan pasti akan membuahkan hasil, termasuk rasa nyaman. Dicoba yuk! Semoga tips yang diberikan Ruangguru.com bisa membantumu ya. Selamat memperbaharui diri, teman-teman :)

Beri Komentar