Kenali 7 Tanda Kolega dengan Sifat Pasif-Agresif. Bisa Jadi Dia Cemburu pada Anda

Jumroh

Mar 15, 2019 • 5 min read

sukses kerja etos kerja


7 Tanda kolega cemburu pada AndaArtikel ini mengenai tanda-tanda kolega Anda  mulai cemburu pada Anda

 --

Rekan Kerja, ketika Anda mulai mencintai pekerjaan dan orang-orang di perusahaan Anda, tiba-tiba ada kolega yang diam-diam membicarakan Anda di belakang. Hal tersebut mungkin karena kolega Anda cemburu akan performa kerja Anda yang luar biasa dan dia merasa iri. Kecemburuan tersebut biasanya diperlihatkan secara tidak langsung, istilah ini biasanya disebut dengan pasif-agresif.

Dalam sebuah buku  berjudul The Superhuman Mind: How to Unleash Your Inner Genius, psikologi Berit Brogaard dan Kristian Marlow menjelaskan bahwa pasif-agresif merupakan kecenderungan mengungkapkan ekspresi/emosi negatif secara tidak langsung. Hal ini biasa terjadi di lingkungan kerja lho. Yuk kenali 7 tandanya.

1. Menghindari pembicaraan dengan Anda

7 Tanda kolega cemburu dengan Anda

Kolega Anda menghindari pembicaraan dengan Anda (Sumber: Freepik.com)

Seseorang yang memiliki sifat pasif-agresif biasanya akan menghindari Anda secara tidak langsung. Misalnya, ketika dalam perkumpulan, dia berbicara panjang lebar dengan rekannya, namun ketika Anda datang, dia langsung menghentikan pembicaraan dan diam-diam langsung pergi dari perkumpulan tersebut. Hati-hati, itu tandanya dia mulai cemburu dengan Anda lho, Rekan Kerja.

Baca juga: Naik Jabatan? Ini Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Mantan Rekan Kerja

2. Tidak Senang Akan Prestasi Anda

7 Tanda kolega Anda cemburu dengan Anda

Kolega Anda tidak senang akan prestasi Anda (Sumber: tipspengembangandiri.com)

Selain menghindari pembicaraan dengan Anda, seorang dengan sifat pasif-agresif ini biasanya tidak senang akan prestasi yang Anda capai. Misalnya, ketika Anda mendapat sebuah prestasi atas pekerjaan Anda, semua kolega memberikan ucapan selamat pada Anda dan merayakannya bersama. Namun, salah satu kolega Anda tidak memberi ucapan selamat pada Anda dan tidak ikut bergabung dengan perayaan tersebut, bisa jadi dia cemburu dengan Anda. Bisa saja karena dia iri akan prestasi Anda yang  tidak didapatkannya.

3. Berbicara dengan nada mengejek

7 Tanda kolega Anda cemburu dengan Anda

Berbicara dengan nada mengejek dan membicarakan Anda di belakang (Sumber: IDN Times)

Berkaitan dengan poin di atas, ketika  Anda mendapatkan sebuah prestasi, Anda dipuji manajer Anda di depan umum, kolega Anda merasa tidak nyaman dan cemberut sepanjang hari, atau bisa saja dia akan memberikan ucapan selamat kepada Anda dengan nada mengejek dan membanding-bandingkan Anda dengan yang lain. Dia mengucapkan itu  untuk membuat Anda tidak nyaman. Mungkin saja Anda tidak menghiraukan omongan tersebut, namun lama kelamaan lingkungan Anda pasti akan menyadarinya.

4. Menolak ketika Anda meminta bantuan

7 Tanda kolega Anda cemburu dengan Anda

Kolega Anda menolak ketika Anda meminta bantuan mereka (Sumber: brillio.net)

Sebagai seorang karyawan  yang baik, tentunya Anda akan siap membantu karyawan  lainnya jika membutuhkan bantuan Anda. Namun, ketika Anda sedang butuh bantuan dan meminta mereka untuk membantu Anda, mereka akan berpura-pura sibuk. Hal tersebut karena kolega Anda ingin pekerjaannya tidak disaingi oleh Anda. Mengingat hasil kerja Anda lebih baik dari mereka.

5. Memberikan informasi yang salah

7 Tanda kolega Anda cemburu dengan Anda

Memberikan informasi salah untuk menyesatkan Anda (Sumber: Ihh.com)

Seseorang dengan sifat pasif-agresif, biasanya cenderung akan menggunakan cara halus dalam mengekspresikan ketidaksukaannya pada seseorang. Misalnya, ketika ada informasi terbaru terkait pekerjaan Anda dan Anda belum menerima informasi itu karena berbagai hal, kolega Anda akan memberikan informasi kepada Anda. Namun, informasi tersebut tidak benar, alias disalahkan atau direkayasa oleh kolega Anda. Hal tersebut dilakukannya agar Anda melakukan kesalahan dan menerima teguran dari atasan Anda, dengan begitu dia akan senang karena performa Anda berkurang di mata atasan Anda.

6. Membicarakan Anda diam-diam

7 Tanda kolega Anda cemburu dengan Anda

Kolega Anda sering membicarakan Anda di belakang Anda (Sumber: IDN Times)

Rekan Kerja, mungkin Anda tidak menyadari hal ini secara langsung. Namun, bisa saja Anda mengetahui hal ini dari kolega Anda yang lain. Seorang kolega yang cemburu pada Anda biasanya akan membicarakan Anda diam-diam dan menyebarkan fakta-fakta bohong tentang Anda pada atasan Anda. Hal tersebut dilakukannya untuk menjatuhkan citra Anda di mata kolega Anda yang lainnya. Orang yang cenderung membicarakan Anda diam-diam pastinya tidak menunjukannya di depan Anda, dia akan cenderung bersikap ramah di hadapan Anda.Oleh karena itu, sikap waspada perlu Anda miliki.

7. Membuat grup chat baru tanpa Anda

7 Tanda kolega Anda cemburu dengan Anda

Membuat group chat baru tanpa mengundang Anda (Sumber: GetApp Lab)

Salah satu hal yang paling sering terjadi di lingkungan kerja adalah ketika seseorang cemburu dengan Anda biasanya dia akan membuat grup chat baru tanpa Anda di dalamnya. Bisa saja dia melakukannya karena ingin bebas untuk menjelek-jelekan Anda atau memang karena dia tidak ingin Anda ada di dalamnya. Duh, tidak enak sekali pasti rasanya. Semoga Anda tidak mengalami ini ya, Rekan Kerja!

Nah, itu dia 7 tanda kolega Anda cemburu pada Anda. Hati-hati ya, Rekan Kerja. Hal ini bisa mengganggu konsentrasi kerja Anda lho. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga komunikasi dengan rekan di kantor agar terhindar dari kecemburuan. Selain masalah kecemburuan, ternyata banyak masalah lainnya yang dapat timbul di lingkungan kerja. Apa saja masalah-masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Baca artikel lainnya di aplikasi ruangkerja. Terus asah skill  Anda dengan berbagai pengetahuan baru yang bisa Anda dapat di aplikasi ruangkerja yang bisa Anda unduh secara gratis dengan mengklik gambar di bawah ini.

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts