Kenali dan Sadari Isu Anak Indonesia

Anggraeni Puspitasari Jul 23, 2018 • 3 min read


Squad, ketika membicarakan tentang kenangan ketika kecil, kenangan apa yang paling berkesan untukmu? Bermain bersama teman-teman, mainan yang banyak, atau pergi menonton sirkus bersama orang tua? Atau bahkan kamu terpikirkan akan kenangan yang kurang menyenangkan ketika kecil? Dipaksa untuk bekerja atau tentang perjuangan kamu yang harus menempuh berkilo-kilo meter untuk ke sekolah?

HARI_ANAK

Fakta tentang pendidikan Indonesia 

Kamu harus tahu bahwa terdapat berbagai macam kondisi anak Indonesia. Selain itu, permasalahan yang berkaitan dengan anak Indonesia juga masih sering ditemui di keseharian kita. Nah untuk meningkatkan perhatian kamu akan isu anak Indonesia, di Hari Anak Nasional ini kita ngobrol tentang isu-isu anak Indonesia yuk!

1. Kekerasan anak

Berdasarkan Convention on the Rights of the Child (1989) kekerasan anak dapat berupa kekerasan fisik, seksual, emosional, pengabaian, dan eksploitasi. Menurut data dari Survei Kekerasan Terhadap Anak Indonesia oleh Kementerian Sosial pada 2013 menyebutkan hampir setengah populasi anak laki-laki, yakni sekitar 7 juta anak dan sekitar 2 juta anak perempuan mengalami kekerasan. Data pada tahun 2017 berdasarkan Global Report 2017: Ending Violence in Childhood sebanyak 73,7 persen anak Indonesia berumur 1-14 tahun mengalami kekerasan dalam keluarga akibat pemaksaan pendisiplinan.

anak IndonesiaKampanye melawan kekerasan pada anak (Sumber: nasional.tempo.co)

Sitti Hikmawatty sebagai perwakilan KPAI dalam diskusi bulanan pada Februari lalu menyampaikan beberapa data kekerasan anak. Setidaknya sekitar tiga juta kasus angka kekerasan fisik pada anak laki-laki dan kekerasan emosional sebanyak 1,4 juta. Selain itu, setidaknya 1 dari 9 anak perempuan mengalami kekerasan secara emosional.

2. Pekerja Anak

Data ILO memperkirakan setidaknya terdapat 1,5 juta anak Indonesia usia 10-17 tahun yang bekerja di sektor pertanian. Anak-anak yang bekerja di sektor pertanian akan berhubungan dengan suhu ekstrem, pestisida, dan debu yang membahayakan kesehatan. Selain itu, anak-anak diharuskan bekerja dengan durasi yang panjang. Alat-alat yang digunakan juga berat, berbahaya, dan tidak memenuhi standar keselamatan kerja. Sektor pekerjaan lain ialah sektor jasa dan manufaktur. Dikutip dari dw.com buruh bawah umur di Papua mencapai 34,7% dari total pekerja.

anak IndonesiaBuruh anak dalam industri tembakau (Sumber: hrw.org)

Seperti yang dituliskan hrw.org, Ayu (13 tahun) mengaku bahwa ia sering muntah setiap sedang panen tembakau di desa sekitar Garut, Jawa barat karena terlalu lelah panen dan membawa daun tembakau. Cerita lain, Argo (15 tahun) mengungkapkan bahwa ia tiba-tiba merasa sakit saat menyemprotkan pestisida di wilayah pertanian tembakau. Kementerian Ketenagakerjaan merencanakan nol buruh anak pada 2022 sebagai usaha untuk menghapus buruh anak. Hal ini dilakukan dengan memberikan perlindungan sosial untuk anak di bawah umur.

3. Pendidikan

Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sekitar 4.1 juta anak berusia 6-21 tahun tidak bersekolah. Data lain berdasarkan survei dari National Socio-Economy, sekitar 1 juta anak usia 7-15 tahun tidak pergi ke sekolah dasar atau sekolah menengah pertama. Selain itu, sekitar 3,6 juta remaja usia 16-18 tidak bersekolah.

anak IndonesiaAnak-anak memiliki hak untuk bersekolah (Sumber: belapendidikan.com)

Pada tahun 2016, Indonesia menerapkan kebijakan wajib bersekolah 12 tahun yang bertujuan untuk menyetarakan akses pendidikan bagi anak usia 16-18 tahun. Program ini merupakan pembaharuan dari kebijakan wajib sekolah 9 tahun yang diluncurkan pada 1994. Setidaknya 1 dari 10 murid Indonesia tidak melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah pertama. Fakta lain yakni, 1 dari 5 anak yang menyelesaikan sekolah menengah tidak melanjutkan sekolah hingga tahun terakhir kelulusan.

Pendidikan merupakan hal penting bagi bekal kehidupan kita. Bukan begitu, Squad? Penyetaraan akses belajar untuk semua orang sekarang lebih mudah lho. Contohnya, ada ruangbelajar yang mempermudah belajar kamu karena dilengkapi dengan video belajar animasi dan misi yang menarik bersama Master Teacher. Tunggu apa lagi, Squad? Psst, ada diskon sebesar 40% bagi kamu yang menggunakan kode referral untuk berlangganan Ruangguru. Temanmu yang memberi kode referral juga akan mendapatkan pulsa hingga Rp150.000, lho setiap kodenya digunakan!

ruangbelajar

Beri Komentar