Kenapa Ide Kreatif Muncul Ketika di Kamar Mandi?

Jumroh Mar 24, 2019 • 3 min read


Artikel ini akan menjawab pertanyaan kenapa ide kreatif sering muncul ketika di kamar mandi.

---

Ketika berada di kamar mandi, pernahkah kamu tiba-tiba teringat akan benda yang hilang seminggu lalu? Atau tiba-tiba muncul ide untuk membuat bisnis dan lainnya? Ternyata hal ini sering kali terjadi pada banyak orang. Kenapa sih ide-ide kreatif atau ingatan kita lebih tajam ketika kita berada di kamar mandi? Nah, ternyata hal ini ada penjelasan ilmiahnya lho. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Aktivitas mandiri

ide kreatif

Mandi menjadi aktivitas mandiri yang membuat pikiran menjadi tenang (Sumber: Detikhealth.com)

Dalam sebuah penelitian berjudul The Psychologist Explain Why People Get Their Best Ideas in the Shower, mengatakan bahwa 72% ide kreatif muncul ketika kamu berada di kamar mandi. Mandi merupakan salah satu aktivitas mandiri yang membuat kita hanya fokus pada satu hal, yaitu membersihkan badan dan menikmati waktu untuk diri kamu sendiri dengan menggosokkan sabun ke badan dengan air. Hal tersebut membuat pikiran kamu menjadi lebih tenang dan lebih tajam. Meskipun kegiatan tersebut terlihat sederhana, hal tersebut ternyata mampu membuat kamu berpikir semakin kreatif lho. Penasaran? Coba buktikan sendiri.

2. Lebih rileks

ide kreatif

Kamar mandi menjadi tempat yang menenangkan untuk berpikir (Sumber: Id.aliexpress.com)

Menurut Co-Founder Buffer, Leo Widrich, kamar mandi merupakan tempat yang pas untuk memunculkan ide-ide kreatif, karena ketika kamu di kamar mandi, perasaan senang, rileks, dan distraksi ringan akan mengusik ide kreatif di alam bawah sadar. Hal ini dikarenakan otak melepaskan gelombang bahagia ketika kamu berada di kamar mandi.

Gelombang ini disebut dengan neurohormon dopamin yang membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks, sehingga pikiran-pikiran baru muncul. Tidak hanya itu, gelombang ini juga bisa membuat kamu mengingat hal yang telah berlalu lho. Misalnya, ketika kamu lupa menaruh kunci beberapa hari yang lalu, namun tiba-tiba ketika kamu mandi, kamu mengingat di mana kamu meletakkan kunci tersebut.

3. Tempat yang kondusif

ide kreatif

Kamar mandi menjadi tempat yang kondusif untuk berpikir (Sumber: Rumahterupdate.com)

Selain menjadi tempat yang membuat pikiran menjadi lebih rileks, ternyata kamar mandi juga menjadi tempat paling kondusif untuk menenangkan diri lho. Ketika kamu berada di kamar mandi, pernahkah kamu merasa nyaman dan tenang? Apalagi jika kamu membawa smartphone ke kamar mandi, tentunya kamu tambah betah bukan? Sebuah riset yang dilakukan oleh Ron Friedman Daniel Pink, Gretchen Rubin, Adam Grant, Susan Cain dan Scott Barry Kaufman menyebutkan bahwa suasana di kamar mandi yang santai membuat kamu berpikir dengan bebas dalam lamunan alam bawah sadar. Suasana tersebut membuat otak kamu merespon ide-ide baru yang kreatif muncul.

Walaupun kamar mandi menjadi tempat yang cocok untuk memunculkan ide kreatif, bukan berarti kamu harus berlama-lama di kamar mandi, karena untuk memunculkan ide kreatif bisa di mana saja sesuai dengan keinginan kamu. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan ide kreatif adalah dengan rajin membaca. Yuk, terus tingkatkan minat baca kamu dengan mengunjungi ruangbaca setiap harinya. 

New call-to-action

 

Beri Komentar