IPA Kelas 9 | Kenapa Perempuan yang Sudah Menstruasi Bisa Hamil?

Rizky Rahmatunnisa

Nov 13, 2018 • 5 min read

konsep pelajaran SMP kelas ix ipa ix


menstruasi bisa hamil - HEADER 

Artikel ini membahas tentang alat reproduksi perempuan, proses menstruasi, dan kehamilan.

--

Saat seorang perempuan mengalami menstruasi pertamanya (menarche), ngga jarang orang tua bakal bilang “Kamu kan udah haid, bergaulnya hati-hati ya” atau “Kamu harus bisa jaga diri, jangan mau diajak yang aneh-aneh.” Emang kenapa sih orang tua bisa bilang kaya gitu? Yaudah kita bahas deh.

Baik remaja putra maupun remaja putri mengalami perubahan sekunder dan primer saat memasuki masa pubertas. Masa pubertas pada remaja putri umumnya terjadi pada usia 10,5 sampai 14 tahun. Perubahan sekunder pada remaja putri ditandai dengan growth spurt, berupa puncak kecepatan pertumbuhan tinggi badan atau Peak Height Velocity (PHV), serta puncak kecepatan penambahan berat badan atau Peak Weight Velocity (PWV). Selanjutnya payudara remaja putri mulai membesar, tumbuhnya rambut-rambut halus di ketiak dan organ intim. Remaja putri juga mengalami produksi keringat berlebih sehingga muncul bau badan, serta munculnya jerawat. Ini nih yang bikin remaja cewe-cewe suka cranky.

Kalau remaja putra kan perubahan primernya ditandai dengan mengalami mimpi basah, maka pada remaja putri ditandai dengan menstruasi pertama (menarche). Seorang perempuan yang telah mengalami menstruasi menunjukkan bahwa ia telah mampu menghasilkan sel telur. Artinya, ia telah siap bereproduksi dan melahirkan bayi.

Baca Juga: Bagaimana Laki-Laki Mengalami Mimpi Basah?

By the way, kenapa ya seorang perempuan yang sudah menstruasi bisa hamil? Hmm sebelum kesana, kamu harus tahu dulu apa aja sih alat reproduksi perempuan beserta fungsinya?

 menstruasi bisa hamil - separator 1

A. Alat Kelamin Dalam

menstruasi bisa hamil - infografis 1

Ovarium (indung telur)

Ovarium berjumlah sepasang, merupakan tempat untuk memproduksi sel telur (ovum) serta hormon estrogen dan progesteron.

Tuba falopii (oviduk/saluran telur)

Tuba falopii atau oviduk berjumlah sepasang, merupakan saluran yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Sel telur yang dilepaskan dari ovarium diterima oleh ujung tuba falopii yang berbentuk corong (disebut infundibulum). Dari tuba falopii, sel telur kemudian menuju rahim. Tuba falopii juga berfungsi sebagai tempat pembuahan sel telur (fertilisasi).

Uterus (rahim)

Uterus atau rahim adalah tempat melekatnya sel telur yang telah dibuahi oleh sperma. Uterus berupa rongga berotot yang mampu mengembang mengikuti perkembangan embrio.

Vagina

Vagina merupakan saluran akhir dari alat kelamin dalam.

 

B. Alat Kelamin Luar

menstruasi bisa hamil - infografis 2

Lubang vagina

Lubang vagina berfungsi sebagai alat kopulasi pada perempuan, jalan lahir bayi waktu melahirkan, dan saluran tempat keluarnya menstruasi.

Labia mayora

Labia mayora (bibir besar) adalah dua lipatan tebal yang membentuk sisi vulva (terdiri atas labia mayora, labia minora dan klitoris), berfungsi untuk melindungi struktur alat kelamin yang berada di dalam.

Labia minora

Labia minora (bibir kecil) adalah dua lipatan kecil dari kulit di antara bagian atas labia mayora. Bisa dibilang labia minora merupakan lapis kedua pelindung vagina.

Mons pubis

Mons pubis merupakan bagian menonjol yang berisi lemak. Saat pubertas, kulit mons pubis ditutupi oleh rambut-rambut.

Klitoris

Klitoris terletak di ujung atas kedua labia minora. Klitoris banyak dialiri pembuluh darah dan urat saraf, sehingga klitoris merupakan daerah yang sangat sensitif terhadap rangsangan seksual.

Lalu, gimana ya berbagai alat reproduksi ini saling bersinergi sehingga seorang perempuan mengalami menstruasi?

menstruasi bisa hamil - infografis 3

Pada umumnya, setiap 28 hari sekali ovarium menghasilkan sebuah sel telur (ovum). Peristiwa ini disebut ovulasi. Ketika terjadi ovulasi, dinding rahim mengalami penebalan sehingga menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan zigot. Namun, jika tidak terjadi pembuahan di tuba falopii, sel telur yang sudah matang akan menuju rahim. Setelah beberapa hari, jika sel telur di rahim tidak dibuahi oleh sperma, sel telur mati dan dikeluarkan dari uterus bersama dengan dinding rahim yang meluruh bersama darah dan dikeluarkan melalui vagina. Peristiwa ini disebut menstruasi.

menstruasi bisa hamil - infografis 4

Sebaliknya, jika sesaat setelah ovulasi ada sperma yang masuk ke sel telur, maka akan terjadi pembuahan (fertilisasi) di tuba falopii. Saat fertilisasi berlangsung, hanya kepala sperma yang mengandung inti sel yang masuk ke dalam dinding sel telur, sedangkan ekornya tertinggal di luar. Sel telur yang telah dibuahi sperma disebut zigot. Kemudian zigot berkembang menjadi embrio yang kemudian menempel pada dinding rahim. Beberapa hari setelah zigot menempel di dinding rahim, akan terbentuk sekumpulan pembuluh-pembuluh darah di dinding rahim yang disebut plasenta. Kebutuhan janin akan disalurkan ibu melalui plasenta dengan perantara tali pusat atau ari-ari. Kemudian janin terus berkembang di dalam rahim sekitar 266 hari atau 9 bulan lebih 10 hari. Setelah kehamilan mencapai usia tersebut, tibalah saatnya untuk proses persalinan atau kelahiran bayi.

Makanya ga heran kebanyakkan orang tua cerewet ke anak perempuannya yang telah mengalami menstruasi karena artinya anaknya sudah siap bereproduksi. Meskipun secara biologis sudah siap, namun remaja seusiamu dianggap belum siap secara fisik, mental, dan ekonomi untuk mengalami kehamilan. Jadi, ingat ya kamu harus hati-hati dalam bergaul, jangan sampai terjerumus ke pergaulan bebas. Sekolah dan gapai cita-citamu dulu, ya!

Okedeh, kalau kamu masih ada pertanyaan terkait materi ini, jangan ragu untuk bertanya ke tutor-tutor keren di ruanglesonline. Ga cuma materi ini, materi apapun bisa dijawab lho. Asal ga nanya “Ka, udah punya pacar belum?” pasti dijawab deh!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts