Kenapa Setelah Makan Bisa Terjadi Sendawa?

Tedy Rizkha Heryansyah

Jan 17, 2019 • 2 min read

Wow ternyata


penyebab sendawa setelah makan - header

Artikel kali ini akan membahas tentang penyebab terjadinya sendawa setelah makan.

Membicarakan mekanisme pertahanan tubuh kita, tentu banyak sekali yang bisa kita kulik ya Squad. Coba sekarang kamu hitung-hitung deh, dalam satu hari berapa kali mata kamu berkedip? Percaya atau tidak, itu salah satu mekanisme pertahanan alami untuk mata. Begitu juga dengan sendawa. Yaps, biasanya nih setelah kamu makan terus merasa kenyang, secara refleks, maka kamu akan bersendawa.

Memangnya apa sih sendawa itu?

Sendawa itu sendiri merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan gas dari dalam perut. Sendawa itu punya kerabat dekat yakni kentut. Kenapa dikatakan kerabat dekat? Fungsinya sama. Mengeluarkan gas dari dalam perut hanya beda jalannya aja. Sendawa lewat bagian atas (mulut), nah kentut lewat bagian belakang (dubur).

penyebab sendawa setelah makan - meme

Lalu, kenapa setelah makan itu bisa terjadi sendawa ya? Penjelasan singkatnya begini Squad.

Saat kamu makan nih, selain menelan ayam goreng, nasi, kerupuk, dan lalapan, kamu mungkin saja menelan udara. Iya, pas kamu membuka mulut itu bisa saja gas yang berupa oksigen dan nitrogen, masuk ke dalam mulut. Nah, gas tersebut kemudian dikeluarkan oleh tubuh melalui mulut. 

wow - sendawa - image 1

Saat makan, gas berupa oksigen dan nitrogen sangat mungkin masuk ke dalam mulut. Sumber: sf.funcheap.com

Memang, sendawa setelah makan itu dirasa kurang sopan bagi sebagian orang. Tapi, kalau dilihat dari sisi kesehatan, sendawa juga punya manfaat lho Squad. Sendawa nggak bisa menghilangkan rasa tidak nyaman pada hati kamu Squad. Sendawa hanya bisa menghilangkan rasa tidak nyaman di perut kamu. Perut kembung dan terasa begah (penuh), bisa saja karena terlalu banyak gas yang masuk ke dalam perut. Oleh karena itu, sendawa datang untuk menyelamatkan perut kamu dari tumpukan gas.

Baca Juga: Mengapa Orang Indonesia Sering Masuk Angin?

Sendawa juga bisa membantu pencernaan Squad. Gas yang menumpuk di dalam perut itu memperlambat kinerja lambung. Nah, dengan adanya sendawa gas di dalam perut berkurang dan otomatis sistem kerja di lambung akan membaik.

penyebab sendawa setelah makan - tahukah kamu

Terus, kalau setelah makan tidak bersendawa apakah dikatakan berbahaya?

Nggak juga Squad. Itu artinya gas yang masuk ke dalam mulut kamu tidak banyak. Biasanya, gas yang bisa masuk ke dalam mulut itu kalau kamu makan atau minum dilakukan dengan buru-buru. Selain dari faktor buru-buru, bisa terjadi juga karena makanan yang kamu konsumsi memicu gas berlebih juga di lambung seperti kacang-kacangan, brokoli, atau minuman bersoda. Mulai sekarang, jangan pernah ditahan-tahan ya kalau pengen sendawa, tapi ingat sopan santun juga kalau di depan orang lain.

Ngomong-ngomong soal sendawa itu sangat erat kaitannya dengan lambung. Lambung itu sendiri masuk ke dalam sistem pencernaan kan? Nah, kamu bisa banget lho cari tahu tentang sistem pencernaan di ruangbelajar. Penjelasan di ruangbelajar dijamin seru dan nggak bakal bikin bosen karena ada animasi-animasi keren yang pastinya bikin kamu makin paham. Gabung sekarang yuk!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts