Sudah Belajar Berkali-kali, Kenapa Tidak Ada Peningkatan?

Ruangguru Mar 14, 2016 • 4 min read


Sudah belajar semalaman, tapi hasilnya sama saja. Sudah rela melewatkan pertandingan tim bola kesayangan demi belajar, tetap tidak ada peningkatan prestasi. Apa sih yang salah? Apa memang dasarnya tidak pintar?

“Tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik dan metode yang benar.” – Prof.Yohanes Surya

Di antara kamu mungkin pernah merasakan kondisi seperti itu. Kami setuju dengan Prof.Yohanes Surya, bahwa tidak ada anak yang bodoh di dunia ini, termasuk kamu. Coba deh kamu evaluasi metode belajar kamu selama ini. Mungkin selama ini kamu lebih sering pakai cara SKS aka Sistem Kebut Semalam, mudah terdistract, dan lain-lain.

1. Bagi kamu yang mudah sekali terdistract sama hal sepele, stay away from your handphone!

 

Foto: www.sodahead.com Foto: www.sodahead.com

Gadget sering banget jadi hal yang mudah mengalihkan pikiran dan menghilangkan fokusmu. Meskipun sudah silent mode, tetap saja tangan bisa “gatal” untuk ngecek Handphone/Tablet, meskipun tidak ada notifikasi sekalipun. Ini merupakan efek dari gaya hidup masa kini, di mana gadget menjadi andalan. Jadi, kalau lagi belajar, jauhkan dulu deh handphone dari jangkauan kamu. Silent, kemudian selipkan di laci atau di sela-sela tumpukan pakaian di lemarimu. Dengan cara ini, setidaknya pikiranmu bisa fokus ke hal yang ada di depan kamu, yaitu pelajaran. Nanti-nanti dulu deh update statusnya atau ngepoin si dia, hehe.

2. Manfaatkan sticky notes!

Salah satu kesalahan ketika belajar, yaitu kita cenderung menghafal setiap detail materi yang disampaikan. Ini bakal bikin kamu semakin mumet dan cenderung bosan lho. Daripada fokus menghafal materi, coba fokus pada poin-poin pentingnya aja deh.

Bagaimana caranya supaya poin-poin itu tetap bikin kamu tertarik untuk baca? Tuliskan catatan penting di sticky notes! Warna-warni sticky notes akan meningkatkan semangat kamu. Misalnya rumus phythagoras, tenses, atau buatlah kata kunci yang menarik dan mudah diingat. Dengan menulis, kamu juga sambil mengulang dan mengingat pelajaran lho. Kemudian, tempel sticky notes-nya di buku, dinding kamar, atau cermin kamarmu. Cara ini akan bikin kamu lebih cepat menguasai materi karena setiap hari kamu sengaja maupun tidak melihat materi itu. Selain makin mudah untuk menghafal, pemahaman terhadap materi juga akan lebih berkembang.

3. Mewarnai yuk!

www.facultyfocus.com Foto: www.facultyfocus.com

Coba yuk warnai buku pelajaran atau bacaanmu dengan highlighter pen. Kamu bisa berikan tanda dengan warna pada materi yang kamu anggap penting atau sulit. Dengan begitu, kamu bisa membaca cepat inti dari isi buku tersebut. Hemat waktu, tapi efektif.

4. Merekam materi

Ada orang yang tipe belajarnya dengan cara mendengar. Nah, merekam materi pelajaran waktu di kelas bisa jadi alternatif nih buat kamu yang mau coba belajar dengan cara tidak biasa. Rekaman pelajaran itu bisa kamu dengarkan berulang berkali-kali di manapun. Di perjalanan menuju sekolah atau kampus, biasanya kita pakai earphone untuk mendengar musik. Sekarang coba deh ganti musik itu dengan materi pelajaran yang kamu rekam saat di kelas. Lumayan membantu lho buat kamu yang kurang suka membaca.

5. Atur jadwal belajar

www.pexels.com Foto: www.pexels.com

Cobalah atur waktu belajarmu. Pastikan semua mata pelajaran/kuliah terdaftar di time table-mu ya. Masukkan juga waktu untukmu beristirahat. Sah-sah saja sih belajar rajin demi menata masa depan, tapi bukan berarti jadi begadang tidak menentu terus. Kalau kamu tidak menyediakan waktu cukup buat istirahat, kasihan tubuhmu jika terlalu diforsir. Otak kamu juga pasti capek, malah cenderung susah untuk menerima pelajaran. Percuma kan, kamu belajar tiap hari dengan porsi berat kalau waktu ujian kamu justru nggak bisa ingat materinya?

6. Pray harder

Berdoa sebenarnya adalah poin penting lainnya. Jadi, jangan lupakan hal yang satu ini ya! Berdoalah dengan bersungguh-sungguh setiap ingin memulai kegiatan apapun, termasuk belajar.

Yap, demikianlah beberapa tips untuk memperbaharui cara belajarmu. Apa kamu punya cara lain yang lebih ampuh? Share ke kami ya di kolom komentar.

Beri Komentar