Kerja di Industri Musik? Inilah Profesi yang Bisa Anda Pilih

Maya Martha

Mar 8, 2019 • 5 min read

Sukses Kerja tips & trick


industri musik

Artikel ini mengenai profesi apa saja yang dapat Anda pilih di dalam industri musik

--

Siapa sih yang tidak suka dengan musik? Hampir semua orang pasti tidak bisa lepas dari musik di dalam hidupnya. Bahkan bagi sebagian orang, musik menjadi sumber pendapatan. Apakah Anda juga termasuk satu dari sekian banyak orang yang ingin berprofesi di industri satu ini? Jangan takut Rekan Kerja, walaupun banyak yang mengatakan bahwa dunia kreatif tidak menjanjikan namun ternyata banyak pilihan profesinya dalam industri musik yang bisa Anda pilih dan memberikan Anda keuntungan.

1. Pemain instrumen

industri musik

Menjadi pemain musik (Sumber: solent.ac.uk)

Sebagai pemain musik tentu perlu bagi Anda untuk menguasai suatu alat musik tertentu. Dengan keahlian yang Anda miliki tersebut Anda bisa bergabung ke dalam format band atau secara tunggal. Dalam pencapaian karier, tentu Anda perlu mempertahankan idealisme musik yang Anda mainkan terkait genre atau jenis musik Anda agar karya musik dapat tercipta secara maksimal. Namun apabila Anda tidak membuat karya musik sendiri dengan keahlian Anda bermain musik, Anda juga dapat menjadi session player (menjadi musisi yang dikontrak untuk bermain di salah satu keperluan rekaman atau acara misalnya) juga dapat memberikan keuntungan yang unggul bagi Anda. Namun tentu saja menjadi session player harus mempunyai pengalaman atau keahlian dalam memainkan alat musik dalam berbagai genre atau style musik agar Anda dapat menciptakan “rasa” yang dibutuhkan.

Baca juga: 5 Fakta Menjadi Lebih Kreatif ala Yoris Sebastian

2. Orang di belakang panggung

industri musik

Sound engineer pada sebuah pagelaran musik (Sumber: prosoundnetwork.com)

Bagi Anda yang tidak memiliki keahlian dalam memainkan alat musik, Anda dapat menjadi bagian dalam suatu pagelaran musik. Anda dapat menjadi soundman, sound engineer, atau juga manager sebuah musisi itu sendiri. Keterlibatan Anda dalam bidang ini membutuhkan keahlian dalam mengoperasikan sound system. Walaupun mungkin bukan sesuatu yang tidak mudah, namun Anda dapat mempelajarinya secara otodidak (dari buku dan juga terjun langsung ke lapangan). Sound system merupakan suatu faktor pendukung terciptanya suara musik yang baik dan berkualitas. Untuk itu, harus ada orang yang ahli dan mengerti perihal bidang ini dalam menghasilkan suatu pagelaran musik yang hebat. Selain itu juga, penting bagi musisi untuk memiliki hasil dokumentasi yang kerjakan oleh para fotografer dan videografer. Anda bisa memilih profesi ini juga, Rekan Kerja!

3. Penyedia keperluan rekaman musik

industri musik

Berbagai alat yang dibutuhkan untuk memproduksi musik (Sumber: audiolab.org)

Para musisi pastinya perlu untuk memproduksi hasil karyanya agar bisa diberikan kepada para pendengarnya. Anda bisa menjadi bagian menjadi kru studio musik. Namun memang Anda harus memiliki berbagai macam alat pendukung yang disertai juga dengan kemampuan untuk merekam, audio editing, mixing, mastering, dan reproduksi suara. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mendalami terkait dengan kesesuaian musik dan suara yang dihasilkan. Pengalaman dan ilmu sangat dibutuhkan dalam hal ini, Rekan Kerja! Modal yang cukup diperlukan untuk membangun sebuah suatu studio musik namun tidak dapat dipungkiri apabila kualitas rekaman Anda sudah terpercaya maka akan banyak musisi yang menggunakan jasa Anda untuk memproduksi hasil karya mereka.

4. Masuk ke dalam suatu profesi akademisi

industri musik

Mengajar anak-anak sebagai guru musik (Sumber: schoolnews.co.nz)

Bagi Anda yang ahli dalam memainkan suatu alat musik dan memiliki keinginan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tentu memiliki profesi sebagai guru musik adalah hal yang paling menyenangkan. Anda dapat melakukan hobi Anda sekaligus menjadikannya sumber pendapatan. Tidak harus bergabung ke dalam suatu institusi musik karena Anda juga dapat meraih murid dengan membuka les privat musik di rumah. Berkembangnya zaman dapat membantu Anda untuk menyebarluaskan penawaran jasa Anda ini ke dalam platform media sosial.

5. Penulis musik

industri musik

Penulis musik dalam sebuah media fisik (Sumber: choosic.tumblr.com)

Bagi Anda yang menyukai dunia menulis dan musik, Anda mungkin dapat memilih profesi sebagai penulis lagu, jingle writer (membentuk musik pendek yang menggambarkan suatu produk yang diiklankan, biasanya hanya suatu rangkaian nada saja), composer, film scorer (menulis komposisi musik untuk keperluan acara televisi maupun film seperti membuat ilustrasi musik atau soundtrack), dan jurnalis musik. Sebagai seorang jurnalis musik, Anda perlu untuk mendalami apa yang ingin ditulisnya. Penulis yang baik memerlukan riset yang khusus, valid, dan kreatif agar dapat tersampaikan kepada masyarakat luas terkait arah dari tulisan Anda. Terlebih tulisan mengenai musik yang dituangkan memang terlampau sulit untuk menjabarkan kecondongan fakta dibandingkan dengan opini pribadi. Terutama apabila Anda ingin mengulas sebuah karya musik yang dikaitkan dengan konteks sosial yang terjadi. Seperti contohnya karya dari musisi The Beatles “Let It Be” yang sukses menjadi sorotan dunia karena memberikan semangat terkait problematika yang terjadi pada masa itu atau juga kehadiran band muda asal Amerika, Greta Van Fleet, yang menyerupai band legendaris asal Inggris, Led Zeppelin, sukses menggiring masyarakat mengambil sisi ketidak dukungannya dari berbagai faktor. Profesi ini sangat langka lho Rekan Kerja! Jika Anda mampu dan merasa memiliki pengamatan tinggi di dalam dunia musik, tidak ada salahnya mencoba.

Rekan Kerja, lima kelompok profesi ini masih sebagian dari banyaknya profesi di dalam industri musik yang dapat Anda pilih. Banyaknya profesi harus disesuaikan dengan kebutuhan dari produk musik itu sendiri. Namun, penjabaran ini dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mencari lowongan kerja di industri musik tidak mengharuskan Anda mampu memainkan alat musik lho! Tenang saja, passion dan intuisi Anda tentang musik dapat dijadikan sebuah profesi dan juga sumber pendapatan.

Ada banyak artikel-artikel yang bisa Anda baca di aplikasi ruangkerja untuk menambah pengetahuan dan kemampuan Anda di dunia kerja. Unduh aplikasinya di App Store atau Play Store sekarang  juga, gratis!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts