IPS Terpadu Kelas 6 | Kerja Sama ASEAN: Manfaat dan Peran

Tri Janarti Jan 6, 2020 • 5 min read


Kerja Sama ASEAN Manfaat dan Peran

Pada cerita sebelumnya, Roro dan Guntur mendapat pengetahuan baru tentang ekspor dan impor ketika berada di kereta. Kemudian saat keluar dari Stasiun ASEAN mereka menemukan sesuatu yang membuat mereka belajar hal baru lagi. Hmm... apa ya yang mereka temukan?

---

Setibanya di Stasiun ASEAN, tiga sekawan itu langsung menuju pintu keluar dan melanjutkan perjalanannya ke museum. Namun, Roro tiba-tiba berhenti berjalan dan menatap ke atas.

“Ada apa Ro?” Guntur bertanya sembari mengikuti arah pandangan Roro.

Jari Roro menunjuk ke atas, “Guntur kamu ingat nggak dengan bendera-bendera itu?”

Guntur menunjuk satu per satu bendera itu sambil berkata, “Bendera Indonesia, Malaysia, Thailand... Eh tunggu, emang kenapa Ro dengan bendera-benderanya?”

“Coba kamu perhatikan deh bukannya itu semua bendera dari negara-negara Asia Tenggara, ya?”

“Oh iya ya!” seru Guntur.

“Betul, bendera yang dipasang di sini merupakan bendera dari negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam organisasi ASEAN,” kata Kanguru.

“Sementara gedung besar di depan kalian ini adalah Gedung Sekretariat ASEAN di Indonesia,” tambah Kanguru sembari menunjuk gedung yang dimaksud.

Kerja Sama ASEAN Manfaat dan Peran

Roro dan Guntur mengamati gedung di depannya. Lambang organisasi ASEAN tertempel di muka gedung, dan di bawah lambang itu terdapat tulisan Association of Southeast Asian Nations yang merupakan kepanjangan dari ASEAN.

Eh, tapi kenapa ya Indonesia bergabung dengan ASEAN?” tanya Guntur penasaran.

Udah pasti karena letak Indonesia yang berada di Asia Tenggara dong,” jawab Roro sekenanya.

Ah, Ro yang benar dong jawabnya,” ucap Guntur baper.

Kanguru menengahi kedua temannya, “Roro benar kok. Tapi, ada hal lain juga yang harus kalian tau nih.”

Kerja Sama ASEAN Manfaat dan Peran

Perhatian Roro dan Guntur pun beralih kepada Kanguru. Mereka ingin menyimak informasi penting yang sepertinya akan disampaikan oleh Kanguru.

Kanguru melanjutkan bicaranya, “Pendirian ASEAN sebenarnya bisa memberikan manfaat terhadap perdagangan antarnegara di Asia Tenggara. Jadi, Indonesia yang tergabung di ASEAN pun mendapatkan manfaat itu.”

“Maksudnya?” tanya Roro.

“Indonesia akan lebih mudah melakukan jual-beli dengan negara-negara di Asia Tenggara karena keeratan hubungan organisasi ASEAN. Indonesia bisa menjual barangnya, seperti minyak mentah, kopi, dan karet lalu...”

“Oh! Berarti Indonesia jadi bisa melakukan ekspor ke negara Asia Tenggara lainnya dong!” seru Guntur memotong penjelasan Kanguru.

“Iya betul. Indonesia juga bisa melakukan impor dengan membeli barang dari negara Asia Tenggara lainnya. Misalnya, membeli gandum dan mesin,” tambah Kanguru.

Kerja Sama ASEAN Manfaat dan Peran

“Terus masih ada lagi nggak manfaat ASEAN bagi Indonesia?” tanya Guntur kembali.

“Aku kayaknya tau apa aja manfaat lainnya!” seru Roro mengacungkan jarinya.

“Coba sebutkan Ro,” balas Kanguru.

“Manfaat pertama, dapat menciptakan stabilitas, perdamaian, dan keteraturan di Asia Tenggara. Yang kedua, terjalinnya kerja sama di bidang pembangunan dan percepatan pemajuan ekonomi,” sebut Roro.

“Dengan kedua manfaat itu bukannya bisa mendorong Indonesia menjadi negara maju, ya?” tanya Guntur memastikan.

“Iya betul,” jawab Kanguru.

Tapi, masih ada satu lagi nih manfaatnya, yaitu ASEAN dapat dijadikan wadah bagi Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan nasional di forum internasional,” lanjut Kanguru.

Kemudian Guntur bergumam menghafal ketiga manfaat tersebut. Ia menggerakkan jarinya seperti sedang menghitung angka satu sampai dengan tiga.

Kerja Sama ASEAN Manfaat dan Peran

“Oh iya, kalian juga harus tau nih bahwa Indonesia juga memiliki peran untuk ASEAN,” ujar Kanguru lagi.

Kanguru mengecek respons teman-temannya. Lagi-lagi Roro dan Guntur kembali memperhatikan Kanguru dengan serius.

Kemudian ia melanjutkan, “Peran Indonesia selama bergabung di ASEAN ini ada di berbagai bidang. Ada di bidang ekonomi, kelautan, ketenagakerjaan, serta politik dan kemanusiaan.”

“Apa aja tuh peran-perannya?” tanya Roro.

Kerja Sama ASEAN Manfaat dan Peran

Wah, keren banget!” seru Guntur.

“Iya, ternyata Indonesia memiliki peran penting ya untuk ASEAN,” sahut Roro.

“Ro kita belum sampai museum aja udah belajar banyak hal gini. Apalagi kalau udah di sana pasti makin bertambah deh pengetahuan kita!” seru Guntur.

“Iya ya. Aku jadi ingin cepat sampai museum deh,” ucap Roro.

Kanguru merangkul kedua temannya, “Yaudah kita lanjutkan perjalanan kita, yuk!”

Setelah itu, mereka pun melanjutkan perjalanannya. Mereka tidak menyangka akan mendapat pengetahuan bahwa kerja sama ASEAN memberikan manfaat perdagangan antarnegara Asia Tenggara. Selain itu, mereka juga baru tahu bahwa Indonesia memiliki peran penting dalam ASEAN.

Selesai deh cerita perjalanan mereka kali ini. Bagaimana kamu sudah puas belum dengan pembahasan di artikel ini? Kalau kamu ingin lebih tahu lagi, kamu bisa lho gabung di ruanglesonline. Nah, setelah gabung kamu bisa deh tuh bertanya tentang materi ini ke kakak tutor biar lebih paham lagi. Buruan gabung, ya!

New Call-to-action

Beri Komentar