Kesalahan yang sering terjadi pada UN Bahasa Inggris SMP

Halo RG Squad! Ketika menghadapi ujian Bahasa Inggris apakah kamu suka kewalahan karena merasa waktu ujian terlalu singkat? Ternyata bukan kamu saja yang merasakan hal tersebut, banyak teman-teman lainnya yang  juga mengeluhkan kurangnya waktu ujian. Nah, untuk itu, kali ini Ruangguru sudah merangkum beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika Ujian Nasional Bahasa Inggris. Supaya untuk ujian selanjutnya kamu bisa berusaha lebih baik lagi, ayo kita mulai!

1. Terlalu lama menghabiskan waktu untuk membaca teks

Dalam reading comprehension, kamu akan dihadapkan pada teks yang panjang. Banyak yang membaca teks berulang-ulang karena tidak memahami soal. Padahal  menurut Kak Fikrie, salah satu Master Teacher Bahasa Inggris di Ruangguru, reading bukan artinya kamu harus memahami semua paragraf. Namun hanya perlu memahami apa yang ditanyakan, sehingga cukup baca pilihan jawabannya dan kamu akan tahu apa yang ditanyakan. Pilihan jawaban biasanya berupa restatement dari  informasi yang ada di wacana. Lalu kamu liat deh, mana dari pilihan jawaban tersebut yang secara informasi bisa ditemukan dalam teks.

2. Terlalu berfokus pada beberapa teks

Kesalahan yang sering terjadi

Kamu akan kehabisan waktu jika terlalu berfokus pada beberapa teks saja. (Sumber: bustle.com)

Hal yang baik jika kamu bisa fokus memahami teks, namun jika kamu terlalu fokus pada hal tersebut, dapat berakibat pada kurangnya waktu untuk mengerjakan soal-soal lainnya. Maka kamu butuh time management atau manajemen waktu yang baik Squad. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membagi waktu untuk menjawab pertanyaan, misalnya 1 teks dibaca selama 10 menit. Sehingga kamu bisa lebih fokus dan bisa menjawab soal lainnya.

3. Pada teks short functional text mencoba memahami semua isi teks

Kesalahan yang sering terjadi

(wanderingelt.com)

Short functional text di antaranya email dan brosur. Agar bisa fokus mengerjakan soal pada jenis teks ini, kamu hanya butuh fokus pada detailnya lho, karena pertanyaan akan berfokus pada informasi tersebut. Kebanyakan pertanyaan short functional text terkait dengan sinonim, maka kamu tidak perlu memahami semua informasi. Namun hanya perlu memahami detail pada teks sesuai dengan apa yang ditanyakan soal. 

4. Tidak memahami struktur teks

Jika kamu tidak memahami struktur teks, kamu akan kesulitan dalam menjawab beberapa jenis soal. Misalnya, soal yang menuntut kamu untuk menyusun kalimat atau paragraf. Nah, ini informasi tambahan untuk kamu mengenai struktur teks:

Narrative Text

Teks naratif merupakan teks yang cukup panjang, di lain sisi kamu dituntut untuk paham dengan ceritanya. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memahami struktur dalam teks naratif, yaitu:

  • Orientation: perkenalan tokoh dan latar belatang;
  • Complication: awal mula tokoh mengalami masalah;
  • Resolution: masalah berhasil diatasi; dan
  • Re-orientation: paragraf terakhir yang menutup yang menceritakan akhir dari cerita tersebut.

Procedure Text

Untuk teks prosedur, pasti  memiliki conjunction seperti first, second,  dan finally. Maka kamu bisa memperhatikan hal tersebut untuk menggabungkan paragraf atau kalimat yang sudah diacak.

5. Bingung dalam menentukan main ideas, purpose, atau conclusion dalam bacaan

Jika kamu kebingungan menentukan beberapa hal di atas, Kak Fikrie memberikan tips untuk menjawab pertanyaan tersebut:

  • Main idea. Wacana walaupun tersaji dalam beberapa paragraf panjang, sebenarnya terdiri dari satu main idea dan supporting details. Main idea dalam setiap paragraf biasanya ditemukan di awal paragraf (deduktif) atau di akhir paragraf (induktif). Nah, cara menemukan main idea yang mudah adalah dengan membaca kalimat pertama, kalimat kedua dan kalimat akhir setiap paragraf.
  • Summary, kamu tinggal cari pilihan jawaban yang mencakup poin yang ditanya setiap main idea dari semua paragraf.
  • Purpose of the text, semua main idea dirangkum menjadi sati tujuan
  • Judul, biasanya lebih mudah ditemukan karena terkait dengan hal yang paling sering disebut. Karena kalau satu teks fokus pada satu hal pasti akan dibahas terus menerus. Jadi gampang deh kita memahami teks tersebut tanpa harus membacanya.

 6. Mencemaskan istilah technical term

Untitled design (6)-19Kosa kata atau vocabulary. (Sumber: blogpv.dpsgs.org)

Saran Kak Fikrie, untuk memperbanyak vocab adalah jangan khawatir dengan istilah technical term atau istilah teknis yang kamu sendiri tidak mengerti. Hal yang banyak ditanya ketika ujian adalah terkait verb dan adjective. Nah, untuk kamu yang mau memperbanyak vocab tidak perlu menghafal isi kamus, tapi  kamu bisa  ambil satu teks, lalu kamu terjemahkan dan tandai mana kata sifat dan kata kerja. Selain itu, kamu juga cari sinonimnya, jadi kalau ada pertanyaan sinonim kamu ngga pusing lagi, deh.

Nah, itu dia Squad kesalahan yang sering terjadi dalam Ujian Nasional Bahasa Inggris dan juga solusinya. Semoga bisa membantu kamu mempersiapkan UN ya. Kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan berlangganan ruangbelajar. #BelajarJadiMudah dengan mengikuti misi bersama Master Teacher, dan ada ribuan video belajar tersedia buat kamu!

 ruangbelajar

Beri Komentar