Kesetimbangan Kimia: Jenis-jenis, Reaksi, dan Tetapan | Kimia Kelas 11

Rabia Edra Mei 7, 2018 • 5 min read


Kimia_11

Squad, kamu pernah membantu Ibumu ke pasar membeli beras? Saat kamu ingin membelinya sebanyak 1 kg, maka pedagang akan mengukur dengan anak timbangan yang memiiki massa sebesar 1 kg pula ‘kan? Tentu saja ia harus memastikan agar berat beras dapat seimbang dengan anak timbangan. Nah, kasus ini merupakan salah satu contoh dari kesetimbangan kimia khususnya mengenai kesetimbangan statis. Lalu, bagaimana dengan kesetimbangan dinamis yang menimbulkan reaksi? Kita lanjutkan pembahasannya di bawah ya.

Semua benda yang diam dan tidak bergerak dapat dikatakan selalu ada di dalam keadaan setimbang. Coba kamu membakar selembar kertas, abu yang dihasilkan tidak dapat berubah menjadi kertas lagi. Ini juga contoh kesetimbangan statis. Di sinilah terdapat sebuah reaksi kimia berkesudahan, yang artinya tidak dapat kembali lagi seperti semula.

panci untuk merebus air

Akan tetapi, walau sama-sama menghasilkan reaksi, air yang direbus hingga menghasilkan uap akan memberi reaksi yang berbeda dengan kertas yang dibakar menjadi abu. Mengapa? Sebab, jika uap terkena tutup panci atau benda lainnya maka akan berubah kembali menjadi air. Nah, hal ini disebut dengan kesetimbangan dinamis karena ada perubahan dua arah.

Simbol kesetimbangan ⇄

Kesetimbangan dinamis bekerja saat kecepatan reaksi pembentukan produk sama dengan pembentukan kecepatan reaktan. Ingat, dalam kesetimbangan dinamis akan ada selalu perubahan menuju produk dan perubahan kembali menjadi reaktan.

Jika suhu tetap gas A berada dalam kondisi setimbang dengan gas B, maka persamaan reaksinya dapat ditulis sebagai berikut:

aA(g) ⇄ bB(g)

Apabila gas A dalam keadaan setimbang dengan gas B, maka kecepatan pembentukan gas B pasti sama dengan kecepatan pembentukan kembali gas A, Squad. Sudah paham ‘kan? Nah, tiap gas A berubah sebanyak a mol, maka B juga akan berubah sebanyak b mol. Perbandingan mol A dan mol B akan selalu tetap.

Tetapan Kesetimbangan

Merupakan angka yang menunjukkan perbandingan secara kuantitatif antara produk dengan reaktan. Secara umum reaksi kesetimbangan dapat dituliskan sebagai berikut.

aA + bB ⇄ cC + dD

Saat di dalam reaksi kesetimbangan dilakukan aksi, maka kesetimbangan akan bergeser dan sekaligus mengubah komposisi zat-zat yang ada untuk kembali mencapai kesetimbangan. Secara umum dapat dikatakan tetapan kesetimbangan merupakan perbandingan hasil kali molaritas reaktan dengan hasil kali molaritas produk yang masing-masing dipangkatkan dengan koefisiennya.

Rumus kesetimbangan kimia

Keterangan

  • K = tetapan kesetimbangan
  • [A] = molaritas zat A .................................. (M)
  • [B] = molaritas zat B .................................. (M)
  • [C] = molaritas zat C ...................................(M)
  • [D] = molaritas zat D .................................. (M)

Tetapan kesetimbangan (K), sering juga dituliskan KC . Pada buku ini digunakan simbol KC untuk harga tetapan kesetimbangan.

Simbol = KC

Contoh soal

Satu liter campuran gas pada suhu 100°C pada keadaan setimbang mengandung 0,0045 mol dinitrogen tetraoksida dan 0,03 mol nitrogen dioksida.

  1. Tuliskan rumus tetapan kesetimbangan gas tersebut.
  2. Hitung tetapan kesetimbangannya.

Jawab: 

N204(g) ⇄ NO2(g)

Persamaan di atas harus disetarakan dulu menjadi

N204(g) ⇄ 2NO2(g)

a. Tetapan kesetimbangan dituliskan sebagai perbandingan molaritas produk (nitrogen dioksida) dengan molaritas reaktan (dinitrogen tetraoksida) yang masing-masing dipangkatkan dengan koefisiennya, sehingga dapat dituliskan sebagai berikut.

Screen Shot 2018-05-07 at 14.23.28
Screen Shot 2018-05-07 at 14.26.05
Jadi, tetapan kesetimbangannya sebesar 0,2.

Sekarang, coba kamu kerjakan soal latihan berikut ya. Beri jawabannya di kolom komentar.

  1. Apa yang dimaksud dengan tetapan kesetimbangan? Jelaskan.
  2. Tuliskan rumusan tetapan kesetimbangan pembentukan amoniak dari gas hidrogen dan gas nitrogen berikut.

3H2(g) + N2(g) ⇄ 2NH3(g)

  1. Hitung tetapan kesetimbangan pada soal nomor 2, jika dalam keadaan setimbang (suhu 300°C) 1 Liter campuran gas mengandung 0,15 mol gas hidrogen; 0,25 mol gas nitrogen; dan 0,1 mol gas amoniak

Kalau bingung mengerjakannya, cobain deh belajar pakai ruanglesonline dan temukan pembahasan yang mudah dimengerti dari guru hanya dari hp-mu. Pasti kamu akan lebih memahami dan #BelajarJadiPraktis.  

New Call-to-action

Beri Komentar