Kesulitan Menentukan Usaha Waralaba? Perhatikan 5 Cara Ini

Maya Martha

Jan 24, 2019 • 4 min read

sukses kerja


menentukan usaha

Rekan Kerja, apakah Anda sedang merasa kesulitan dalam menentukan usaha apa yang cocok untuk mendapatkan suatu peruntungan? Jika Anda terlalu takut untuk memulai usaha dari nol, mengapa tidak mencoba usaha waralaba karena Anda tidak perlu repot untuk merintis usaha baru dan memikirkan hingga hal terkecil. Berbagai macam usaha telah membuka kesempatan untuk menjalin kerja sama melalui waralaba. Hal ini yang membuat banyak orang bingung mengenai usaha waralaba mana yang paling baik. Untuk itu agar Anda dapat menentukan usaha waralaba yang tepat, Anda perlu memperhatikan lima cara ini:

1. Tentukan tujuan Anda

menentukan usaha

Menentukan tujuan usaha waralaba (Sumber: nichonotes.blogspot.com)

Pastinya Anda memiliki motivasi atau alasan tertentu mengapa Anda ingin menjadi entrepreneur. Alasan dibentuk untuk menghasilkan suatu tujuan. Mungkin saja Anda ingin mendapat banyak uang, ingin menghabiskan lebih banyak di rumah, mencapai suatu karir tertentu, atau mewujudkan cita-cita orang tua Anda. Dengan menentukan tujuan, Anda akan mampu memilih jenis usaha waralaba seperti apa yang sesuai dan dapat dijadikan langkah sukses Anda dalam berbisnis.

Baca juga: 7 Keterampilan yang Harus Dikuasai untuk Menjadi Pengusaha Sukses

2. Ketahui kekuatan, keahlian, atau kesukaan Anda

menentukan usaha

Sesuaikan dengan bidang yang Anda minati (Sumber: emojipedia.org)

Setiap manusia pasti memiliki kekuatan, keahlian, atau kesukaan pada bidang tertentu, termasuk Anda. Seperti halnya apabila Anda suka sekali wisata kuliner, usaha waralaba yang cocok untuk Anda adalah membuka restoran. Menyesuaikan usaha waralaba dengan apa yang Anda suka dapat mempermudah Anda dalam melakukan usaha tersebut dan hal ini menjadi salah satu faktor Anda menuju kesuksesan!

3. Identifikasi apa sajakah peran Anda dalam usaha tersebut nantinya

menentukan usaha

Menentukan peran Anda dalam bisnis (Sumber: lynda.com)

Di dalam usaha waralaba, Anda harus menentukan apakah Anda hanyalah seorang pemilik dan Anda mempekerjakan beberapa karyawan untuk menjalankan usaha Anda atau Anda pemilik yang sekaligus terlibat langsung dalam menjalankan usaha tersebut. Hal ini sangat penting untuk dipikirkan sebelumnya karena menentukan jenis usaha apa yang ingin Anda pilih. Anda tidak mungkin tidak terlibat apabila Anda membuka usaha waralaba baju karena Anda sendiri yang akan memilih baju seperti apa yang ingin Anda jual.

Baca juga: Menjalani Bisnis Keluarga Memberikan Anda 5 Keuntungan!

4. Sesuaikan dengan modal yang mampu Anda keluarkan

menentukan usaha

Menyesuaikan modal dengan jenis usaha waralaba (Sumber: udemy.com)

Menentukan usaha waralaba dapat disesuaikan dengan berapa modal yang Anda miliki. Semakin banyak modal yang mampu Anda keluarkan dapat menentukan sebesar apa usaha waralaba yang Anda pilih. Namun selain modal yang sesuai perlu diingat juga adalah bahwa Anda perlu memahami ilmu pemasaran, cara customer service yang tepat, dan mengetahui bagaimana meningkatkan transaksi, agar Anda dapat menjalankan usaha waralaba dengan baik.

5. Pahami dengan baik apa itu Franchise Disclosure Document (FDD)

menentukan usaha

Mengetahui secara detail usaha waralaba Anda (Sumber: jarrahotel.com)

Jangan lupa untuk mencari tahu secara detail mengenai usaha waralaba yang Anda pilih! Terdapat 3 hal yang harus Anda perhatikan pada FDD suatu usaha waralaba, yaitu rekam jejak usaha waralaba tersebut, bagaimana proses pembayaran dan kesepakatannya, serta perlu bagi Anda untuk mencari bagaimana pengalaman orang lain yang sudah pernah menjalani usaha waralaba yang sama dengan pilihan Anda. Hal ini dapat mengantisipasi kesalahan pada usaha waralaba Anda.

Memilih suatu usaha waralaba memang tidak mudah. Di Indonesia terdapat berbagai macam usaha pada bidang sektor yang berbeda-beda pula. Agar Anda tidak salah pilih, Anda perlu memperhatikan lima cara tadi. Jangan takut untuk memulai sesuatu hal yang baru karena mungkin saja hal tersebut mendatangkan keuntungan bagi Anda! Tetaplah fokus dan semangat, Rekan Kerja! Anda juga dapat membaca banyak artikel-artikel lain di aplikasi ruangkerja yang dapat mendukung usaha Anda. Untuk itu, unduh sekarang juga!

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts