Ketahui 5 Alasan Ini agar Anda Tidak Ragu Lagi untuk Lanjut Kuliah S2

Naya Dini

Feb 7, 2019 • 4 min read

sukses kerja


RK_-_Ketahui_5_Alasan_Ini_Agar_Anda_Tidak_Ragu_Lagi_untuk_Lanjut_Kuliah_S2-01

Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi sering kali menjadi momok di kalangan masyarakat, apalagi bila Anda adalah seorang perempuan. Ujaran-ujaran seperti itu mungkin meresahkan Anda dan membuat Anda menjadi ragu untuk melanjutkan kuliah S2. Alih-alih memikirkan omongan orang, lebih baik Anda mengingat lagi, apa tujuan Anda mengambil S2. Kenapa sih perlu melanjutkan studi hingga ke gelar master? Berikut 5 alasannya agar Anda tidak perlu ragu lagi untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana.


1. Peluang beasiswa gelar master yang bertebaran

kuliah S2

Rajinlah mencari informasi beasiswa dari berbagai belahan dunia (Sumber: helpgoabroad.com)

Awal tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para pencari beasiswa. Pasalnya, pada bulan-bulan di awal tahun ada banyak pendaftaran beasiswa gelar master yang dibuka, khususnya untuk kuliah ke luar negeri. Sebut saja beasiswa Australian Awards, New Zealand Aid, Fulbright, Swedish Institute, dll. Bila Anda belum tahu beasiswa mana yang akan Anda ikuti, tidak ada salahnya mencoba berbagai beasiswa tersebut dan mencoba peruntungan Anda.

Baca juga: Tips Menulis Motivation Letter untuk Beasiswa Kuliah

2. Mendalami ilmu sesuai passion

kuliah S2Ini saatnya Anda berkuliah sesuai passion! (Sumber: espacepurlavie.ca)

Pasti banyak dari Anda yang merasa salah ambil jurusan saat S1 dulu. Misalnya, karena dipaksa oleh orang tua, karena tidak punya banyak referensi, atau mungkin karena pada saat itu Anda belum menemukan passion Anda. Kuliah S2 dapat menjadi solusi Anda untuk memperdalam ilmu yang Anda sukai. Pastikan terlebih dulu jurusan dan kampus yang Anda tuju memperbolehkan calon mahasiswanya berasal dari berbagai jurusan, bila jurusan yang Anda tuju tidak sesuai dengan jurusan S1 Anda.


3. Dengan gelar master, Anda akan menjadi lebih unggul

kuliah S2Banyaknya lulusan S1 membuat Anda terlihat lebih unggul untuk dipilih perusahaan (Sumber: idntimes.com)

Mungkin sudah tidak asing lagi bila seorang sarjana menjadi pengangguran. Minimnya lapangan pekerjaan tidak sesuai dengan banyaknya tenaga yang membutuhkan pekerjaan. Oleh karena itu, memiliki gelar master dapat membuat Anda menjadi lebih unggul dari yang lainnya. Kapasitas, pengetahuan, dan pola pikir Anda tentunya tidak sama dengan sarjana bachelor.


4. Kesempatan untuk meningkatkan karier

kuliah S2Gelar Master dapat memberi peluang untuk kenaikan gaji dan jabatan (Sumber: grid.id)

Tidak menutup kemungkinan bahwa memiliki gelar yang lebih tinggi dapat berimplikasi pada karier Anda, seperti misalnya gaji yang lebih tinggi atau promosi jabatan di kantor. Kualitas Anda sebagai lulusan master tentunya menjadi nilai plus tersendiri bagi Anda dari perusahaan. Terlebih bagi perusahaan yang memang mengincar tenaga dengan kualifikasi lulusan S2, pasti tidak semudah mencari karyawan yang lulusan S1 yang banyak jumlahnya.


5. Memperluas networking di bidang yang Anda sukai

kuliah S2Kuliah S2 dapat menjadi kesempatan bagus untuk perluas koneksi di bidang Anda (Sumber: cam.ac.ud)

Lingkungan baru pastinya akan membuat Anda memiliki kenalan baru. Bahkan Anda juga dapat memeroleh kesempatan karier yang sesuai dengan passion Anda lewat orang-orang di lingkungan perkuliahan karena jurusan yang Anda tuju merupakan bidang yang Anda sukai. Hal ini tentunya dapat mempermudah karier Anda ke depannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk banyak berkenalan selama masa kuliah nanti agar networking Anda semakin luas.

 

Nah, masih ragu untuk memutuskan lanjut kuliah atau tidak? Kini Anda sudah tahu bahwa kuliah S2 akan memberikan Anda banyak manfaat khususnya untuk karier Anda ke depannya. Sering-sering lah berbincang dengan rekan-rekan Anda yang telah lebih dulu mencicipi bangku perkuliahan pascasarjana agar Anda semakin yakin. Selain itu, ketahui juga tips seputar kuliah lainnya melalui artikel-artikel di ruangkerja. Di artikel-artikel ruangkerja ada juga tips cara menulis motivation letter, info beasiswa ke luar negeri, dan lainnya. Selamat mempersiapkan studi Anda, Rekan Kerja!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts