Ketahui Hal-Hal Ini Agar Persiapan SBMPTN 2017 Lebih Mantap!

Ruangguru writer

May 8, 2017 • 6 min read

sbmptn


Apa kabar, pejuang SBMPTN 2017? Berapa banyak soal yang sudah ditaklukkan? Masih sehat dan semangat memperjuangkan jurusan di universitas impian, kan?

Kata pepatah, merencanakan keberhasilan adalah setengah dari kesuksesan. Nah, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum nantinya berangkat menuju medan perjuangan ujian SBMPTN 2017. Yuk disimak demi persiapan yang lebih matang. Mari!

Jadwal Pelaksanaan

SBMPTN 2017 dilakukan serentak di semua wilayah Indonesia pada Selasa, 16 Mei 2017. Pelaksanaan yang serentak ini menyesuaikan dengan waktu lokal setempat. Coba cermati jadwal berikut ini ya. 

sbmptn

Dari jadwal di atas, maka peserta kelompok sains dan teknik (Saintek) mengerjakan ujian dari pagi hingga siang, kelompok sosial dan humaniora (Soshum) dari siang hingga sore. Sementara peserta kelompok campuran dari pagi sampai sore. 

Hal-hal yang wajib diketahui sebelum berangkat ujian SBMPTN

Ruangguru merangkumkan hal-hal yang harus kamu lakukan menyongsong ujian SBMPTN. Check them out! 

1. Siapkan badan dan stamina

Ibarat hari ujian ini sebagai puncak perjuangan, maka kamu harus mempersiapkan badan dan stamina sebaik mungkin. Jangan sampai lupa sarapan, smart buddies! Tidak mau, kan, perut keroncongan memecah konsentrasi ketika kamu mengerjakan soal? 

sbmptn 2017 - jangan lupa sarapan, smart buddies!
jangan lupa sarapan, smart buddies! (Sumber: hidayatullah.com) 

Jumlah soal yang banyak dan waktu yang terbatas menuntut fokus kamu tetap terjaga. Nah, pastikan malam sebelumnya kamu tidak begadang ya. Tidur yang cukup akan membuat otak kamu lebih siap untuk diajak berpikir.

2. Bekal sesuai kebutuhan

SBMPTN 2017 - Bawa botol minum dan bekal snack secukupnya Bawa botol minum dan bekal snack secukupnya. (Sumber: tokopedia.com) 

Di hari SBMPTN itu, paling tidak kamu akan mengikuti dua sesi ujian di mana setiap sesi ujian terdapat waktu istirahat. Membawa botol minum dan bekal makanan dapat mengefektifkan waktu istirahat kamu lho, smart buddies. Kamu tidak perlu jalan terlalu jauh untuk mengisi kembali tenaga.

3. Dokumen administrasi

Selain mempersiapkan diri melahap soal-soal SBMPTN, kamu juga diwajibkan membawa beberapa dokumen sebagai kelengkapan identitas. Berikut yang harus kamu bawa:

  • Kartu Tanda Peserta Ujian. Jangan sampai lupa mencetak kartu ini ya! Ini juga dapat menjadi pengingat ruangan ujian dan pilihan jurusan kuliah yang kamu ambil. 
  • Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat yang telah dilegalisasi. Bagi yang baru lulus SMA tahun 2017, kamu dapat membawa Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto berwarna dibubuhi cap sekolah.

4. Alat tulis

Bila alat tulis menjadi senjata penting bagi peserta paper based test (PBT), maka bagi peserta computer based test (CBT) alat tulis digunakan untuk melakukan corat-coret di lembar yang telah disediakan. Berikut alat tulis yang harus kamu bawa ke dalam ruang ujian SBMPTN:

  • Ballpoint hitam;
  • Pensil 2B secukupnya;
  • Rautan pensil;
  • Karet penghapus yang bersih dan lunak. 

5. Penunjuk waktu

SBMPTN 2017 - Membawa jam dapat membantu kamu stick to the time Membawa jam dapat membantu kamu stick to the time. (Sumber: surfbuys.com) 

Strategi pembagian waktu untuk tiap soal menjadi kunci kesuksesan kamu menaklukkan ujian SBMPTN. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu membawa sendiri penunjuk waktu seperti jam tangan. Hal ini juga meminimalkan peluang kamu membuang waktu dengan beberapa kali menengok jam di dinding. Ingat, patuhi aturan waktu yang telah kamu tetapkan ya. Fyi, ini hanya berlaku untuk ujian paper based test (PBT) ya. Peserta computer based test (CBT) dapat melihat estimasi waktu melalui waktu yang tertera di layar. 

Tata tertib yang perlu kamu patuhi

Setelah menemukan tempat duduk sesuai nomor ujian, tidak serta merta kamu dapat langsung mengerjakan soal. Ada hal-hal yang harus kamu ikuti seperti aturan berikut ini:

1. Survei tempat ujian. Pastikan kamu sudah mengetahui lokasi dan ruang pelaksanaan ujian ya. Ini akan memudahkan kamu membuat estimasi waktu perjalanan dari rumah hingga ke tempat ujian. Tidak ingin kan ada cerita kamu telat ujian karena tersesat mencari tempat ujian?

2. Tiba di lokasi ujian paling lambat sebelum 30 menit sebelum ujian dimulai. Waktu ini dapat kamu gunakan untuk beradaptasi dengan atmosfer ruangan ujian. Kamu juga masih punya waktu untuk memeriksa kembali barang-barang yang tidak terbawa olehmu.

3. Masuk dan keluar ruang ujian setelah diberi tanda. Hormati para pengawas yang menjaga ujian SBMPTN agar dapat berjalan lancar ya. Bahkan, ketika sudah selesai mengisi lembar jawab sebelum waktu habis, kamu harus tetap tinggal di dalam ruangan. Bila ada waktu tersisa, coba periksa kembali lembar jawab kamu. 

sbmptn 2017 - Suasana di dalam ruang ujian SBMPTN Suasana di dalam ruang ujian SBMPTN. (Sumber: klikkabar.com) 

4. Duduk sesuai nomor yang sudah ditentukan. Cocokkan nomor tempat duduk dengan nomor yang ada di Kartu Tanda Peserta Ujian kamu ya. 

5. Segera lapor bila kehilangan Kartu Tanda Peserta Ujian. Ini keadaan yang tidak ingin terjadi pada siapapun tentunya. Nah, untuk berjaga-jaga kamu dapat menyiapkan semua soft file dokumen yang diperlukan di flashdisk atau smartphone kamu. 

Itu tadi beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum berangkat ujian SBMPTN. Kamu masih bisa kok melihat video soal dan pembahasan SBMPTN di RuangVideo. Bila ingin belajar lebih personal, kamu dapat mencari guru-guru terbaik di RuangLes. Selamat mempersiapkan diri dan menyongsong hari perjuangan menuju jurusan impian! (NM/TN)

 

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts